• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Catatan Perjalanan
Menata PKL, Contohlah Kota Solo PDF Cetak E-mail
Oleh Bahrul Ulum   
Selasa, 03 April 2012 14:52

Disela kegiatan kami mengikuti bimbingan dan konsultasi standar kompetensi konsultan/LPB di Fave Hotel Solo, 27 Maret-1 April 2012, kami manfaatkan pula untuk jalan-jalan melihat kota yang menjadi pusat batik nasional. Selain melihat langsung sentra kerajinan batik dan budaya lokal setempat, yang menarik perhatian saya justru penataan PKL (pedagang kami lima) yang dilakukan pemkot setempat.

Kunjungan saya ke Solo merupukan yang ketiga, setelah terakhir tahun 2002 lalu. Tampak nyata perubahan di kota Solo yang berkembang menjadi kota moderen namun tetap mempertahankan tradisi Jawa-nya. Harus diakui, Jokowi, walikota Solo yang menjadi buah bibir di tanah air ini telah berhasil membawa Solo makin nyaman dan berkesan.

 
Catatan Perjalanan Ke Pulau Barrang Lompo PDF Cetak E-mail
Oleh Bahrul Ulum   
Senin, 02 Januari 2012 15:06

Di penghujung tahun 2011, pengurus Makassarpreneur terdiri dari Bahrul, Asgaf dan Ramdan bersama beberapa mahasiswa kelautan Unhas mengadakan perjalanan ke pulau Barrang Lompo. Pulau yang berjarak sekitar 7 mil dari pusat kota ini merupakan salah satu pulau spermonde yang masuk dalam wilayah kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. Berikut catatan perjalanan yang ditulis oleh Asgaf, Ketua Divisi UMKM Makassarpreneur.

Dermaga kayu Bangkoa jelang siang tampak begitu ramai. Pelabuhan mini tempat bersandarnya beberapa kapal kayu itu sibuk dengan lalu lalang penumpang dan awak kapal yang menaikkan atau menurunkan barang di kapal. Tampak beberapa Kapal-kapal kayu bersandar dengan tujuan Barrang lompo, Barrang Caddi dan pulau Kodingareng yang masih dalam wilayah kota Makassar.

 
Tanarajae, Ekowisata Yang Mulai Memudar PDF Cetak E-mail
Oleh Bahrul Ulum   
Senin, 19 September 2011 04:14

Tribun Timur - Sabtu, 17 September 2011 21:47 WITA
Laporan: Bahrul Ulum, Direktur Makassarpreneur
Melaporkan dari Desa Tanarajae, Pangkep

TANARAJAE adalah desa nelayan di pesisir Kabupaten Pangkep. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari kota Pangkep dan masuk dalam wilayah Kecamatan Labbakkang.   Desa Tanarajae menjadi salah satu sasaran pendampingan kelompok usaha oleh tim konsultan Makassarpreneur, dalam rangkaian program Restoring Coastal Livelihood (RCL) atau Pemulihan Penghidupan Pesisir sejak tanggal 13-17 September 2011
 
KOTA KUPANG, KOTA KARANG YANG MENARIK PDF Cetak E-mail
Oleh Bahrul Ulum   
Rabu, 10 Agustus 2011 20:23

Kegembiraan tersendiri saat menginjakkan kaki di kota Kupang Provinsi NTT. Berawal dari tugas sebagai fasilitator pelatihan kewirausahaan SIYB ILO di bulan Juli 2011 lalu, saya akhirnya berkesempatan merasakan nuansa kota karang dan kota kasih di ibukota Provinsi NTT.

Kota yang terletak di Pulau Timor ini akan tampak permukaan terdiri dari batu karang dan tidak rata serta tanah berwarna merah dan putih sehingga dijuluki juga kota Karang. Kita juga dapat melihat pohon lontar (pohon tuak) pada beberapa titik sabana di Kupang. Sepintas, sangat terasa kalau Kupang daerah yang kering dan cuacanya panas.

 
Bantaeng, Butta Toa Yang Makin Maju PDF Cetak E-mail
Oleh Rahmatya Nuhung   
Sabtu, 14 Mei 2011 01:35

Membicarakan Bantaeng seakan tak pernah kehabisan topik. Ada saja yang menarik yang dapat diangkatmenjadi bahan pembicaraan tentang Kabupaten yang satu ini. Tidak berlebihan memang, karena setiap orang yang berkunjung ke sana, akan pulang membawa cerita tersendiri perihal yang dialami dan dirasakannya selama di Bantaeng. Saya pribadi menyimpan banyak kesan mendalam, dari perjalanan saya seminggu disana (ini adalah kunjungan saya yang ketiga kalinya )dalam rangka memberikan pelatihan kewirausahaan bagi pemuda putus sekolah pada awal April yang lalu.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 Berikutnya > Akhir >>

Online Support

Pemkot Makassar Bentuk Investmen Center

Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal menggelar diskusi membahas pengembangan potensi unggulan daerah dalam rangka pembentukan pusat investasi (investment centre) bintang lima, Selasa (26/4/2016).

Diskusi yang berlangsung di Karaeng Room Hotel Santika Makassar itu dihadiri sejumlah stakeholder, dengan narasumber Keua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel, Zulakrnai Arif, Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Sulsel yang juga Direktur Makassarpreneur, Bahrul ulum dan Pengamat Ekonomi Unhas, DR. Marzuki, DEA

Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Makassar Taufiek Rachman mengatakan, investement centre merupakan ide Walikota Makassar, Danny Pomanto yang bertujuan meningkatkan pererkomian masyarakat. Investment forum ini diharapkan akan mengembalikan kejayaan Makassar sebagai hub untuk Kawasan Indonesia Timur (KTI).

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini117
mod_vvisit_counterMinggu ini117
mod_vvisit_counterBulan ini117
mod_vvisit_counterSemua hari373785

We have: 55 guests online
IP Anda: 54.225.20.73
 , 
Today: Okt 20, 2017