• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel : Entrepreneurship
MENCARI FORMAT PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN (SEKILAS MODUL SIYB ILO) PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Kamis, 13 Januari 2011 03:09

Berbagai metode dan program pembentukan kewirausahaan telah diperkenalkan pada masyarakat dunia, termasuk diajarkan sebagai mata kuliah di berbagai universitas terkenal dunia. Isu kewirausahaan juga menjadi bahan diskusi dan perbincangan yang semakin menarik seiring tengah menyurutnya lapangan kerja formal serta kemiskinan yang makin meningkat di berbagai negara. Tidaklah mengherankan apabila Larry C. Farrel dalam bukunya Entrepreneurial Ages menyebut abad 21 sebagai abad entreprenerial atau era kewirausahaan.

Program pembentukan kewirausahaan di Indonesia telah berlangsung cukup lama yang dilakukan di lembaga formal maupun nonformal. Program pembentukan kewirausahaan ini ada yang dilakukan secara mandiri maupun dengan kemitraan dengan dukungan dana pemerintah atau lembaga donor.

 
PERAN PENTING WIRAUSAHA PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Senin, 03 Januari 2011 11:14

Kewirausahaan atau “entrepreneurship”, sering diartikan sebagai “the backbone of economy”, atau syaraf pusat perekonomian atau pengendali perekonomian suatu bangsa. Hal ini karena fakta menunjukkan bahwa sebagian besar pendorong perubahan, inovasi dan kemajuan suatu negara adalah para wirausahawan.

Saat ini telah disadari semua pihak bahwa pengembangan entrepreneurship atau kewirausahaan adalah kunci kemajuan. Melalui pengembangan kewirausahaan menjadi cara mengurangi jumlah penganggur, menciptakan lapangan kerja, mengentaskan masyarakat dari kemiskinan dan keterpurukan ekonomis. Lebih jauh lagi secara politik, meningkatkan harkat sebagai bangsa yang mandiri dan bermartabat.

 
Melatih Calon Wirausaha PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Rabu, 01 Desember 2010 03:48

Banyak pendapat yang dikemukakan para ahli tentang arti, tujuan dan manfaat pelatihan. Namun dari berbagai pendapat tersebut pada prinsipnya tidak jauh berbeda. Menurut Sikula dalam Sumantri (2000:2) mengartikan pelatihan sebagai: “proses pendidikan jangka pendek yang menggunakan cara dan prosedur yang sistematis dan terorganisir. Para peserta pelatihan akan mempelajari pengetahuan dan keterampilan yang sifatnya praktis untuk tujuan tertentu”.
Dengan demikian pelatihan adalah serangkaian aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan keahlian-keahlian, pengetahuan, pengalaman, ataupun perubahan sikap seorang individu. Pelatihan berkenaan

 
Melahirkan Wirausahawan Muda PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Rabu, 01 Desember 2010 03:47

Jumlah pelaku wirausaha di Indonesia saat ini masih relatif minim. Dari populasi yang mencapai sekitar 240 juta penduduk, porsi pelaku wirausaha hanya sekitar 0,2%. Padahal, jumlah wirausaha yang ideal untuk menggerakkan perekonomian suatu negara itu minimal 2% dari total jumlah penduduk. Sebagai pembanding, jumlah wirausahawan di Amerika Serikat mencapai 2,14% pada tahun 1983. Bahkan di Singapura, berdasarkan laporan Global Entrepreneurship Moneter (2005), jumlah entrepreneur 2,1% (2001) menjadi 7,2 % (2005). Untuk itu, bangsa ini secara bersama dan serius perlu mempersiapkan lahirnya generasi entrepreuneur untuk mencapai kemajuan ekonomi yang pesat.

 
Konsep Pendidikan Kewirausahaan PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Rabu, 01 Desember 2010 03:43

Beberapa puluh tahun yang lalu berkembang pendapat bahwa kewirausahaan tidak dapat diajarkan. Akan tetapi sekarang ini entrepreneurship atau kewirausahaan telah menjadi disiplin ilmu yang dapat diajarkan di sekolah-sekolah dan telah tumbuh dengan pesat.
Di negara maju seperti Amerika Serikat maupun Eropa, kewirausahaan telah lama menjadi isu utama. Sementara di Cina tercatat Universitas Beijing menghapus mata kuliah Marxis dan diganti dengan mata kuliah kewirausahaan. Pendidikan dan pelatihan kewirausahaan di Amerika Serikat dan Eropa berkembang pesat dalam bentuk kursus maupun diajarkan di perguruan tinggi.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 Berikutnya > Akhir >>

Online Support

Pemkot Makassar Bentuk Investmen Center

Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal menggelar diskusi membahas pengembangan potensi unggulan daerah dalam rangka pembentukan pusat investasi (investment centre) bintang lima, Selasa (26/4/2016).

Diskusi yang berlangsung di Karaeng Room Hotel Santika Makassar itu dihadiri sejumlah stakeholder, dengan narasumber Keua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel, Zulakrnai Arif, Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Sulsel yang juga Direktur Makassarpreneur, Bahrul ulum dan Pengamat Ekonomi Unhas, DR. Marzuki, DEA

Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Makassar Taufiek Rachman mengatakan, investement centre merupakan ide Walikota Makassar, Danny Pomanto yang bertujuan meningkatkan pererkomian masyarakat. Investment forum ini diharapkan akan mengembalikan kejayaan Makassar sebagai hub untuk Kawasan Indonesia Timur (KTI).

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini130
mod_vvisit_counterMinggu ini130
mod_vvisit_counterBulan ini130
mod_vvisit_counterSemua hari373798

We have: 62 guests online
IP Anda: 54.81.131.189
 , 
Today: Okt 18, 2017