• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel
Menaikkan Harga BBM = Menyengsarakan Rakyat PDF Cetak E-mail
Bisnis & Ekonomi
Kamis, 15 Maret 2012 03:10

Menteri ESDM Jero Wacik di depan raker komisi VII DPR-RI (Selasa,6/3/2012), mewakili pemerintah menyodorkan opsi kenaikan BBM sebesar Rp 1.500 per liter menjadi Rp 6.000 per liter mulai April 2012. Rencana kenaikan harga BBM itu itu juga sudah dimasukkan dalam RAPBN-P 2012 yang sudah diajukan kepada DPR.

Rencana itu menuai banyak penolakan dari hampir semua kalangan masyarakat. Bahkan menurut hasil survey LSI dengan responden dari seluruh propinsi di Indonesia, 86 % masyarakat menolak kenaikan harga BBM. Tetapi rupanya pemerintah sudah tipis nuraninya (atau mungkin tidak punya lagi) sehingga tetap ngotot mengajukan rencana kenaikan harga BBM untuk disetujui DPR. Jika DPR juga menyetujuinya, lengkap sudah kenyataan pahit negeri ini dimana pemerintah dan wakil rakyatnya telah kehilangan nurani, tidak mau repot dan lebih memilih kebijakan yang menyengsarakan rakyatnya sendiri. Mungkin jika tetap ngotot menaikkan harga BBM, kiranya pantas dikatakan bahwa pemerintah telah bohong, khianat dan zalim terhadap rakyatnya sendiri.

 
PENGUSAHA BERKARAKTER BERKAT, BERKAH DAN PEJUANG PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Rabu, 14 Maret 2012 09:08

Aktivitas bisnis tidak pernah lepas dari kisah kehidupan manusia. Dari bangun tidur hingga tidur lagi, setiap dari kita akan selalu bersentuhan dengan produk bisnis, baik itu berupa barang atau jasa. Bisnis diartikan sebagai suatu kegiatan terpadu yang meliputi pertukaran barang, jasa atau uang antara dua orang atau lebih dengan maksud mencari manfaat atau keuntungan.

Melihat fakta bisnis, suatu organisasi atau pelaku bisnis akan melakukan kegiatan bisnis dalam bentuk memproduksi atau mendistribusikan barang atau jasa, mencari profit dengan menjual, menyewakan, mengerjakan sesuatu, mendistribusikan, dan aktivitas sejenis lainnya dan mencoba memuaskan keinginan konsumen.

 
Menumbuhkan Jiwa Entrepeneur Anak PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Selasa, 13 Maret 2012 02:52

Entrepreneurship (jiwa kewirausahaan) merupakan kemampuan untuk menginternalisasikan kemampuan wirausaha dan menangkap peluang usaha atau bisnis yang ada. Seorang wirausaha akan berani mengambil risiko, inovatif, kreatif, disiplin, pantang menyerah, dan mampu menyiasati peluang secara tepat. Kewirausahaan juga bisa menjadi salah satu jalan (peluang) untuk mendapatkan rezeki. Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baik pekerjaan adalah pekerjaan seorang pria dengan tangannya dan setiap jual beli yang mabrur.” (HR Ahmad, al-Bazzar, ath-Thabrani).

 
Setahun Gerakan Kewirausahaan Nasional : Rasio Wirausaha jadi 1,56% PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Jumat, 09 Maret 2012 00:29

Dalam setahun gerakan kewirausahaan nasional   (GKN) yang  dimulai sejak 2 Februari 2011 lalu, rasio kewirausahaan di tanah air telah meningkat dari 0.24% menjadi 1,56% atau dalam angka 3,744 juta wirausaha.

Selanjutnya  pemerintah berharap agar rasio ini terus meningkat menjadi 2 persen di tahun 2013 mendatang. Demikian diungkap Syarif Hasan, Menkop Koperasi dan UKM RI dalam perayaan ulang tahun pertama Gerakan Kewirausahaan Nasional  di gedung SMESCO Jakarta, 8 Maret 2012.

Dalam acara yang turut dihadiri Presiden SBY  ini diluncurkan pula program pemberdayaan kaki lima, pemberian pinjaman bergulir serta pelatihan kewirausahaan nasional. Presiden SBY juga melakukan telekonferensi  dengan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, Gubernur Bali Made Mangku Pastika, dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu'mang untuk mengetahui perkembangan kewirausahaan di tiga daerah itu.

 
TIPS PEMBUKUAN BAGI UMKM PDF Cetak E-mail
Seputar UKM
Kamis, 08 Maret 2012 23:44

Setelah beberapa kali turun ke lapangan mendampingi pelaku UMKM, sejumlah pengalaman berharga sangat penting untuk dibagikan. Ada beberapa hal yang menggelitik rasa empati kami kepada pelaku UMKM sehingga tergerak untuk membagikan sedikit pengetahuan terkait tata kelolausaha secara umum maupun khusus dalam bidang-bidang tertentu.

Beragam keluhan muncul dalam pendampingan. Ada yang mengeluhkan produksinya yang terkendala modal kerja. Ada juga karena tidak adanya pencatatan membuat pelaku UMKM tidak mengetahui dengan pasti jumlah laba yang diperoleh setiap bulannya,sehingga mereka juga tidak mengetahui dengan pasti berapa uang tunai yang mereka miliki pada akhir periode tertentu.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

Online Support

Bappeda Sosialisasi Pengembangan UMKM Lorong

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Makassar menggelar sosialisasi pengembangan usaha mikro dan industri rumah tangga lorong melalui klinik bisnis terpadu (KBT).

Acara yang diikuti sekitar seratus orang peserta ini dilaksanakan di Hotel Mercure Makassar, Senin (23/5). Acara dibuka secara resmi oleh Ismunandar, Staf Ahli walikota bidang peningkatan kualitas manusia. Hadir pula Sekretaris Bappeda Nur Kamarul Zaman dan kepala bidang ekonomi Muhammad Asfat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bahrul ulum dari Makassarpreneur, Muh. Nurfitrani dari PLUT KUMKM Sulsel, Dr. Andi Nur Bau Massepe (akademisi Unhas) dan Dr. Mukhlis Sufri (UMI Makassar), dengan dipandu Dr. Johansyah dari Bappeda Makassar.

 

Dalam sambutannya Ismunandar mengatakan, pemberdayaan ekonomi  lorong merupakan program unggulan Pemkot Makassar dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Ibarat sel dalam tubuh, lorong menjadi basis kekuatan perekonomian dengan memperkuat industri atau usaha mikro dan kecil berbasis lorong, tambahnya.

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini108
mod_vvisit_counterMinggu ini108
mod_vvisit_counterBulan ini108
mod_vvisit_counterSemua hari373776

We have: 42 guests online
IP Anda: 54.81.131.189
 , 
Today: Okt 18, 2017