• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel : Bisnis Islami
MUSLIMPRENEUR BERKARAKTER UNGGUL PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Jumat, 24 Juni 2011 10:14

Muslimpreneur, gabungan dua kata, muslim dan entrepreneurhsip yang memiliki sarat makna. Pertama, kata kunci muslim yang menunjukkan bahwa seorang memeluk Islam menuntut adanya totalitas. Karakter Islam yang syumul mewarnai seluruh aspek kehidupan sehingga pola pikir, emosi, perasaan dan juga fisik terwarnai dengan Islam. Dengan syahadah, seorang muslim meyakini dia memang diciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah, bahwa tidak ada yang dapat memberinya kemudharatan keculai atas izin Allah, sehingga dengan demikian tidak ada satupun yang ditakutinya. Kedua, kata entrepreneurship sebagai perwujudan sikap, jiwa, semangat mulia pada diri seseorang yang inovatif, kreatif, berupaya untuk kemajuan pribadi dan masyarakat.

Dengan demikian, Muslimpreneur sesungguhnya tak sebatas profesi atau berkaiatan dengan aktifitas dagang semata, namun lebih berkaitan dengan mindset dan karakter mental seseorang muslim yang memiliki daya juang, motivasi dan kreatifitas memanfaatkan segala peluang untuk memberikan nilai tambah,  baik barang maupun jasa dalam rangka menggapai ridha Allah SWT.

 
Teknik BE - DO - HAVE dalam Bisnis PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Rabu, 18 Mei 2011 01:28

Salah satu tools (alat bantu) yang sering dipakai oleh orang-orang yang sukses dalam bisnis adalah tools BE-DO-HAVE. Ternyata, BE-DO-HAVE bisa pula dijadikan tools dalam aktivitas apapun, semisal aktivitas pribadi, keluarga, kelompok, perusahaan, bahkan negara. Juga untuk urusan bisnis, sosial, dakwah  dan yang lainnya. Karena yang namanya alat, maka teknik ini bisa dilakukan oleh siapapun dengan latar belakang apapun pelakunya. Dalam khazanah kajian islam, teknik ini bisa dinamai sebagai kaidah kausalitas (sebab akibat) atau sunnatullah. Secara ringkas, BE adalah ilmu menjadi (BEING), DO adalah ilmu melakukan (DOING) dan HAVE adalah ilmu mempunyai (HAVING).

 
KONSEPSI EKONOMI ISLAM UNTUK PEMBANGUNAN EKONOMI PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Senin, 09 Mei 2011 00:55

Ketika menjalankan pembangunan ekonomi hal pertama yang harus jelas adalah bagaimana konsep yang digunakan? Begitu pula suatu konsep ekonomi yang telah diadopsi seperti di Indonesia, maka harus ada evaluasi untuk menilai apakah konsep yang diimplimentasikan tersebut benar dan mampu memecahkan masalah ataukah justru sebaliknya?

Dalam realitasnya pembangunan ekonomi yang dilaksanakan di Indonesia ternyata tidak dapat memecahkan permasalahan ekonomi. Waktu 65 tahun kemerdekaan, potensi SDM, SDA, luas wilayah, dan posisi yang strategis tidak dapat digunakan untuk memecahkan problem ekonomi kita, justru permasalahan semakin kompleks dan besar. Untuk itu harus ada penggalian konsepsi ekonomi yang baru untuk menggantikan konsepsi yang sudah ada. Ekonomi Islam merupakan salah satu konsepsi ekonomi yang patut dipertimbangkan untuk menggantikannya.

 
MEMBANGUN TIM PEBISNIS YANG SOLID PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Minggu, 10 April 2011 22:14

Oleh Bahrul ulum Ilham

Banyak bisnis yang tidak mampu bertahan disebabkan antara lain lemahnya manajemen tim. Bahkan tidak jarang konflik terjadi antar sesama anggota tim bisnis sehingga usaha tak kunjung berkembang bahkan bubar. Ketika beberapa pengusaha ditanya mengapa bisnisnya surut atau bubar, banyak yang menjawab “sangat sulit mendapatkan orang yang bagus yang dapat dipercaya”.  Mendapatkan SDM bisnis yang tangguh sekaligus amanah menjadi kendala banyak pengusaha saat ini.

Membangun bisnis harus bermitra dan bersinergi. Pengalaman Michael Dell, pendiri Dell Computers, membuktikan bahwa satu orang tidak mungkin melakukan semuanya sendirian, melainkan harus di back-up dengan tim yang solid dan berkinerja tinggi. Dengan tim bisnis yang tangguh segala potensi dan sumberdaya bisa dimaksimalkan. Benar bahwa bisnis itu perlu keterampilan dan  modal (meski tak melulu uang). Namun sesungguhnya keterampilan dan modal itu bisa dikembangkan oleh siapa pun. Jikapun sulit, maka anggota tim bisnis bisa saling melengkapi. Lebih dari itu, investor tentunya akan lebih percaya pada tim bisnis yang solid. Disinilah tampak pentingnya implementasi syariah dalam bisnis. Dari  mulai kejelasan akad, kerjasama usaha hingga investasi.

 
Abdurrahman bin Auf, Sukses yang Mengguncang Dunia PDF Cetak E-mail
Bisnis Islami
Jumat, 14 Januari 2011 02:30

Jika al Khawarizmi mampu mengguncang dunia di abad 8 Hijriah, maka hal yang sama juga terjadi dalam rentang 14 abad Islam menaungi 2/3 belahan dunia, merahmati alam raya. Salah satunya adalah sahabat Abdurrahman bin Auf yang telah mengguncang dunia melalui keteladanannya sebagai muslim sejati, termasuk dalam berbisnis yang dilakukannya pada abad 1 Hijriah.

Abdurrahman bin Auf termasuk generasi sahabat yang masuk Islam sangat awal, menjadi orang kedelapan yang bersahadah 2 hari setelah Abu Bakar. Beliau termasuk salah satu dari sepuluh sahabat yang dijamin masuk surga.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 Berikutnya > Akhir >>

Online Support

Bappeda Sosialisasi Pengembangan UMKM Lorong

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Makassar menggelar sosialisasi pengembangan usaha mikro dan industri rumah tangga lorong melalui klinik bisnis terpadu (KBT).

Acara yang diikuti sekitar seratus orang peserta ini dilaksanakan di Hotel Mercure Makassar, Senin (23/5). Acara dibuka secara resmi oleh Ismunandar, Staf Ahli walikota bidang peningkatan kualitas manusia. Hadir pula Sekretaris Bappeda Nur Kamarul Zaman dan kepala bidang ekonomi Muhammad Asfat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bahrul ulum dari Makassarpreneur, Muh. Nurfitrani dari PLUT KUMKM Sulsel, Dr. Andi Nur Bau Massepe (akademisi Unhas) dan Dr. Mukhlis Sufri (UMI Makassar), dengan dipandu Dr. Johansyah dari Bappeda Makassar.

 

Dalam sambutannya Ismunandar mengatakan, pemberdayaan ekonomi  lorong merupakan program unggulan Pemkot Makassar dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Ibarat sel dalam tubuh, lorong menjadi basis kekuatan perekonomian dengan memperkuat industri atau usaha mikro dan kecil berbasis lorong, tambahnya.

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini533
mod_vvisit_counterMinggu ini533
mod_vvisit_counterBulan ini533
mod_vvisit_counterSemua hari374201

We have: 167 guests online
IP Anda: 54.145.51.250
 , 
Today: Des 11, 2017