• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Berita
Makassarpreneur Gelar Pelatihan Kewirausahaan PDF Cetak E-mail
Berita Sekilas
Senin, 22 April 2013 04:12

Sekitar 50 orang peserta mengikuti pelatihan kewirausahaan  yang dilaksanakan oleh Makassarpreneur tanggal 20-21 April. Kegiatan yang mengambil tempat  di hotel La Macca merupakan rangkaian kegiatan Forum Wirausaha Muda (FWM) 2013.

Hari pertama diberikan materi  ide bisnis oleh Bahrul Ulum Ilham, Dir. Makassarpreneur dan Business Plan oleh Ari Eko Prasethio, Intermediator Teknologi Kemenristek RI. Hari kedua dibawakan materi Game bisnis oleh Rahma Tya Nuhung, Sekertaris Makassarpreneur dan Pengantar bisnis Syariah oleh Tasrin Halid, Pengasuh Klinik Bisnis Harian Fajar dan ketua Lajnah pengusaha HTI SulSel.

 
Makassarpreneur Kunjungi Sokola Pesisir Mariso PDF Cetak E-mail
Berita Sekilas
Selasa, 16 April 2013 04:05

Lembaga Pengembangan Bisnis Makassarpreneur melakukan anjangsana ke Sokola Pesisir Mariso, Selasa (16/4), yang berlokasi di Jalan Nuri Lorong 300, Makassar. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka menjajaki kerjasama untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat di sekitarnya.

Ikut hadir pada kesempatan kali ini, mewakili Makassarpreneur, Rahmatia Nuhung (Sekretaris), Yanti (Wakil Bendahara), dan Fatimah (Divisi Humas dan Infokom). Adapun dari pihak Sokola Pesisir dihadiri oleh Fadhilah Mutiarawati (Program Development), Andi Sulfiani (Program Officer), para pendamping dan fasilitator Sokola Pesisir, dan ibu-ibu yang merupakan orang tua murid Taman Kanak-kanak Sokola.

Sejak berdirinya di tahun 2005, Sokola Pesisir Mariso memiliki beberapa program kerja yang salah satunya adalah Pendidikan Taman Kanak-kanak yang pada tahun ajaran 2012-2013 ini anak didiknya berjumlah 35 orang dengan 2 orang tenaga pengajar.

 
Kemnakertrans FGD Inkubator Bisnis PDF Cetak E-mail
Berita Sekilas
Selasa, 16 April 2013 03:13

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemnakertrans) RI melalui Balai Besar Pengembangan dan Perluasan Kerja (BBPPK) Direktorat Jendral Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Banua Makassar, Sabtu (13/4).

FGD yang mengambil tema “Peran Inkubator Bisnis terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan UMKM dalam rangka Penciptaan dan Perluasan Kerja” dibuka kepala BBPPK, Tri Retno Isnaningsih, diikuti 20 orang peserta dari pendamping UMKM, lembaga mitra BBPPK di Sulsel, Setditjen Binapenta, Inkubator bisnis IPB Bogor, Peneliti UNJ Jakarta, Business Development Service (BDS) dan LPB-Makassarpreneur.

 
UMKM Harus Melek Keuangan PDF Cetak E-mail
Berita Sekilas
Jumat, 05 April 2013 02:54

Seorang pebisnis sangat tidak dianjurkan untuk sekedar menerapkan manajemen seadanya. Faktanya, banyak pebisnis yang menerapkan ‘manajemen tiba masa tiba akal’. Sebagai dampaknya, bisnis yang dikelola dengan cara demikian pada akhirnya akan mengalami kegagalan.

Bisnis yang kokoh hanya akan tercipta jika ditopang oleh manajemen yang baik, terutama dalam aspek keuangan. Pebisnis yang ingin usahnya langgeng, maka mulailah menata aspek keuangan usahanya sejak awal. Karena dengan administrasi keuangan yang buruk, akan menjadi langkah awal menuju kegagalan.

Administrasi keuangan sangat identik dengan pembukuan, dimana didalamnya diisi dengan pencatatan seluruh transaksi keuangan yang berlangsung di dalam usaha. Minimal seorang pebisnis menyediakan tiga jenis buku, yaitu Buku Pembelian, Buku Penjualan, dan Buku Kas.

 
Makassarpreneur Fasilitasi Workshop Optimalisasi Pasar Oxfam PDF Cetak E-mail
Berita Sekilas
Sabtu, 30 Maret 2013 02:41

Di penghujung tahun ketiga pelaksanaan program Restoring Coastal Livelihood (RCL), Oxfam melaksanakan workshop “Pengembangan Usaha dan Pemanfaatan Pasar Secara Maksimal)” yang berlangsung selama dua hari, Senin – Selasa (25-26 Maret 2013) di Hotel Banua Makassar, dengan difasilitasi oelh Tim Fasilitator dari Makassarpreneur.

Kegiatan ini yang ini bertujuan untuk menggali informasi yang lebih dalam tentang potensi sumber daya lokal yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung rantai suplai beberapa produk yang saat ini telah menjadi unggulan di empat kabupaten yang merupakan lokasi program, yaitu Barru, Pangkep, Maros dan Takalar.

Workshop kali ini tidak hanya diikuti oleh masyarakat yang menjadi binaan Oxfam di wilayah pesisir empat kabupaten tersebut, namun juga mengundang beberapa stake holder yang memiliki kepentingan dan program yang berkaitan dalam pemberdayaan masyarakat pesisir.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Online Support

Bappeda Sosialisasi Pengembangan UMKM Lorong

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Makassar menggelar sosialisasi pengembangan usaha mikro dan industri rumah tangga lorong melalui klinik bisnis terpadu (KBT).

Acara yang diikuti sekitar seratus orang peserta ini dilaksanakan di Hotel Mercure Makassar, Senin (23/5). Acara dibuka secara resmi oleh Ismunandar, Staf Ahli walikota bidang peningkatan kualitas manusia. Hadir pula Sekretaris Bappeda Nur Kamarul Zaman dan kepala bidang ekonomi Muhammad Asfat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bahrul ulum dari Makassarpreneur, Muh. Nurfitrani dari PLUT KUMKM Sulsel, Dr. Andi Nur Bau Massepe (akademisi Unhas) dan Dr. Mukhlis Sufri (UMI Makassar), dengan dipandu Dr. Johansyah dari Bappeda Makassar.

 

Dalam sambutannya Ismunandar mengatakan, pemberdayaan ekonomi  lorong merupakan program unggulan Pemkot Makassar dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Ibarat sel dalam tubuh, lorong menjadi basis kekuatan perekonomian dengan memperkuat industri atau usaha mikro dan kecil berbasis lorong, tambahnya.

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini67
mod_vvisit_counterMinggu ini67
mod_vvisit_counterBulan ini67
mod_vvisit_counterSemua hari373735

We have: 31 guests online
IP Anda: 54.224.235.183
 , 
Today: Jun 20, 2018