• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Catatan Perjalanan
SISTEM TRANSPORTASI DI JERMAN PDF Cetak E-mail
Oleh Bahrul Ulum   
Selasa, 02 November 2010 14:40

Melihat dan merasakan langsung macetnya ibu kota dan kota-kota besar lain di Indonesia menarik minat saya untuk menulis tentang keteraturan sistem transportasi di Eropa, khususnya di Jerman. Pengalaman melihat langsung penataan transportasi yang modern menjadi pengalaman tersendiri yang kiranya bisa menjadi bahan pelajaran bagi penataan transportasi di tanah air. Membandingkan Eropa dengan kota-kota di tanah air memang sangat jauh, baik dari infrastruktur, kemudahan dan kenyamanan berkendara maupun sikap tertib berlalu lintas warga kota.

 
Kanal indah dan Bersih di Groningen PDF Cetak E-mail
Oleh Bahrul Ulum   
Selasa, 02 November 2010 14:11

Selain budaya bersepeda warga kota, hal menarik lainnya tentang Belanda adalah kanal yang indah dan bersih. Sungguh sangat iri bila melihat kanal-kanal di negeri Belanda lalu membandingkan dengan realitas kanal-kanal yang ada di berbagai kota di tanah air, termasuk kota metropolitan Makassar. Sangat sulit mendapatkan predikat bersih pada kanal yang ada di kota Makassar. Dari sepanjang 14 km panjang kanal yang ada di Makassar, banyaknya sampah serta air kanal yang kotor menjadi pemandangan lumrah.

 
EMPAT JAM DI DUBAI PDF Cetak E-mail
Oleh Bahrul Ulum   
Selasa, 02 November 2010 13:57

Menempuh perjalanan dari Jakarta ke Bremen punya kesan dan pengalaman tersendiri. Diantaranya saat transit di salah satu kota maju dan modern di Timur Tengah, kota Dubai. Perjalanan kami ke Bremen memang menggunakan pesawat Emirates, maskapai penerbangan yang berpusat di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab. Kami menempuh perjalanan sekitar 7 jam dari Jakarta menuju Dubai untuk transit selama 4 jam,selanjutnya melanjutkan perjalanan sekitar 6,5 jam menuju Hamburg, Jerman. Meski terasa lama, kami tetap enjoy karena fasilitas Emirates yang nyaman. Di pesawat penumpang sangat dimanjakan, mulai dari hiburan TV, Film, Radio atau menu yang halal dan enak, serta mainan melimpah bagi anak kami.

 
Groningen, Kota Ramah Sepeda PDF Cetak E-mail
Oleh Bahrul Ulum   
Selasa, 02 November 2010 13:09

Saat ini antusiasme bersepeda warga Makassar lagi marak-maraknya. Hampir tiap miggu digelar fun bike atau sepeda sehat oleh berbagai instansi pemerintah maupun swasta. Tidak hanya itu, komunitas sepeda juga banyak bermunculan yang pada hari sabtu-minggu keliling kota dengan bersepeda. Melihat semangat bersepeda warga Makassar, ingatan saya tertuju setahun lalu saat berada di kota Groningen Belanda, yang menurut saya boleh di kata sebagai kota sepeda. Kota Groningen kebetulan tidak terlalu jauh dari kota Bremen Jerman, tempat istri tercinta mengikuti program sandwich doctoral.

 
OLAH SAMPAH ALA JERMAN PDF Cetak E-mail
Oleh Bahrul Ulum   
Senin, 01 November 2010 14:33

Sampah dan pengolahannya sampai saat ini masih menjadi salah satu problematika tersendiri di berbagai kota di Indonesia. Padahal, sampah telah menjadi bagian dari kehidupan warga kota sehingga sudah seharusnya diolah sedemikian rupa agar dapat bermanfaat dan sebaliknya tidak membawa kerugian. Kiranya kita bisa belajar dari negara Jerman yang berhasil mengolah sampah dengan baik. Saat di kota Bremen, salah satu yang membuat kagum adalah kotanya yang bersih, indah dan nyaman. Kita tidak akan menemukan bak sampah yang terbuka dan bau atau sampah yang menumpuk tidak terangkut. Saat hari-hari pertama di kota Bremen, melihat langsung bagaimana pengolahan sampah yang sangat profesional dan cukup menarik perhatian saya. Hal ini bermula saat hari-hari awal tinggal/kost di kota Bremen dan saat hendak membuang sampah, pemilik rumah kost menyampaikan sampahnya harus dipisah secara langsung oleh pemilik rumah terlebih dahulu dan harus mengikuti jadwal untuk buang sampah. Kalau tidak mengikuti aturan ini maka akan ada sanksinya berupa denda.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 Berikutnya > Akhir >>

Online Support

Bappeda Sosialisasi Pengembangan UMKM Lorong

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Makassar menggelar sosialisasi pengembangan usaha mikro dan industri rumah tangga lorong melalui klinik bisnis terpadu (KBT).

Acara yang diikuti sekitar seratus orang peserta ini dilaksanakan di Hotel Mercure Makassar, Senin (23/5). Acara dibuka secara resmi oleh Ismunandar, Staf Ahli walikota bidang peningkatan kualitas manusia. Hadir pula Sekretaris Bappeda Nur Kamarul Zaman dan kepala bidang ekonomi Muhammad Asfat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bahrul ulum dari Makassarpreneur, Muh. Nurfitrani dari PLUT KUMKM Sulsel, Dr. Andi Nur Bau Massepe (akademisi Unhas) dan Dr. Mukhlis Sufri (UMI Makassar), dengan dipandu Dr. Johansyah dari Bappeda Makassar.

 

Dalam sambutannya Ismunandar mengatakan, pemberdayaan ekonomi  lorong merupakan program unggulan Pemkot Makassar dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Ibarat sel dalam tubuh, lorong menjadi basis kekuatan perekonomian dengan memperkuat industri atau usaha mikro dan kecil berbasis lorong, tambahnya.

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini213
mod_vvisit_counterMinggu ini213
mod_vvisit_counterBulan ini213
mod_vvisit_counterSemua hari373881

We have: 59 guests online
IP Anda: 54.167.195.84
 , 
Today: Agus 20, 2017