• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Berita
Mental, Inovasi dan Sinergi Kunci Menghadapi MEA 2015 PDF Cetak E-mail
Berita Sekilas
Minggu, 25 Januari 2015 00:00

Penguatan mental masyarakat, inovasi dan sinergi multi pihak menjadi kunci menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Demikian antara lain point yang terungkap dalam ajang Focus Group Discussion (FGD) “Kewirausahaan Indonesia Menyambut MEA 2015”, di gedung PLUT KUMKM Sulsel di CCC Tanjung Bunga. FGD Kewirausahaan Indonesia rangkaian kegiatan Forum Wirausaha Makassar 2015 yang dilaksanakan Makassarpreneur dan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Sulsel.

Asisten Deputi Monitoring dan Evaluasi Deputi SDM Kementerian Koperasi dan UKM RI, Talkah Badrus mengatakan, Kemenkop saat ini fokus pada peningkatan produktivitas Koperasi dan UMKM dalam mengelola sumber daya sehingga bisa bersaing. “Kemenkop UMKM saat ini melakukan mapping potensi KUMKM yang skala usahanya bisa ditingkatkan,” tandasnya.
Sementara, DPD APINDO Sulsel yang diwakili Muammar Muhayyang mengatakan, pihaknya memberikan perhatian dan dukungan terhadap peningkatan daya saing daerah, termasuk pengusaha lokal dan perlunya mensosialisasikan peluang dan tantangan pasar tunggal ASEAN.
 
Sulsel Pionir Penciptaan Wirausaha Muda PDF Cetak E-mail
Berita Sekilas
Selasa, 16 Desember 2014 00:00

Provinsi Sulawesi Selatan bertekad menjadi pionir dalam pencapaian  di atas 2% dari jumlah penduduk yang menjadi  enterprenur muda profesional. Demikian diungkap Asisten Bidang Ekbang Pemprov Sulsel, Sidik Salam, dalam acara penyerahan penghargaan wirausaha berprestasi pada program kewirausahaan berbasis perdesaan/kelurahan (15/12) di gedung PLUT KUMKM Sulsel.

“potensi sumber daya  alam Sulawesi Selatan sangat melimpah dan menunggu tangan-tangan kreatif dari  Pemuda dan sarjana untuk  mengolah dan mengembangkannya,” tambahnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri tim Independen, Wakil Pimpinan Wilayah Bank BRI, Bank Sulselbar, APINDO dan PTN/PTS, diserahkan secara simbolis kepada  ketua-ketua kelompok Wirausaha yang terdiri dari 19 orang pemenang dari 45 orang peserta Kota Makassar dan 31 orang pemenang  dari 70 orang  peserta dari Kab. Maros. Masing-masing yang layak usaha diberi penghargaan dalam bentuk modal sebesar Rp. 10.000.000.-  yang ditransfer ke rekening masing-masing kelompok. Hadir pula tim instruktur/fasilitator wirausaha baru Pemprov Sulsel dari PLUT KUMKM Sulsel, Makassarpreneur, Pinbuk Sulsel, Trainer ILO, Widyaswara Balatkop dan LP UMKM Sulsel.

 
Pemuda Harus Siap Menghadapi MEA 2015 PDF Cetak E-mail
Berita Sekilas
Sabtu, 13 Desember 2014 23:46

Pemuda Indonesia diharapkan mempersiapkan diri menghadapi persaingan ketat,mengerahkan segala potensi dan kreativitasnya menghadapi era globalisasi, terutama menghadapi masyarakat Ekonomi Asean 2015 dengan mengembangkan mindset dan karakter kewirausahaan. Demikian antara lain yang terungkap dalam acara seminar nasional kewirausahaan, Sabtu (13/12) di Hotel La Macca UNM yang digelar Himpunan Mahasiswa Elektro Fakultas Teknik (HME FT) Univ. Negeri Makassar (UNM) .

Kegiatan yang berlangsung sehari penuh ini mengambil tema “Youth in Facing of AFTA 2015” dengan narasumber menghadirkan Asisten Deputi Peningkatan SDM Kemenpora, Drs. Imam Gunawan, MAP, ketua HIPMI Sulsel, Amirullah Abbas, Direktur Makassarpreneur, Bahrul ulum Ilham, Konsultan PLUT KUMKM Sulsel, Muhammad Nurfitrani dan perwakilan Diskop UMKM Sulsel dan Pemkot kota Makassar.

