• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel : Bisnis Islami
Mengapa Bisnis Harus Sesuai Syariah ? PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Kamis, 10 November 2011 10:45

Ada pertanyaan menarik setiap kali konsep bisnis syariah dilontarkan dalam berbagai kesempatan. Bahkan pertanyaan ini pernah juga menjadi dialog yang berkepanjangan di salah satu milist para peminat ekonomi syariah di Indonesia. Pertanyaan itu adalah, “Mengapa harus syariah ?” Tidak jarang, ada orang yang menganggap bahwa sistem ekonomi termasuk di dalamnya bisnis yang sekarang (baca: kapitalis-liberal) dan banyak diadopsi orang, perusahaan dan berbagai negara ini adalah konsep terbaik. Final ! Khususnya mereka yang banyak mendapatkan kenyamanan (comfort) dalam sistem ini. Barangkali tidak salah, apa yang dikatakan Rhenald Kasali dalam bukunya “Change!”. Intinya dikatakan, “Awalnya seseorang membuat sistem (mekanisme tertentu). Namun berikutnya ia sendiri terjebak dalam sistem itu, hingga ia tidak mampu untuk berubah meski ke arah yang lebih baik”. Sindiran ini bisa jadi, sadar atau tidak kita lakukan juga. Termasuk saat ini, saat didera oleh berbagai krisis kehidupan.

 
SUAP-SUAP TERLAKNAT PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Minggu, 04 September 2011 09:39

Belum usai perkara dugaan suap proyek wisma atlet yang menjerat Muhammad Nazaruddin, publik negeri ini kembali dihebohkan dengan berita kasus korupsi di Kemenakertrans yang diduga juga melibatkan Menakertrans dan Badan Anggaran DPR. Kasus Suap Kemenakertrans mencuat sejak KPK menangkap tangan Sekretaris Direktorat Jenderal Pembinaan, Pembangunan Kawasan Transmigrasi (Ditjen P2KT) I Nyoman Suisnaya, Kabag Program Evaluasi di Ditjen P2KT bernama Dadong Irbarelawan dan seorang pengusaha wanita bernama Dharnawati.

Sungguh ironis, berbagai ulasan seputar kasus suap menyuap yang marak di berbagai kalangan masyarakat dan media sepertinya masih jauh lebih lambat dengan kecepatan munculnya nama-nama baru pelaku suap menyuap. Tak mengherankan apabila banyak kasus suap menyuap menguap begitu saja karena perhatian publik secara reflek beralih kepada kasus baru. Dari berbagai liputan media begitu banyak kasus suap menyuap yang melibatkan pejabat, anggota dewan, politisi bahkan penegak hukum mulai di level pemerintah daerah sampai di tingkat pusat.

 
RAMADHAN, MOMENTUM PERUBAHAN MENUJU BISNIS BERKAT DAN BERKAH PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Senin, 15 Agustus 2011 00:39

Aktivitas bisnis tidak pernah lepas dari kisah kehidupan manusia. Dari bangun tidur hingga tidur lagi, setiap dari kita akan selalu bersentuhan dengan produk bisnis, baik itu berupa barang atau jasa. Bisnis diartikan sebagai suatu kegiatan terpadu yang meliputi pertukaran barang, jasa atau uang antara dua orang atau lebih dengan maksud mencari manfaat atau keuntungan.

Melihat fakta bisnis, suatu organisasi atau pelaku bisnis akan melakukan kegiatan bisnis dalam bentuk memproduksi atau mendistribusikan barang atau jasa, mencari profit dengan menjual, menyewakan, mengerjakan sesuatu, mendistribusikan, dan aktivitas sejenis lainnya dan mencoba memuaskan keinginan konsumen.

 
INDAHNYA RAMADHAN PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Senin, 25 Juli 2011 03:14

 

 
Khutbah Rasulullah SAW Dalam Menyambut Bulan Ramadhan Yang Penuh Berkat PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Senin, 25 Juli 2011 03:00

Wahai Manusia,

Sungguh telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah, rahmat dan maghfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Allah. Hari-harinya adalah hari-hari yang paling utama. Malam-malamnya adalah malam-malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam paling utama. Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tetamu Allah dan dimuliakan oleh-Nya. Di bulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu ibadah, amal-amalmu diterima dan doa-doamu diijabah. Bermohonlah kepada Allah Rabb-mu dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Allah membimbingmu untuk melakukan shiyam dan membaca Kitab-Nya. Celakalah orang yang tidak mendapat ampunan Allah di bulan yang agung ini.

Kenanglah dengan rasa lapar dan hausmu, kelaparan dan kehausan di hari kiamat. Bersedekahlah kepada kaum fuqara dan masakin. Muliakanlah orang-orang tuamu, sayangilah yang muda, sambungkanlah tali persaudaraanmu,
jaga lidahmu, tahan pandanganmu dari apa yang tidak halal kamu memandangnya dan pendengaranmu dari apa yang tidak halal kamu mendengarnya.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 Berikutnya > Akhir >>

Online Support

Pemkot Makassar Bentuk Investmen Center

Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal menggelar diskusi membahas pengembangan potensi unggulan daerah dalam rangka pembentukan pusat investasi (investment centre) bintang lima, Selasa (26/4/2016).

Diskusi yang berlangsung di Karaeng Room Hotel Santika Makassar itu dihadiri sejumlah stakeholder, dengan narasumber Keua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel, Zulakrnai Arif, Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Sulsel yang juga Direktur Makassarpreneur, Bahrul ulum dan Pengamat Ekonomi Unhas, DR. Marzuki, DEA

Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Makassar Taufiek Rachman mengatakan, investement centre merupakan ide Walikota Makassar, Danny Pomanto yang bertujuan meningkatkan pererkomian masyarakat. Investment forum ini diharapkan akan mengembalikan kejayaan Makassar sebagai hub untuk Kawasan Indonesia Timur (KTI).

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini151
mod_vvisit_counterMinggu ini151
mod_vvisit_counterBulan ini151
mod_vvisit_counterSemua hari373819

We have: 68 guests online
IP Anda: 54.198.221.13
 , 
Today: Nov 20, 2017