• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel : Motivasi dan Inspirasi
REFLEKSI SUMPAH PEMUDA TAHUN 2014 PDF Cetak E-mail
Motivasi & Inspirasi
Rabu, 29 Oktober 2014 00:00

Pemuda merupakan aset bangsa, penentu arah masa depan kehidupan yang lebih baik. Keberadaan mereka menjadi energi pembaharuan dan kritis terhadap kemapanan yang menyimpang. Pemuda adalah nafas zaman, kelompok idaman ummat dan bangsa yang kaya akan kritik, imajinasi, serta peran mereka dalam setiap peristiwa yang terjadi di tengah perubahan masyarakat.Tidak bisa dipungkiri pemuda memegang peranan penting dalam hampir setiap transformasi sosial dan perjuangan meraih cita-cita.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan jumlah pemuda tahun 2013 jumlah pemuda mencapai 62,6 juta orang atau rata-rata 25 persen dari proporsi jumlah penduduk secara keseluruhan. Demikian juga jumlah organisasi kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang terus mengalami peningkatan, yakni telah mencapai ± 276.787 OKP dari tingkat nasional s.d. kelurahan/desa. Besarnya potensi pemuda di atas bila dikembangkan dengan baik maka pemuda dapat diandalkan sebagai agen perubahan, kontrol sosial, dan kekuatan moral. Demikian juga kapasitas dan kualitas pemuda dapat dikembangkan sebagai penentu masa depan bangsa, dan adanya peluang pemuda sebagai kekuatan sosial ekonomi bangsa, pengemban misi dalam meningkatkan harkat dan martabat bangsa serta misi mulia lainnya.

 
Menuju Kota Dunia Berkarakter Lokal, Religius dan Manusiawi (Menyambut 404 Tahun Kota Makassar) PDF Cetak E-mail
Motivasi & Inspirasi
Senin, 07 November 2011 22:58

Makassar sebuah kota legendaris dengan bentangan sejarah yang cukup panjang hingga tanggal  9 Nopember 2011 akan genap berusia  404 tahun. Beragam generasi silih berganti melampaui abad, tahun dan beribu-ribu hari serta menyusul hari esok mendiami kota Makassar dengan segala dinamika yang bergelut didalamnya.

Penetapan hari jadi Makassar ini mengambil momentum bersejarah yakni sholat Jum’at pertama di Masjid Tallo pada hari Jum’at tanggal 9 Nopember 1607, bertepatan dengan hari 19 Rajab 1016 Hijriah. Peristiwa ini  setelah dua tahun Raja Gowa dan Tallo memeluk Islam dan selanjutnya seluruh rakyat Gowa dan Tallo dinyatakan memeluk agama Islam. “Hari ini Raja telah masuk Islam, maka masuk Islamlah kalian semua,” tegas Raja Tallo dalam deklarasi tersebut.

 
Sosok Pemuda dalam Al Qur’an PDF Cetak E-mail
Motivasi & Inspirasi
Minggu, 30 Oktober 2011 11:56

Perbincangan seputar pemuda selalu menarik dan mengundang perhatian sebab padanya senantiasa terkait dengan dinamika. Sebagai kelompok idaman ummat dan bangsa, pemuda adalah kaum intelektual yang kaya akan kritik dan imajinasi, serta peran mereka dalam setiap peristiwa yang terjadi di tengah perubahan masyarakat. Tidak bisa dipungkiri pemuda memegang peranan penting dalam hampir setiap transformasi sosial dan perjuanngan meraih cita-cita.

Dalam sejarah transformasi sosial (dakwah Islam) pemuda memegang peran dominan. Rasulullah Muhammad ketika diangkat berumur empat puluh tahun. Berkata Ibnu Abbas r.a, “ Tak ada seorang nabipun yang diutus Allah, melainkan ia (dipilih) dari kalangan pemuda saja (yakni 30-40 tahun). Begitu pula tidak seorang ‘alim pun yang diberi ilmu, melainkan ia dari kalangan pemuda.

