• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel
Trend : Ramai-Ramai Jadi Pejabat Publik PDF Cetak E-mail
Bisnis & Ekonomi
Kamis, 10 November 2011 11:23

Ramai-ramai menjadi pejabat publik saat ini sudah menjadi trend. Di berbagai sudut jalan bertebaran baliho, spanduk, stiker dan berbagai media promosi lainnya yang memajang gambar-gambar kontestan pemilukada atau kandidat ketua partai atau ormas. Dengan berbagai kata memikat atau sekedar ucapan selamat, mereka menebar pesona dengan harapan dapat dikenal secara luas di masyarakat.

Saat ini bukan lagi sekedar politisi berlomba menjadi pejabat. Banyak pula pengusaha pensiun dini lalu beralih menjadi pejabat, bahkan  seiring otonomi daerah maka banyak artis muncul kepermukaan mencalonkan diri jadi kepala daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota. Menjadi hal lazim pula keluarga pejabat negara di berbagai wilayah di Indonesia berlomba menjadi pejabat negara baik di legilastif maupun eksekutif. Karena popularitas orang tuanya, mertuanya, suami-isteri, kakaknya atau kerabatnya yang menjadi pejabat negara memudahkan dinasti politik menjadi kekuatan dan dikenal masyarakat. Trend jadi pejabat  saat ini seolah menjadikan jabatan sebagai posisi yang menjanjikan kemakmuran, kehormatan, dan kemudahan mendapatkan akses bagi kepentingan hidupnya.

 
Mengapa Bisnis Harus Sesuai Syariah ? PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Kamis, 10 November 2011 10:45

Ada pertanyaan menarik setiap kali konsep bisnis syariah dilontarkan dalam berbagai kesempatan. Bahkan pertanyaan ini pernah juga menjadi dialog yang berkepanjangan di salah satu milist para peminat ekonomi syariah di Indonesia. Pertanyaan itu adalah, “Mengapa harus syariah ?” Tidak jarang, ada orang yang menganggap bahwa sistem ekonomi termasuk di dalamnya bisnis yang sekarang (baca: kapitalis-liberal) dan banyak diadopsi orang, perusahaan dan berbagai negara ini adalah konsep terbaik. Final ! Khususnya mereka yang banyak mendapatkan kenyamanan (comfort) dalam sistem ini. Barangkali tidak salah, apa yang dikatakan Rhenald Kasali dalam bukunya “Change!”. Intinya dikatakan, “Awalnya seseorang membuat sistem (mekanisme tertentu). Namun berikutnya ia sendiri terjebak dalam sistem itu, hingga ia tidak mampu untuk berubah meski ke arah yang lebih baik”. Sindiran ini bisa jadi, sadar atau tidak kita lakukan juga. Termasuk saat ini, saat didera oleh berbagai krisis kehidupan.

 
Menuju Kota Dunia Berkarakter Lokal, Religius dan Manusiawi (Menyambut 404 Tahun Kota Makassar) PDF Cetak E-mail
Motivasi & Inspirasi
Senin, 07 November 2011 22:58

Makassar sebuah kota legendaris dengan bentangan sejarah yang cukup panjang hingga tanggal  9 Nopember 2011 akan genap berusia  404 tahun. Beragam generasi silih berganti melampaui abad, tahun dan beribu-ribu hari serta menyusul hari esok mendiami kota Makassar dengan segala dinamika yang bergelut didalamnya.

Penetapan hari jadi Makassar ini mengambil momentum bersejarah yakni sholat Jum’at pertama di Masjid Tallo pada hari Jum’at tanggal 9 Nopember 1607, bertepatan dengan hari 19 Rajab 1016 Hijriah. Peristiwa ini  setelah dua tahun Raja Gowa dan Tallo memeluk Islam dan selanjutnya seluruh rakyat Gowa dan Tallo dinyatakan memeluk agama Islam. “Hari ini Raja telah masuk Islam, maka masuk Islamlah kalian semua,” tegas Raja Tallo dalam deklarasi tersebut.

 
Melepas Jeratan Utang Luar Negeri PDF Cetak E-mail
Bisnis & Ekonomi
Kamis, 03 November 2011 05:43

Utang luar negeri Indonesia setiap tahun semakin menggunung. Namun, meski utang luar negeri yang membebani anggaran semakin besar, hingga kini belum ada perubahan radikal pada pola kebijakan berbagai rezim. Pemeritahan SBY-Boediono yang saat kampanye dulu menjanjikan perubahan pun masih mempertahankan pola kebijakan rezim sebelumnya, yakni mempertahankan defisit anggaran dan menutup defisit anggaran melalui utang. Untuk membiayai belanja negara tahun 2012 misalnya, pemerintah akan kembali berutang sebesar Rp133,56 triliun.

 
Sosok Pemuda dalam Al Qur’an PDF Cetak E-mail
Motivasi & Inspirasi
Minggu, 30 Oktober 2011 11:56

Perbincangan seputar pemuda selalu menarik dan mengundang perhatian sebab padanya senantiasa terkait dengan dinamika. Sebagai kelompok idaman ummat dan bangsa, pemuda adalah kaum intelektual yang kaya akan kritik dan imajinasi, serta peran mereka dalam setiap peristiwa yang terjadi di tengah perubahan masyarakat. Tidak bisa dipungkiri pemuda memegang peranan penting dalam hampir setiap transformasi sosial dan perjuanngan meraih cita-cita.

Dalam sejarah transformasi sosial (dakwah Islam) pemuda memegang peran dominan. Rasulullah Muhammad ketika diangkat berumur empat puluh tahun. Berkata Ibnu Abbas r.a, “ Tak ada seorang nabipun yang diutus Allah, melainkan ia (dipilih) dari kalangan pemuda saja (yakni 30-40 tahun). Begitu pula tidak seorang ‘alim pun yang diberi ilmu, melainkan ia dari kalangan pemuda.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

Online Support

Bappeda Sosialisasi Pengembangan UMKM Lorong

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Makassar menggelar sosialisasi pengembangan usaha mikro dan industri rumah tangga lorong melalui klinik bisnis terpadu (KBT).

Acara yang diikuti sekitar seratus orang peserta ini dilaksanakan di Hotel Mercure Makassar, Senin (23/5). Acara dibuka secara resmi oleh Ismunandar, Staf Ahli walikota bidang peningkatan kualitas manusia. Hadir pula Sekretaris Bappeda Nur Kamarul Zaman dan kepala bidang ekonomi Muhammad Asfat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bahrul ulum dari Makassarpreneur, Muh. Nurfitrani dari PLUT KUMKM Sulsel, Dr. Andi Nur Bau Massepe (akademisi Unhas) dan Dr. Mukhlis Sufri (UMI Makassar), dengan dipandu Dr. Johansyah dari Bappeda Makassar.

 

Dalam sambutannya Ismunandar mengatakan, pemberdayaan ekonomi  lorong merupakan program unggulan Pemkot Makassar dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Ibarat sel dalam tubuh, lorong menjadi basis kekuatan perekonomian dengan memperkuat industri atau usaha mikro dan kecil berbasis lorong, tambahnya.

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini561
mod_vvisit_counterMinggu ini561
mod_vvisit_counterBulan ini561
mod_vvisit_counterSemua hari374229

We have: 193 guests online
IP Anda: 54.145.51.250
 , 
Today: Des 11, 2017