• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Catatan Perjalanan
Pa’bentengan: Desa Bersejarah Yang Berpotensi PDF Cetak E-mail
Oleh Bahrul Ulum   
Minggu, 24 April 2011 11:38

Desa Pa’bentengan Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa. Dari katanya, desa ini berarti benteng menurut penuturan warga di sana. Daerah yang menjadi benteng pertahanan dimasa perang yang kala itu melibatkan pahlawan RW Monginsidi dan Emmy Saelan. Salah satu buktinya adalah sumur tua yang tidak pernah kering yang konon adalah sumur yang sering digunakan oleh Emmy Saelan untuk mandi. Lokasinya kurang lebih 60 km dari Makassar  dan dibutuhkan waktu kurang lebih 45 menit untuk tiba disana.

 
Bremen Technopark, Sinergi Akademisi dan Pebisnis PDF Cetak E-mail
Oleh Bahrul Ulum   
Selasa, 21 Desember 2010 13:02

Belajar dari berbagai kota-kota maju di berbagai dunia tidak lepas dari adanya sinergi akademisi dan dunia usaha. Tampak adanya keterkaitan yang erat antara peran akademisi yang menghasilkan berbagai hasil riset, pengembangan produk oleh pengusaha serta peran pemerintah. Berbagai kota maju di dunia tersebut menyadari arti pentingnya sebuah kawasan penelitian terpadu agar dapat memproduksi sendiri segala kebutuhannya dan daerahnya tidak hanya menjadi “pasar produk jadi” dari negara lain. Kawasan penelitian terpadu ini dikenal dengan istilah technopark, science park atau research park.

 
Business Camp, Belajar Bisnis di Alam Terbuka PDF Cetak E-mail
Oleh Bahrul Ulum   
Selasa, 07 Desember 2010 11:30

Berawal dari ide beberapa alumni pelatihan SIYB di LPK Yama bahagia yang ingin mengasah mental wirausaha, diadakanlah kegiatan business camp. Kegiatan ini juga salah satu model pendampingan atau dukungan pasca pelatihan yang dilakukan oleh trainer. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 60 orang alumni pelatihan SIYB Yama Bahagia dengan berlokasi di Loka, salah satu daerah dataran tinggi di Kabupaten Bantaeng. Business Camp adalah nama kegiatan outdoor atau belajar di alam yang biasa dikenal dengan istilah outbond. Outbound training merupakan konsep pelatihan yang dilakukan dalam situasi tidak formal di alam terbuka sebagai media penyampaian berbagai materi yang berhubungan dengan penggalian kompetensi diri.

 
Sekolah Rakyat Cakrawala, Merintis usaha Berbekal keterampilan PDF Cetak E-mail
Oleh Bahrul Ulum   
Minggu, 05 Desember 2010 11:22

 

Sekolah Rakyat (SR) Cakrawala adalah salah satu sekolah alternatif yang berada di kawasan Tamalanrea Makassar. Sekolah alternatif ini dibina oleh aktifis muda yang menerapkan gratis 100 persen dan tidak pernah ada pungutan dari pihak sekolah kepada orang tua murid, anak putus sekolah pun mendapatkan alternatif untuk melanjutkan kegiatan belajarnya.

Sistem belajar mengajar yang diterapkan di SR Cakrawala berbeda dengan sekolah-sekolah formal. Tidak dikenal adanya daftar absensi, melainkan hanya ada kartu kontrol atau disebut juga dengan kartu prestasi siswa yang fungsinya untuk mengetahui signifikansi perkembangan siswa, baik dari segi afektif, kognitif, pola pikir, pola hidup, dan sebagainya. Selain itu, kurikulumnya disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

 
Semangat Berwirausaha di Pulau Kodingareng PDF Cetak E-mail
Oleh Bahrul Ulum   
Sabtu, 04 Desember 2010 10:59

Pengalaman menarik dapat melatih SIYB ILO di Pulau Kodingareng. Pulau yang masih masuk dalam wilayah kota Makassar ini cukup indah karena dikelilingi pasir putih yang bersih. Untuk menjangkaunya butuh perjalanan naik perahu satu jam dari pusat kota. Hanya ada jalan setapak, tidak ada mobil di pulau ini namun kita bisa menjangkau seluruh pulau dengan berjalan kaki. Listrik juga hanya menyala pada pukul 18.00 hingga 24.00 setiap hari.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 Berikutnya > Akhir >>

Online Support

Pemkot Makassar Bentuk Investmen Center

Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal menggelar diskusi membahas pengembangan potensi unggulan daerah dalam rangka pembentukan pusat investasi (investment centre) bintang lima, Selasa (26/4/2016).

Diskusi yang berlangsung di Karaeng Room Hotel Santika Makassar itu dihadiri sejumlah stakeholder, dengan narasumber Keua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel, Zulakrnai Arif, Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Sulsel yang juga Direktur Makassarpreneur, Bahrul ulum dan Pengamat Ekonomi Unhas, DR. Marzuki, DEA

Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Makassar Taufiek Rachman mengatakan, investement centre merupakan ide Walikota Makassar, Danny Pomanto yang bertujuan meningkatkan pererkomian masyarakat. Investment forum ini diharapkan akan mengembalikan kejayaan Makassar sebagai hub untuk Kawasan Indonesia Timur (KTI).

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini199
mod_vvisit_counterMinggu ini199
mod_vvisit_counterBulan ini199
mod_vvisit_counterSemua hari373867

We have: 58 guests online
IP Anda: 54.198.102.92
 , 
Today: Jun 23, 2017