 
MENUJU KEBANGKITAN INDONESIA PDF Cetak E-mail
Motivasi & Inspirasi
Kamis, 19 Mei 2011 16:08

Indonesia, sebuah negeri yang indah, terhampar dengan panjang ribuan kilometer dengan lebih dari 220 juta manusia ada di dalamnya. Keanekaragaman hayatinya terbanyak kedua di seluruh dunia. Wilayah hutan tropisnya terluas ketiga di dunia dengan cadangan minyak, gas alam, emas, tembaga dan mineral lainnya. Indonesia memiliki tanah dan area lautan yang luas dengan berjenis-jenis ekologi, menempati hampir 1,3% dari wilayah bumi, mempunyai 10% jenis tanaman dan bunga di dunia, 12% jenis binatang menyusui, 17% jenis burung, 25% jenis ikan, dan 10% sisa area hutan tropis kedua setelah Brazil. Di daratan terdapat berbagai barang tambang berupa emas, nikel, timah, tembaga, batu bara, dan penghasil minyak (World Bank, 1994). Namun, kekayaan alam yang merupakan anugerah terbesar dari Allah SWT tidak dapat membuat bangsa ini bangkit, berdaya, dan maju.

 
MODAL KITA PDF Cetak E-mail
Motivasi & Inspirasi
Selasa, 10 Mei 2011 20:47

Setiap pedagang/pebisnis, siapapun dia, tentu akan merasa sedih saat bisnisnya mengalami kerugian yang menghabiskan sebagian apalagi seluruh modalnya. Apalagi jika modal yang ia investasikan dalam bisnis berjumlah besar. Selain sedih, tentu ia bingung jika modal itu merupakan hasil pinjaman dari pihak lain. Tak terbayangkan, darimana ia akan bisa mengembalikan utangnya saat bisnisnya merugi, bahkan gagal total.

Terkait dengan hal di atas, tentu menarik saat Allah SWT berfirman (yang artinya): Demi waktu. Sesungguhnya manusia benar-benar ada dalam kerugian… (TQS al-‘Ashr [103]: 1-2).

Terkait surat ini, Abdullah bin Abdillah bin al-Hushain menuturkan bahwa ada dua orang Sahabat Rasulullah saw., saat mereka berjumpa, mereka tidak akan berpisah kecuali salah seorang di antara keduanya membacakan surat al-’Ashr kepada yang lainnya. Setelah itu, baru salah seorang dari keduanya mengucapkan salam perpisahan (HR ath-Thabrani).

 
Cendekiawan Muslim Muda Meretas Jalan Kebangkitan PDF Cetak E-mail
Motivasi & Inspirasi
Minggu, 20 Maret 2011 11:47

Indonesia sudah mengalami banyak tahapan perubahan sosial yang dipicu oleh kaum muda. Tiap zaman diilhami dengan semangat yang berbeda, yaitu semangat perlawanan pada tahun 1945, semangat menghapus pada ketergantungan Jepang dan semangat perubahan tahun 1998. Faktanya memang kemajuan dan perubahan hanya bisa dimulai oleh mereka yang masih muda.

Dalam meretas jalan kebangkitan maka setidaknya ada lima kunci kekuatan yang mesti dimiliki pemuda. Kelima karakteristik kunci itu adalah idealisme, intelektual, kritis serta kepekaan sosial, keberanian dan pengorbanan. Inilah lima karakteristik yang harus ada pada pemuda pendobrak dan agen-agen perubah. Tentunya kelima karakteristik tersebut harus dibarengi dengan pemahaman yang matang tentang ideologi yang akan menjadi patron dalam membawa dan meretas jalan kebangkitan.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 Berikutnya > Akhir >>

Online Support

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini314
mod_vvisit_counterMinggu ini314
mod_vvisit_counterBulan ini314
mod_vvisit_counterSemua hari373982

We have: 127 guests online
IP Anda: 107.22.63.172
 , 
Today: Jun 26, 2017