• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel : Bisnis Islami
Menjadi Lebih Dari Sekedar Pengusaha Muslim PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Kamis, 30 Desember 2010 02:19

(Catatan Menutup Akhir Tahun 2010/1431 H)

Pergantian tahun dengan beragam ekspresi dan kegiatan yang digelar berbagai kalangan dalam menutup tahun 2010 dan menyambut datangnya tahun 2011 pun usai sudah. Menyisakan kelelahan dan berharap ‘secuil’ kenangan manis. Ironisnya, tidak sedikit dari mereka—yang saya yakin kebanyakan dari mereka adalah muslim—justru menutup dan mengawali pergantian tahun ini dengan perbuatan maksiat baru. Naudzubillah.

 
Strategi Bank Syariah Menarik Nasabah PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Rabu, 01 Desember 2010 03:26

STRATEGI BANK SYARI’AH MENARIK NASABAH

GOLONGAN MENENGAH DAN GOLONGAN ATAS

MELALUI TOTAL QUALITY SERVICE

Perkembangan Bank syari’ah di tanah air semakin cerah. Optimisme pun masih menjadi pegangan utama pelaku bisnis syari’ah di tengah persaingan bisnis perbankan yang semakin ketat.

 
Peran Bank Syariah Dalam Memajukan Sektor Riil PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Rabu, 01 Desember 2010 03:24

PERAN BANK SYARI`AH DALAM MEMAJUKAN SEKTOR RIIL

(Upaya Membangun Ketahanan Ekonomi Umat)

Bahrul ulum Ilham, S.Pd

Badai krisis ekonomi yang melanda Indonesia memberikan suatu tinajauan spesifik akan perlunya sistem ekonomi alternatif berupa tatanan sistem yang mempu mendorong pertumbuhan tetapi sekaligus pemerataan. Tatanan sistem yang berpihak kepada semua orang,

 
KERAPUHAN SISTEM EKONOMI KAPITALIS PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Selasa, 30 November 2010 02:26

1. PENDAHULUAN

Aktivitas ekonomi senantiasa berputar dalam dua kelompok pasar. Pasar yang pertama disebut pasar barang, yang terdiri dari pasar barang dan jasa. Pasar yang kedua disebut pasar faktor produksi, yang terdiri dari pasar lahan, pasar tenaga kerja dan pasar keuangan. Keberadaan pasar faktor produksi tentu saja adalah untuk mendukung keberadaan pasar barang.

Namun, dalam perkembangan sistem ekonomi kapitalisme, ada pasar salah satu dari pasar faktor produksi yang mengalami perkembangan teramat pesat. Pasar tersebut tidak lain adalah pasar keuangan atau yang biasa dikenal dengan financial market. Pesatnya perkembangan pasar ini bahkan sampai mengakibatkan pasar ini terlepas dari induknya, kemudian menjadi pasar yang berkembang sendiri. Keberadaan pasar ini kemudian dikenal dengan pasar non riil, sebagai lawan dari pasar riil atau pasar barang.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 Berikutnya > Akhir >>

Online Support

Bappeda Sosialisasi Pengembangan UMKM Lorong

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Makassar menggelar sosialisasi pengembangan usaha mikro dan industri rumah tangga lorong melalui klinik bisnis terpadu (KBT).

Acara yang diikuti sekitar seratus orang peserta ini dilaksanakan di Hotel Mercure Makassar, Senin (23/5). Acara dibuka secara resmi oleh Ismunandar, Staf Ahli walikota bidang peningkatan kualitas manusia. Hadir pula Sekretaris Bappeda Nur Kamarul Zaman dan kepala bidang ekonomi Muhammad Asfat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bahrul ulum dari Makassarpreneur, Muh. Nurfitrani dari PLUT KUMKM Sulsel, Dr. Andi Nur Bau Massepe (akademisi Unhas) dan Dr. Mukhlis Sufri (UMI Makassar), dengan dipandu Dr. Johansyah dari Bappeda Makassar.

 

Dalam sambutannya Ismunandar mengatakan, pemberdayaan ekonomi  lorong merupakan program unggulan Pemkot Makassar dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Ibarat sel dalam tubuh, lorong menjadi basis kekuatan perekonomian dengan memperkuat industri atau usaha mikro dan kecil berbasis lorong, tambahnya.

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini165
mod_vvisit_counterMinggu ini165
mod_vvisit_counterBulan ini165
mod_vvisit_counterSemua hari373833

We have: 91 guests online
IP Anda: 54.145.64.172
 , 
Today: Jul 23, 2017