• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel : Bisnis & Ekonomi
Kapitalisme Global Menanti Ajal PDF Cetak E-mail
Bisnis & Ekonomi
Selasa, 20 Maret 2012 00:57

Tsunami ekonomi dunia kini benar-benar terjadi. Ekonomi dunia yang selama ini dikuasai Kapitalisme tengah berada di jurang kancuran. Pegunungan Alpen, Swiss, tepatnya di Davos, tempat berlangsungnya Konferensi tahunan Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum (WEF) menjadi saksi bisu.

Melihat awal berdirinya, forum ini memang sebatas pertemuan tahunan para kapitalis dunia. Dalam perkembangannya, akhirnya forum ini terbuka untuk siapa saja yang mau mendaftar. Bahkan dalam pertemuan menjelang akhir Januari lalu yang bertema besar “Transformasi Besar, Membentuk Model Baru”, semua pendekar global pun hadir.

 
Menaikkan Harga BBM = Menyengsarakan Rakyat PDF Cetak E-mail
Bisnis & Ekonomi
Kamis, 15 Maret 2012 03:10

Menteri ESDM Jero Wacik di depan raker komisi VII DPR-RI (Selasa,6/3/2012), mewakili pemerintah menyodorkan opsi kenaikan BBM sebesar Rp 1.500 per liter menjadi Rp 6.000 per liter mulai April 2012. Rencana kenaikan harga BBM itu itu juga sudah dimasukkan dalam RAPBN-P 2012 yang sudah diajukan kepada DPR.

Rencana itu menuai banyak penolakan dari hampir semua kalangan masyarakat. Bahkan menurut hasil survey LSI dengan responden dari seluruh propinsi di Indonesia, 86 % masyarakat menolak kenaikan harga BBM. Tetapi rupanya pemerintah sudah tipis nuraninya (atau mungkin tidak punya lagi) sehingga tetap ngotot mengajukan rencana kenaikan harga BBM untuk disetujui DPR. Jika DPR juga menyetujuinya, lengkap sudah kenyataan pahit negeri ini dimana pemerintah dan wakil rakyatnya telah kehilangan nurani, tidak mau repot dan lebih memilih kebijakan yang menyengsarakan rakyatnya sendiri. Mungkin jika tetap ngotot menaikkan harga BBM, kiranya pantas dikatakan bahwa pemerintah telah bohong, khianat dan zalim terhadap rakyatnya sendiri.

 
Menggagas Technopark di Makassar PDF Cetak E-mail
Bisnis & Ekonomi
Rabu, 29 Februari 2012 11:57

Di tengah gonjang ganjing berbagai isu politik mutakhir, publik tanah air juga tersedot perhatiannya dengan kehadiran mobil Kiat Esemka. Adalah walikota Solo, Joko Widodo, yang telah menjadi trigger (pemicu) kebangkitan mobil nasional dengan menjadikan Kiat Esemka sebagai mobil dinasnya. Mobil karya anak sekolah menengah kejuruan (SMK) Solo ini rencananya akan diproduksi massal dengan harga jual kisaran 90 juta per unit.

Walikota Solo, Jokowi telah juga telah memproyeksikan pabrik Esemka berada di Solo Techno Park (STP) dengan mempersiapkan fasilitas pendukung untuk produksi mobil Esemka. Tulisan ini tidak akan membahas lebih jauh tentang mobil Kiat Esemka, melainkan membahas keberadaan technopark sebagai kawasan yang menampung fasilitas litbang dan inkubasi yang mempersiapkan suatu temuan (invensi) menjadi produk yang laku di pasar.

Solo Techno Park (STP) adalah contoh technopark yang menjadi pusat vokasi dan inovasi serta riset teknologi yang digagas Jokowi dan diluncurkan Mei 2009 silam.

 
Ekonomi Makin Liberal PDF Cetak E-mail
Bisnis & Ekonomi
Rabu, 18 Januari 2012 16:36

Akhir tahun 2011 kita disuguhi dengan informasi tentang meningkatnya jumlah kekayaan orang kaya Indonesia di satu sisi, tetapi di sisi lain makin bertambahnya jumlah orang yang miskin. Kondisi ini dan data lainnya selama tahun 2011 akan semakin memperburuk kesejahteraan rakyat Indonesia kalau tidak ada perubahan yang mendasar atas kebijakan ekonomi kapitalis atau neoliberal yang selama ini diterapkan.

 
Trend : Ramai-Ramai Jadi Pejabat Publik PDF Cetak E-mail
Bisnis & Ekonomi
Kamis, 10 November 2011 11:23

Ramai-ramai menjadi pejabat publik saat ini sudah menjadi trend. Di berbagai sudut jalan bertebaran baliho, spanduk, stiker dan berbagai media promosi lainnya yang memajang gambar-gambar kontestan pemilukada atau kandidat ketua partai atau ormas. Dengan berbagai kata memikat atau sekedar ucapan selamat, mereka menebar pesona dengan harapan dapat dikenal secara luas di masyarakat.

Saat ini bukan lagi sekedar politisi berlomba menjadi pejabat. Banyak pula pengusaha pensiun dini lalu beralih menjadi pejabat, bahkan  seiring otonomi daerah maka banyak artis muncul kepermukaan mencalonkan diri jadi kepala daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota. Menjadi hal lazim pula keluarga pejabat negara di berbagai wilayah di Indonesia berlomba menjadi pejabat negara baik di legilastif maupun eksekutif. Karena popularitas orang tuanya, mertuanya, suami-isteri, kakaknya atau kerabatnya yang menjadi pejabat negara memudahkan dinasti politik menjadi kekuatan dan dikenal masyarakat. Trend jadi pejabat  saat ini seolah menjadikan jabatan sebagai posisi yang menjanjikan kemakmuran, kehormatan, dan kemudahan mendapatkan akses bagi kepentingan hidupnya.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 Berikutnya > Akhir >>

Online Support

Pemkot Makassar Bentuk Investmen Center

Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal menggelar diskusi membahas pengembangan potensi unggulan daerah dalam rangka pembentukan pusat investasi (investment centre) bintang lima, Selasa (26/4/2016).

Diskusi yang berlangsung di Karaeng Room Hotel Santika Makassar itu dihadiri sejumlah stakeholder, dengan narasumber Keua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel, Zulakrnai Arif, Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Sulsel yang juga Direktur Makassarpreneur, Bahrul ulum dan Pengamat Ekonomi Unhas, DR. Marzuki, DEA

Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Makassar Taufiek Rachman mengatakan, investement centre merupakan ide Walikota Makassar, Danny Pomanto yang bertujuan meningkatkan pererkomian masyarakat. Investment forum ini diharapkan akan mengembalikan kejayaan Makassar sebagai hub untuk Kawasan Indonesia Timur (KTI).

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini104
mod_vvisit_counterMinggu ini104
mod_vvisit_counterBulan ini104
mod_vvisit_counterSemua hari373772

We have: 33 guests online
IP Anda: 54.167.253.186
 , 
Today: Nov 19, 2017