Acara seminar yang disponsori T-Art-Galeri  ini dihadiri pula Wakil Walikota Makassar, DR. Syamsu Rizal,S.Sos, M.Si,  Dekan FT UNM Prof DR Husain Syam MTP, Pembantu Dekan III FT UNM, Dr. Bakharani Rauf,MT, serta dosen-dosen dalam lingkup jurusan Elektro FT UNM.

 
Makassarpreneur Fasilitasi Program Wirausaha Baru Pemprov Sulsel PDF Cetak E-mail
Berita Sekilas
Sabtu, 15 November 2014 12:24

Pemerintah Sulawesi Selatan mulai tahun 2014 ini melaksanakan program penciptaan wirausaha muda pada tiap desa. Program unggulan Pemprov Sulsel sekaligus realisasi janji kampanye pasangan Sayang ini menargetkan 20 wirausahawan muda tiap desa selama lima tahun atau 100 wirausaha baru per desa. Untuk menunjang pencapaian target tersebut, Pemprov menyelenggarakan diklat wirausaha baru dan memberikan paket bantuan modal yang diatur dalam Pergub No. 10 tahun 2014 tentang diklat kewirausahaan dan penghargaan wirausaha di Provinsi Sulawesi Selatan.

Pergub wirausaha desa bertujuan untuk mendorong pemuda menjadi wirausaha dengan penyediaan modal kerja sebagai stimulus dalam pengembangan usaha ekonomi produktif yang digerakkan oleh pemuda desa/kelurahan. Sasaran target pencapaian wirausaha yaitu sebanyak 20 orang (1 Kelompok) per desa/ kelurahan dari 3.023 desa/kelurahan di Sulsel, sehingga akan tercapai 60.460 orang per tahun atau tercapai 302.300 orang dalam 5 tahun dengan 15.115 kelompok usaha ekonomi produktif.

 
Makassarpreneur ToT UMKM Naik Kelas Tahap II PDF Cetak E-mail
Berita Sekilas
Selasa, 04 November 2014 00:00

Dalam upaya meningkatkan daya saing pelaku UMKM di tanah air pemerintah membuat gerakan Satu Juta Usaha UMKM Naik Kelas, sebagaimana akan dirumuskan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Berkaitan hal ini, LPB Makassarpreneur didukung PLUT KUMKM Sulsel menggelar Training of Trainer (ToT) UMKM Naik kelas. Kegiatan ini diadakan di Gedung PLUT KUMKM Sulsel, Sabtu-Ahad, 1-2 Nopember 2014 dan diikuti 30 orang peserta. Acara ini dibuka Kepala Balatkop dan UMKM Sulsel, Abd. Azis Bennu, hadir pula GA Chairman Cocoa Sustainibility Partnership (CSP), HM. Dakhri Sanusi  yang berbagi pengalaman pendampingan.

Adapun narasumber pelatihan berasal dari trainer LPB Makassarpreneur dan konsultan PLUT KUMKM Sulsel dengan materi meliputi kewirausahaan, Business Model, Diagnosa Bisnis, Business Plan dan pola pendampingan.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Online Support

Bappeda Sosialisasi Pengembangan UMKM Lorong

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Makassar menggelar sosialisasi pengembangan usaha mikro dan industri rumah tangga lorong melalui klinik bisnis terpadu (KBT).

Acara yang diikuti sekitar seratus orang peserta ini dilaksanakan di Hotel Mercure Makassar, Senin (23/5). Acara dibuka secara resmi oleh Ismunandar, Staf Ahli walikota bidang peningkatan kualitas manusia. Hadir pula Sekretaris Bappeda Nur Kamarul Zaman dan kepala bidang ekonomi Muhammad Asfat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bahrul ulum dari Makassarpreneur, Muh. Nurfitrani dari PLUT KUMKM Sulsel, Dr. Andi Nur Bau Massepe (akademisi Unhas) dan Dr. Mukhlis Sufri (UMI Makassar), dengan dipandu Dr. Johansyah dari Bappeda Makassar.

 

Dalam sambutannya Ismunandar mengatakan, pemberdayaan ekonomi  lorong merupakan program unggulan Pemkot Makassar dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Ibarat sel dalam tubuh, lorong menjadi basis kekuatan perekonomian dengan memperkuat industri atau usaha mikro dan kecil berbasis lorong, tambahnya.

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini401
mod_vvisit_counterMinggu ini401
mod_vvisit_counterBulan ini401
mod_vvisit_counterSemua hari374069

We have: 130 guests online
IP Anda: 54.145.120.69
 , 
Today: Agus 20, 2017