• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel : Bisnis & Ekonomi
Melepas Jeratan Utang Luar Negeri PDF Cetak E-mail
Bisnis & Ekonomi
Kamis, 03 November 2011 05:43

Utang luar negeri Indonesia setiap tahun semakin menggunung. Namun, meski utang luar negeri yang membebani anggaran semakin besar, hingga kini belum ada perubahan radikal pada pola kebijakan berbagai rezim. Pemeritahan SBY-Boediono yang saat kampanye dulu menjanjikan perubahan pun masih mempertahankan pola kebijakan rezim sebelumnya, yakni mempertahankan defisit anggaran dan menutup defisit anggaran melalui utang. Untuk membiayai belanja negara tahun 2012 misalnya, pemerintah akan kembali berutang sebesar Rp133,56 triliun.

 
MAFIA MENGGURITA, BUAH DARI SISTEM YANG RUSAK PDF Cetak E-mail
Bisnis & Ekonomi
Rabu, 19 Oktober 2011 14:01

Para mafia semakin menggurita di negeri ini. Hampir setiap hari publik melihat, membaca, dan mendengarkan, serta menyimak berita baik lewat media cetak, televisi, radio, hingga internet tentang sepak terjang para mafia yang menggerogoti berbagai sektor baik di pemerintahan maupun swasta.
Belum usai kesadaran kita tersentak dengan ulah Gayus Tambunan terkait mafia pajak, muncul pula sindikat mafia hukum yang bermain dari tingkat penyidikan sampai penetapan putusan pengadilan. Sebelumnya, sekretaris Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, Deni Indrayana berujar, terdapat sembilan kejahatan yang berkategori big fish yaitu mafia peradilan, mafia korupsi, mafia pajak dan bea cukai, mafia kehutanan, mafia tambang energi, mafia narkoba, mafia perbankan dan pasar modal, serta mafia perikanan.

 
FENOMENA MINIMARKET PDF Cetak E-mail
Bisnis & Ekonomi
Kamis, 26 Mei 2011 10:43

Beberapa bulan terakhir Makassar seakan diserbu oleh kehadiran minimarket di beberappa titik wilayah dalam kota. Mulai dari yang dikembangkan oleh pengusaha local secara pribadi, maupun yang dikembangkan melalui sistem franchise.

Berawal dari munculnya beberapa minimarket yang didirikan dan dikelola secara pribadi oleh pengusaha local dengan berbagai bentuk pelayanan yang ditawarkan oleh masing-masing toko,bahkan ada yang memberikan pelayanan 24 jam, perlahan menunjukkan kemajuan yang cukup memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Makassar. Hingga kemudian hadir minimarket yang dikelola dan dikembangkan secara franchise (modern) turut meramaikan sekaligus juga memberikan dampak terhadap perputaran roda ekonomi dalam berbagai aspeknya.

 
MEMBANGUN KARAKTER MENTAL KEWIRAUSAHAAN PEMUDA (Menyambut Musda HIPMI Makassar 2011) PDF Cetak E-mail
Bisnis & Ekonomi
Jumat, 13 Mei 2011 18:15

Kewirausahaan atau “entrepreneurship” makin dirasakan urgensinya saat ini sebagai “the backbone of economy”, atau tulang punggung perekonomian suatu bangsa. Hal ini tak lepas dari fakta bahwa sebagian besar pendorong perubahan, inovasi dan kemajuan suatu negara adalah para wirausahawan. Tanpa adanya mental kewirausahaan pada diri seseorang atau suatu bangsa, maka segala potensi, sumber energi, komoditi dan mineral yang melimpah tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kesejahteraan rakyat.

Di Indonesia, jumlah pelaku wirausaha saat ini masih relatif minim. Dari populasi yang mencapai sekitar 240 juta penduduk, porsi pelaku wirausaha hanya sekitar 0,2%, sedangkan jumlah wirausaha yang ideal untuk menggerakkan perekonomian suatu negara itu minimal 2% dari total jumlah penduduk. Sementara itu, kemiskinan dan pengangguran masih menjadi fakta tak terbantahkan yang masih melingkupi sebagian besar rakyat Indonesia.

 
Mengubur Ekonomi Ribawi PDF Cetak E-mail
Bisnis & Ekonomi
Selasa, 10 Mei 2011 21:00

Siapa saja saat menerima uang hasil jerih payahnya, walaupun nominalnya sama dengan bulan lalu, Rp 3.000.000,- misalnya, nilainya tidak lagi sama. Setiap orang yang punya uang mengalami penurunan nilai mata uangnya. Inilah “pembobolan Uang” dalam sistem ekonomi saat ini. Pembobolan uang rakyat ini berlangsung sistemik dan diterima sebagai sebuah aturan main ekonomi modern saat ini. Itulah pembobolan uang seluruh rakyat Indonesia melalui Inflasi. Diprediksi tingkat inflasi di Indonesia pada tahun 2011 ini sekitar 7%.

Mengapa Terjadi Inflasi?

Inflasi didefinisikan sebagai kenaikan harga barang-barang secara umum yang terjadi terus-menerus. Akar masalah timbulnya inflasi bukan hanya sekadar naiknya permintaan atau turunnya pasokan barang di pasar, melainkan karena nilai mata uang mengalami proses pelemahan. Melemahnya nilai mata uang dapat disebabkan oleh dua hal: Tarikan Permintaan (kelebihan likuiditas/uang/alat tukar) dan Tekanan Produksi karena kurangnya produksi barang dan jasa, termasuk kurangnya kemampuan distribusi barang dan jasa.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 Berikutnya > Akhir >>

Online Support

Pemkot Makassar Bentuk Investmen Center

Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal menggelar diskusi membahas pengembangan potensi unggulan daerah dalam rangka pembentukan pusat investasi (investment centre) bintang lima, Selasa (26/4/2016).

Diskusi yang berlangsung di Karaeng Room Hotel Santika Makassar itu dihadiri sejumlah stakeholder, dengan narasumber Keua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel, Zulakrnai Arif, Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Sulsel yang juga Direktur Makassarpreneur, Bahrul ulum dan Pengamat Ekonomi Unhas, DR. Marzuki, DEA

Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Makassar Taufiek Rachman mengatakan, investement centre merupakan ide Walikota Makassar, Danny Pomanto yang bertujuan meningkatkan pererkomian masyarakat. Investment forum ini diharapkan akan mengembalikan kejayaan Makassar sebagai hub untuk Kawasan Indonesia Timur (KTI).

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini612
mod_vvisit_counterMinggu ini612
mod_vvisit_counterBulan ini612
mod_vvisit_counterSemua hari374280

We have: 195 guests online
IP Anda: 54.227.51.103
 , 
Today: Des 13, 2017