• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel : Motivasi dan Inspirasi
Karakter Pemuda dalam Al-Qur’an PDF Cetak E-mail
Motivasi & Inspirasi
Minggu, 20 Maret 2011 11:31

Al-Qur’anul Karim telah menampilkan sosok pemuda yang menjadi bintang dan pertanda zamannya. Secara ekplisit tampak dalam surah Al-Anbiya: 60, surah Al-Kahfi: 10-13, atau surah Yusuf: 30, dengan kata-kata yang berakar pada “fatiya” (muda). Selain yang tersurat, terdapat pula ayat-ayat yang menyiratkan sosok pemuda seperti surah Ash-Shaf: 14 yang menampilkan Nabi Isa yang berusia muda, dan lain-lain.

Dalam Al-Qur’an peran pemuda disebutkan sebagai generasi penerus (QS. Ath-Thur: 21), yaitu meneruskan nilai-nilai kebaikan yang ada pada suatu kaum. Disebut juga sebagai generasi pengganti (QS. Al-Maidah: 54), yaitu menggantikan kaum yang memang sudah rusak dengan karakter mencintai dan dicintai Allah, lemah lembut kepada kaum mu’min, tegas pada kaum kafir dan tidak takut celaan orang yang mencela. Disebut pula sebagai generasi pembaharu (QS. Maryam: 42) yakni memperbaiki dan memperbaharui kerusakan yang ada pada suatu umat/bangsa.

 
Zukri, Juragan Jahe di Makassar PDF Cetak E-mail
Motivasi & Inspirasi
Rabu, 23 Februari 2011 09:35

Berbekal kerja keras dan kreativitas, Zukri meraih sukses sebagai pengusaha jahe instan khas tanah kelahirannya, Makassar. Tak hanya jahe instan, ia juga sukses mengelola perusahaan penyedia jasa training management outbond. Omzet dari masing-masing usahanya tersebut bisa mencapai Rp 100 juta per bulan.
Pengusaha sukses memang tak harus berasal dari sebuah keluarga pengusaha. Seperti yang terlihat pada Zukri. Meski darah wirausaha sama sekali tak mengalir dalam tubuhnya, toh, pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan ini mampu meraih sukses sebagai seorang pengusaha.

 
Dari Talkshow Buku Habibie-Ainun : Cinta Sejati, Dibawa Sampai Mati PDF Cetak E-mail
Motivasi & Inspirasi
Senin, 14 Februari 2011 17:01

(MP-Press)Siapa yang tak kenal sosok Prof.Dr.Ing.B.J.Habibie? atau lebih akrab disapa Pak Habibie ini, mantan Presiden ke 3 (tiga) Republik Indonesia, Sabtu 12 Februari 2011 kemarin bertempat di gedung Fajar Graha Pena Makassar menggelar talkshow bukunya yang bertajuk “HABIBIE&AINUN”. Acara ini dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan dan lebih dari 300 peserta. Acara yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini mengupas tuntas perjalanan hidup Pak Habibie dan Ibu Ainun (alm) selama 48 tahun 10 hari. Kepergian Ibu Ainun menghadap Sang Khalik membuat mantan Presiden Indonesia ke 3 ini sangat kehilangan.

 
SUKSES ITU BERSINERGI, BUKAN BERSETERU PDF Cetak E-mail
Motivasi & Inspirasi
Jumat, 11 Februari 2011 23:45

Kisah bermula di sebuah Kongres Anggota Tubuh Manusia. Pak Jantung memimpin sesi sidang “Pemberian Penghargaan Pada Anggota Tubuh Manusia Terpenting Tahun ini”. Dalam pidato pengantarnya, Pak Jantung berkata ,”Saudara-saudaraku sesama anggota tubuh, sebagaimana kita tahu tuan kita sangat menginginkan kinerja kesehatannya meningkat tahun ini. Peningkatan ini hanya mungkin, kalau kita semua memperbaiki kinerja masing-masing. Nah, untuk memicu dan memacu peningkatan kinerja itu, tuan kita berkenan memberikan penghargaan kepada anggota tubuh terpenting. Untuk itu, kita harus menentukan siapa di antara kita yang layak untuk mendapatkannya.”

 
PEMUDA-PEMUDA INSPIRATIF PDF Cetak E-mail
Motivasi & Inspirasi
Senin, 17 Januari 2011 10:20

Pada Zaman Khalifah Umar Bin Khattab RA, ada seorang pemuda yang berencana untuk melakukan perjalanan jauh. Dia mempersiapkan segala perbekalannya, termasuk unta yang akan digunakan sebagai kendaraannya. Di tengah perjalanan, ia menemukan sebuah tempat yang ditumbuhi rumput hijau nan segar. Dia berhenti di tempat itu untuk beristirahat sejenak. Pemuda itu kemudian duduk di bawah pohon. Karena terlalu lelah, akhirnya ia tertidur lelap. Saat ia tidur, tali untanya lepas, sehingga unta itu pergi ke sana ke mari. Akhirnya, unta itu masuk ke kebun yang ada di dekat situ. Unta itu memakan tanam-tanaman dan buah-buahan di dalam kebun. Unta itu juga merusak segala yang dilewatinya.
Penjaga kebun adalah seorang kakek tua. Sang kakek berusaha mengusir unta itu, namun ia tidak bisa. Karena khawatir unta itu akan merusak seluruh kebunnya, sang kakek pun membunuhnya. Ketika bangun, pemuda itu mencari untanya. Ternyata, ia menemukan unta itu telah tergeletak mati dengan leher menganga di dalam kebun.

 
PEMUDA, ANTARA HARAPAN DAN REALITA PDF Cetak E-mail
Motivasi & Inspirasi
Selasa, 28 Desember 2010 13:38

Perbincangan seputar pemuda selalu menarik dan mengundang perhatian sebab padanya senantiasa terkait dengan dinamika. Sebagai kelompok idaman ummat dan bangsa, pemuda adalah kaum intelektual yang kaya akan kritik dan imajinasi, serta peran mereka dalam setiap peristiwa yang terjadi di tengah perubahan masyarakat. Tidak bisa dipungkiri pemuda memegang peranan penting dalam hampir setiap transformasi sosial dan perjuanngan meraih cita-cita.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 Berikutnya > Akhir >>

Online Support

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini171
mod_vvisit_counterMinggu ini171
mod_vvisit_counterBulan ini171
mod_vvisit_counterSemua hari373839

We have: 97 guests online
IP Anda: 54.145.64.172
 , 
Today: Jul 23, 2017