• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel : Entrepreneurship
2013 : Tahun Percepatan dan Pengembangan Kewirausahaan Nasional PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Minggu, 30 Desember 2012 15:02

Tahun 2012 yang segera berlalu memberikan sejumlah catatan, baik itu berupa prestasi, kegagalan maupun stagnasi. Di bidang ekonomi, pertumbuhan ekonomi cukup positif di tengah ketidakpastian ekonomi global. Demikian halnya gerakan pengembangan kewirausahaan di tahun 2012 yang perlu mendapat apresiasi positif.

Sepanjang tahun 212, gerakan pembudaayaan kewirausahaan begitu massif dilakukan. Pemerintah melalui berbagai kementerian, pihak swasta, NGO dan lembaga internasional mengembangkan berbagai program terkait kewirausahaan. Hal ini tidak terlepas dengan makin terbagunnya kesadaran, sebagaimana diungkap Wapres Budiono bahwa para wirausahawan (enterpreneurs) adalah para pemimpin bangsa yang membawa perubahan dan pembaharuan. Peran mereka sangat strategis dalam pembangunan ekonomi. Bahkan sesungguhnya, peran kewirausahaan sangat dibutuhkan di berbagai bidang untuk melakukan pembaharuan di negeri ini.

 
BIROKRASI ENTREPRENEURSHIP PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Senin, 04 Juni 2012 07:06

Kewirausahaan atau “entrepreneurship” makin dirasakan urgensinya saat ini. Bukan hanya untuk bisnis, kewirausahaan sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan. Bangsa Indonesia saat ini sangat membutuhkan sosok-sosok entrepreneur di berbagai bidang dan wilayah kerja,  apakah Business Entrepreneur yang berkaitan dengan dunia usaha,  Academic Entrepreneur yang berkaitan dengan pendidikan, Social Entrepreneur atau wirausaha kemasyarakatan dan Government Entrepreneur yang berkaitan dengan urusan pemerintahan.

Konsep pemerintahan wirausaha atau birokrasi entrepreneurship hadir untuk mengubah perilaku birokrasi yang cenderung tidak efisien atau mengubah pemerintahan yang bersifat tradisional atau sangat birokratis. Pemerintah entrepreneur berarti pemerintah mempunyai semangat kewirausahaan berupa kinerja birokrasi  yang inovatif dalam memberikan pelayanan publik.

 
WIRAUSAHA MUDA BERKARAKTER UNGGUL PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Sabtu, 05 Mei 2012 02:05

Wirausaha muda, gabungan dari dua kata wirausaha dan muda, yang memiliki sarat makna. Pertama, kata kunci wirausaha atau entrepreneur, adalah perwujudan seseorang yang menyukai perubahan, melakukan berbagai temuan yang membedakan dirinya dengan orang lain, mencitakan nilai tambah, memberikan manfaat  bagi dirinya dan orang lain, karyanya dibangun berkelajutan atau bukan ledakan sesaat dan dilembagakan agar kelak dapat bekerja dengan efektif di tangan orang lain (Rhenald Kasali, 1997). Adapun kata muda menunjukkan sosok yang produktif, progresif, kreatif serta inovatif, yang menunjukkan besarnya potensi sekaligus tanggung jawab, sehingga Rasulullah SAW mengingatkan mempergunakan lima kesempatan, di antaranya masa muda sebelum datangnya masa tua.

 
Entrepreneurial Leadership ala DI dan JK PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Jumat, 30 Maret 2012 14:11

Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan (DI) kembali menjadi sosok fenomenal. Aksinya mengatur kendaraan di pintu tol Semanggi di pagi hari buta membuat publik kembali terkesima. Mantan Dirut PLN itu marah melihat antrean mobil sedemikian panjang, namun hanya dua loket yang melayani pengguna tol. Menurut Dahlan, itu bertentangan dengan instruksinya, antrean di pintu masuk tol paling panjang lima mobil. (Fajar online, 20 Maret 2012).

Bukan hanya kali ini, sebelumnya berbagai terobosan dilakukan pengusaha low profile ini. Masih ingat bagaimana DI yang seorang menteri mau menaiki kereta dan ojek untuk menghadiri rapat pemerintahan di Istana Bogor. Kinerja DI juga tidak diragukan. Di tangannya, Jawa Pos berkembang menjadi salah satu grup surat kabar terbesar di tanah air. Dahlan Iskan juga mampu menunjukkan kinerjanya mengangkat kualitas PLN di tengah keraguan banyak kalangan. Kini, saat jadi Meneg BUMN berbagai terobosan dilakukan dengan mengektifkan kinerja dan merestrukturisasi ratusan BUMN.

 
Menumbuhkan Jiwa Entrepeneur Anak PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Selasa, 13 Maret 2012 02:52

Entrepreneurship (jiwa kewirausahaan) merupakan kemampuan untuk menginternalisasikan kemampuan wirausaha dan menangkap peluang usaha atau bisnis yang ada. Seorang wirausaha akan berani mengambil risiko, inovatif, kreatif, disiplin, pantang menyerah, dan mampu menyiasati peluang secara tepat. Kewirausahaan juga bisa menjadi salah satu jalan (peluang) untuk mendapatkan rezeki. Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baik pekerjaan adalah pekerjaan seorang pria dengan tangannya dan setiap jual beli yang mabrur.” (HR Ahmad, al-Bazzar, ath-Thabrani).

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 Berikutnya > Akhir >>

Online Support

Pemkot Makassar Bentuk Investmen Center

Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal menggelar diskusi membahas pengembangan potensi unggulan daerah dalam rangka pembentukan pusat investasi (investment centre) bintang lima, Selasa (26/4/2016).

Diskusi yang berlangsung di Karaeng Room Hotel Santika Makassar itu dihadiri sejumlah stakeholder, dengan narasumber Keua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel, Zulakrnai Arif, Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Sulsel yang juga Direktur Makassarpreneur, Bahrul ulum dan Pengamat Ekonomi Unhas, DR. Marzuki, DEA

Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Makassar Taufiek Rachman mengatakan, investement centre merupakan ide Walikota Makassar, Danny Pomanto yang bertujuan meningkatkan pererkomian masyarakat. Investment forum ini diharapkan akan mengembalikan kejayaan Makassar sebagai hub untuk Kawasan Indonesia Timur (KTI).

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini404
mod_vvisit_counterMinggu ini404
mod_vvisit_counterBulan ini404
mod_vvisit_counterSemua hari374072

We have: 150 guests online
IP Anda: 54.225.3.207
 , 
Today: Sep 25, 2017