• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel
RAMADHAN, MOMENTUM PERUBAHAN MENUJU BISNIS BERKAT DAN BERKAH PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Senin, 15 Agustus 2011 00:39

Aktivitas bisnis tidak pernah lepas dari kisah kehidupan manusia. Dari bangun tidur hingga tidur lagi, setiap dari kita akan selalu bersentuhan dengan produk bisnis, baik itu berupa barang atau jasa. Bisnis diartikan sebagai suatu kegiatan terpadu yang meliputi pertukaran barang, jasa atau uang antara dua orang atau lebih dengan maksud mencari manfaat atau keuntungan.

Melihat fakta bisnis, suatu organisasi atau pelaku bisnis akan melakukan kegiatan bisnis dalam bentuk memproduksi atau mendistribusikan barang atau jasa, mencari profit dengan menjual, menyewakan, mengerjakan sesuatu, mendistribusikan, dan aktivitas sejenis lainnya dan mencoba memuaskan keinginan konsumen.

 
MEMACU DAYA SAING UMKM MELALUI DESAIN KEMASAN PDF Cetak E-mail
Seputar UKM
Kamis, 28 Juli 2011 09:24

Saat ini sangat banyak produk lokal yang dihasilkan UKM yang memiliki potensi bersaing yang cukup tinggi di pasar modern. Sayangnya, masih banyak produk lokal yang dihasilkan UKM masih lemah dalam desain kemasan disamping pasokan dan kuantitas masih sering terkendala.

Pentingnya inovasi dan desain kemasan ini mengemuka dalam pelatihan manajemen yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu. Dalam pelatihan selama 2 hari materi difokuskan pada pengambangan aspek manajemen, utamanya pemasaran dan pengembangan akses pasar. Selain itu, peserta dibekali pula aspek pengembangan inovasi, desain dan kemasan produk serta materi seputar akses permodalan. Pemaparan tentang pentingnya desain kemasan bagi UKM diulas dalam tulisan berikut ini.

 
INDAHNYA RAMADHAN PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Senin, 25 Juli 2011 03:14

 

 
Khutbah Rasulullah SAW Dalam Menyambut Bulan Ramadhan Yang Penuh Berkat PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Senin, 25 Juli 2011 03:00

Wahai Manusia,

Sungguh telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah, rahmat dan maghfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Allah. Hari-harinya adalah hari-hari yang paling utama. Malam-malamnya adalah malam-malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam paling utama. Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tetamu Allah dan dimuliakan oleh-Nya. Di bulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu ibadah, amal-amalmu diterima dan doa-doamu diijabah. Bermohonlah kepada Allah Rabb-mu dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Allah membimbingmu untuk melakukan shiyam dan membaca Kitab-Nya. Celakalah orang yang tidak mendapat ampunan Allah di bulan yang agung ini.

Kenanglah dengan rasa lapar dan hausmu, kelaparan dan kehausan di hari kiamat. Bersedekahlah kepada kaum fuqara dan masakin. Muliakanlah orang-orang tuamu, sayangilah yang muda, sambungkanlah tali persaudaraanmu,
jaga lidahmu, tahan pandanganmu dari apa yang tidak halal kamu memandangnya dan pendengaranmu dari apa yang tidak halal kamu mendengarnya.

 
MUSLIMPRENEUR BERKARAKTER UNGGUL PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Jumat, 24 Juni 2011 10:14

Muslimpreneur, gabungan dua kata, muslim dan entrepreneurhsip yang memiliki sarat makna. Pertama, kata kunci muslim yang menunjukkan bahwa seorang memeluk Islam menuntut adanya totalitas. Karakter Islam yang syumul mewarnai seluruh aspek kehidupan sehingga pola pikir, emosi, perasaan dan juga fisik terwarnai dengan Islam. Dengan syahadah, seorang muslim meyakini dia memang diciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah, bahwa tidak ada yang dapat memberinya kemudharatan keculai atas izin Allah, sehingga dengan demikian tidak ada satupun yang ditakutinya. Kedua, kata entrepreneurship sebagai perwujudan sikap, jiwa, semangat mulia pada diri seseorang yang inovatif, kreatif, berupaya untuk kemajuan pribadi dan masyarakat.

Dengan demikian, Muslimpreneur sesungguhnya tak sebatas profesi atau berkaiatan dengan aktifitas dagang semata, namun lebih berkaitan dengan mindset dan karakter mental seseorang muslim yang memiliki daya juang, motivasi dan kreatifitas memanfaatkan segala peluang untuk memberikan nilai tambah,  baik barang maupun jasa dalam rangka menggapai ridha Allah SWT.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

Online Support

Bappeda Sosialisasi Pengembangan UMKM Lorong

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Makassar menggelar sosialisasi pengembangan usaha mikro dan industri rumah tangga lorong melalui klinik bisnis terpadu (KBT).

Acara yang diikuti sekitar seratus orang peserta ini dilaksanakan di Hotel Mercure Makassar, Senin (23/5). Acara dibuka secara resmi oleh Ismunandar, Staf Ahli walikota bidang peningkatan kualitas manusia. Hadir pula Sekretaris Bappeda Nur Kamarul Zaman dan kepala bidang ekonomi Muhammad Asfat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bahrul ulum dari Makassarpreneur, Muh. Nurfitrani dari PLUT KUMKM Sulsel, Dr. Andi Nur Bau Massepe (akademisi Unhas) dan Dr. Mukhlis Sufri (UMI Makassar), dengan dipandu Dr. Johansyah dari Bappeda Makassar.

 

Dalam sambutannya Ismunandar mengatakan, pemberdayaan ekonomi  lorong merupakan program unggulan Pemkot Makassar dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Ibarat sel dalam tubuh, lorong menjadi basis kekuatan perekonomian dengan memperkuat industri atau usaha mikro dan kecil berbasis lorong, tambahnya.

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini115
mod_vvisit_counterMinggu ini115
mod_vvisit_counterBulan ini115
mod_vvisit_counterSemua hari373783

We have: 45 guests online
IP Anda: 54.81.131.189
 , 
Today: Okt 18, 2017