• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel : Entrepreneurship
Membangun Karakter Mental Kewirausahaan Pemuda PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Senin, 19 September 2011 04:32

Kewirausahaan atau “entrepreneurship” makin dirasakan urgensinya saat ini sebagai “the backbone of economy”, atau tulang punggung perekonomian suatu bangsa. Hal ini tak lepas dari fakta bahwa sebagian besar pendorong perubahan, inovasi dan kemajuan suatu negara adalah para wirausahawan. Tanpa adanya mental kewirausahaan pada diri seseorang atau suatu bangsa, maka segala potensi, sumber energi, komoditi dan mineral yang melimpah tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kesejahteraan rakyat.

Di Indonesia, jumlah pelaku wirausaha saat ini masih relatif minim. Dari populasi yang mencapai sekitar 240 juta penduduk, porsi pelaku wirausaha hanya sekitar 0,2%, sedangkan jumlah wirausaha yang ideal untuk menggerakkan perekonomian suatu negara itu minimal 2% dari total jumlah penduduk. Sementara itu, kemiskinan dan pengangguran masih menjadi fakta tak terbantahkan yang masih melingkupi sebagian besar rakyat Indonesia.

 
Karakter Seorang Wirausahawan PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Kamis, 02 Juni 2011 02:03

 

Menjadi pengusaha sukses adalah impian bagi setiap calon pengusaha. Namun untuk mencapainya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk menjadi pengusaha sukses. Yang paling penting diantaranya adalah merubah pola pikir dan membangun karakter. Karena menjadi pengusaha adalah sebuah pekerjaan yang membutuhkan banyak pengorbanan dan menghadapi banyak resiko di dalamnya. Sehingga sebelum betul-betul terjun ke dunia usaha, seorang calon pengusaha harus mempersiapkan segalanya dengan matang, terutama menyiapkan mentalnya.

 
Virus Entrepreneurship PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Minggu, 17 April 2011 16:39

 

Kewirausahaan dewasa ini menjamur bak virus yang merajalela menggerogoti hampir semua sendi dari ‘tubuh’ Negara yang memang kondisinya sedang berada dalam sakit yang berkepanjangan, kronis, dan di puncak klimaksnya menghadapi persoalan ekonomi, pengangguran dan kemiskinan. Bahkan presiden pun menurunkan titahnya untuk mengembangkan kewirausahaan dengan mencanangkan Gerakan Kewirausahaan Nasional, sekaligus memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang berhasil mengembangkan kewirausahaan di daerahnya.. Secara tidak langsung, keadaan ini menunjukkan bahwa kewirausahaan telah disadari sebagai sebuah opsi terhadap solusi atas semua persoalan-persoalan tersebut.

 
Resep kesuksesan perusahaan-perusahaan Silicon Valley: PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Kamis, 10 Maret 2011 00:28

Sarah Lacy : Resep Sukses Silicon Valley

Just Start It! Mulailah dengan hal yang kecil, sederhana, yang anda sukai. Tidak perlu banyak rencana, apalagi business plan, lakukan saja. Business Plan baru diperlukan ketika anda ingin melakukan komersialisasi produk.

If people said you’re crazy, then you’re already in the right track. Ketika orang menertawai ide anda, janganlah berkecil hati. Hal itu berarti bahwa ide anda tidak lazim, tidak terpikirkan oleh orang pada umumnya. Dalam arti lain, ide anda sangat inovatif. Jangan lupa bahwa inovasi adalah kunci sukses seorang entrepreneur

 
BELAJAR KEWIRAUSAHAAN MELALUI GAME BISNIS PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Senin, 24 Januari 2011 04:10

Sekilas perangkat ini mengesankan kita kepada sebuah permainan yang menggunakan uang mainan (tiruan) sebagai alat transaksi. Monopoli! Itulah permainan yang dimaksud dimana hampir semua orang telah mengenalnya, bahkan pernah memainkannya. Tetapi tidak untuk yang satu ini. Karena permainan ini memiliki perbedaan atau kelebihan jika dibandingkan dengan Permainan Monopoli dan masih sangat sedikit orang yang mengetahui atau pernah memainkannya. Itupun mereka yang pernah mengikuti pelatihan kewirausahaan yang dikembangkan oleh ILO. Lho?

Ya, permainan ini adalah salah satu permainan bisnis dimana dalam pelatihan kami sering menyebutnya sebagai Game Bisnis atau Game Modul, yang terdiri dari empat Modul atau jenis permainan yang berbeda, yang bisa dimainkan secara terpisah namun memiliki hubungan yang saling membangun dalam poin pembelajarannya.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 Berikutnya > Akhir >>

Online Support

Bappeda Sosialisasi Pengembangan UMKM Lorong

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Makassar menggelar sosialisasi pengembangan usaha mikro dan industri rumah tangga lorong melalui klinik bisnis terpadu (KBT).

Acara yang diikuti sekitar seratus orang peserta ini dilaksanakan di Hotel Mercure Makassar, Senin (23/5). Acara dibuka secara resmi oleh Ismunandar, Staf Ahli walikota bidang peningkatan kualitas manusia. Hadir pula Sekretaris Bappeda Nur Kamarul Zaman dan kepala bidang ekonomi Muhammad Asfat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bahrul ulum dari Makassarpreneur, Muh. Nurfitrani dari PLUT KUMKM Sulsel, Dr. Andi Nur Bau Massepe (akademisi Unhas) dan Dr. Mukhlis Sufri (UMI Makassar), dengan dipandu Dr. Johansyah dari Bappeda Makassar.

 

Dalam sambutannya Ismunandar mengatakan, pemberdayaan ekonomi  lorong merupakan program unggulan Pemkot Makassar dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Ibarat sel dalam tubuh, lorong menjadi basis kekuatan perekonomian dengan memperkuat industri atau usaha mikro dan kecil berbasis lorong, tambahnya.

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini527
mod_vvisit_counterMinggu ini527
mod_vvisit_counterBulan ini527
mod_vvisit_counterSemua hari374195

We have: 163 guests online
IP Anda: 54.145.51.250
 , 
Today: Des 11, 2017