• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel
PEMUDA-PEMUDA INSPIRATIF PDF Cetak E-mail
Motivasi & Inspirasi
Senin, 17 Januari 2011 10:20

Pada Zaman Khalifah Umar Bin Khattab RA, ada seorang pemuda yang berencana untuk melakukan perjalanan jauh. Dia mempersiapkan segala perbekalannya, termasuk unta yang akan digunakan sebagai kendaraannya. Di tengah perjalanan, ia menemukan sebuah tempat yang ditumbuhi rumput hijau nan segar. Dia berhenti di tempat itu untuk beristirahat sejenak. Pemuda itu kemudian duduk di bawah pohon. Karena terlalu lelah, akhirnya ia tertidur lelap. Saat ia tidur, tali untanya lepas, sehingga unta itu pergi ke sana ke mari. Akhirnya, unta itu masuk ke kebun yang ada di dekat situ. Unta itu memakan tanam-tanaman dan buah-buahan di dalam kebun. Unta itu juga merusak segala yang dilewatinya.
Penjaga kebun adalah seorang kakek tua. Sang kakek berusaha mengusir unta itu, namun ia tidak bisa. Karena khawatir unta itu akan merusak seluruh kebunnya, sang kakek pun membunuhnya. Ketika bangun, pemuda itu mencari untanya. Ternyata, ia menemukan unta itu telah tergeletak mati dengan leher menganga di dalam kebun.

 
Abdurrahman bin Auf, Sukses yang Mengguncang Dunia PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Jumat, 14 Januari 2011 02:30

Jika al Khawarizmi mampu mengguncang dunia di abad 8 Hijriah, maka hal yang sama juga terjadi dalam rentang 14 abad Islam menaungi 2/3 belahan dunia, merahmati alam raya. Salah satunya adalah sahabat Abdurrahman bin Auf yang telah mengguncang dunia melalui keteladanannya sebagai muslim sejati, termasuk dalam berbisnis yang dilakukannya pada abad 1 Hijriah.

Abdurrahman bin Auf termasuk generasi sahabat yang masuk Islam sangat awal, menjadi orang kedelapan yang bersahadah 2 hari setelah Abu Bakar. Beliau termasuk salah satu dari sepuluh sahabat yang dijamin masuk surga.

 
MENCARI FORMAT PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN (SEKILAS MODUL SIYB ILO) PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Kamis, 13 Januari 2011 03:09

Berbagai metode dan program pembentukan kewirausahaan telah diperkenalkan pada masyarakat dunia, termasuk diajarkan sebagai mata kuliah di berbagai universitas terkenal dunia. Isu kewirausahaan juga menjadi bahan diskusi dan perbincangan yang semakin menarik seiring tengah menyurutnya lapangan kerja formal serta kemiskinan yang makin meningkat di berbagai negara. Tidaklah mengherankan apabila Larry C. Farrel dalam bukunya Entrepreneurial Ages menyebut abad 21 sebagai abad entreprenerial atau era kewirausahaan.

Program pembentukan kewirausahaan di Indonesia telah berlangsung cukup lama yang dilakukan di lembaga formal maupun nonformal. Program pembentukan kewirausahaan ini ada yang dilakukan secara mandiri maupun dengan kemitraan dengan dukungan dana pemerintah atau lembaga donor.

 
PERAN PENTING WIRAUSAHA PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Senin, 03 Januari 2011 11:14

Kewirausahaan atau “entrepreneurship”, sering diartikan sebagai “the backbone of economy”, atau syaraf pusat perekonomian atau pengendali perekonomian suatu bangsa. Hal ini karena fakta menunjukkan bahwa sebagian besar pendorong perubahan, inovasi dan kemajuan suatu negara adalah para wirausahawan.

Saat ini telah disadari semua pihak bahwa pengembangan entrepreneurship atau kewirausahaan adalah kunci kemajuan. Melalui pengembangan kewirausahaan menjadi cara mengurangi jumlah penganggur, menciptakan lapangan kerja, mengentaskan masyarakat dari kemiskinan dan keterpurukan ekonomis. Lebih jauh lagi secara politik, meningkatkan harkat sebagai bangsa yang mandiri dan bermartabat.

 
Menjadi Lebih Dari Sekedar Pengusaha Muslim PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Kamis, 30 Desember 2010 02:19

(Catatan Menutup Akhir Tahun 2010/1431 H)

Pergantian tahun dengan beragam ekspresi dan kegiatan yang digelar berbagai kalangan dalam menutup tahun 2010 dan menyambut datangnya tahun 2011 pun usai sudah. Menyisakan kelelahan dan berharap ‘secuil’ kenangan manis. Ironisnya, tidak sedikit dari mereka—yang saya yakin kebanyakan dari mereka adalah muslim—justru menutup dan mengawali pergantian tahun ini dengan perbuatan maksiat baru. Naudzubillah.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

Online Support

Bappeda Sosialisasi Pengembangan UMKM Lorong

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Makassar menggelar sosialisasi pengembangan usaha mikro dan industri rumah tangga lorong melalui klinik bisnis terpadu (KBT).

Acara yang diikuti sekitar seratus orang peserta ini dilaksanakan di Hotel Mercure Makassar, Senin (23/5). Acara dibuka secara resmi oleh Ismunandar, Staf Ahli walikota bidang peningkatan kualitas manusia. Hadir pula Sekretaris Bappeda Nur Kamarul Zaman dan kepala bidang ekonomi Muhammad Asfat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bahrul ulum dari Makassarpreneur, Muh. Nurfitrani dari PLUT KUMKM Sulsel, Dr. Andi Nur Bau Massepe (akademisi Unhas) dan Dr. Mukhlis Sufri (UMI Makassar), dengan dipandu Dr. Johansyah dari Bappeda Makassar.

 

Dalam sambutannya Ismunandar mengatakan, pemberdayaan ekonomi  lorong merupakan program unggulan Pemkot Makassar dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Ibarat sel dalam tubuh, lorong menjadi basis kekuatan perekonomian dengan memperkuat industri atau usaha mikro dan kecil berbasis lorong, tambahnya.

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini411
mod_vvisit_counterMinggu ini411
mod_vvisit_counterBulan ini411
mod_vvisit_counterSemua hari374079

We have: 136 guests online
IP Anda: 54.145.120.69
 , 
Today: Agus 20, 2017