• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel : Bisnis & Ekonomi
REKOMENDASI AKHIR TAHUN MAKASSARPRENEUR PDF Cetak E-mail
Bisnis & Ekonomi
Kamis, 25 Desember 2014 00:00

Rekomendasi Akhir Tahun Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Makassarpreneur

Bidang Ekonomi

—Akselerasi Pengentasan Kemiskinan Berbasis Entrepreneurship—

Tak terasa kita telah berada di penghujung tahun 2014. Berbagai peristiwa telah terjadi di Indonesia selama tahun 2014 ini. Beberapa  peristiwa penting untuk ditelaah kembali menyangkut bidang politik, ekonomi, berbagai aktivitas dan kebijakan DPR/MPR, Presiden, Wakil Presiden maupun Kabinet.

Politik tahun 2014 merupakan tensi politik tertinggi sejak 2009. Adanya dua pemilihan umum (pemilu), pemilu legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres), semakin menambah panas konstelasi politik nasional. Head to head dua calon presiden (capres) membuat faksi-faksi politik sangat kental, tidak hanya dikalangan elite, namun sampai ke masyarakat bawah.

Pencabutan subsidi BBM diawal pemerintahan Jokowi-JK menjadi kado pahit bagi rakyat. Kenaikan harga BBM niscaya selalu berdampak pada segala sektor, termasuk harga pangan, transportasi, dan lain sebagainya. Kenaikan BBM di berbagai rezim pemerintahan memberikan  pelajaran berharga  bahwa kenaikan harga BBM bersubsidi akan berkontribusi pada inflasi,  meningkatkan jumlah masyarakat miskin, harga barang-barang naik, daya beli masyarakat menurun, bertambahnya jumlah pengangguran serta jumlah usaha kecil akan menurun akibat mereka semakin terpukul dari penambahan beban biaya produksi.

 
Jiwa Wirausaha Abdurrahman Bin Auf PDF Cetak E-mail
Bisnis & Ekonomi
Rabu, 01 Januari 2014 12:28

Mari kita renungkan sepenggal kisah salah seorang entrepreneur dari Sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam

Adalah Abdurrahman bin Auf radhiallahu ‘anhu, salah seorang yang berangkat hijrah ke negeri Madinah dari Mekah tanpa berbekal apapun, beliau melangkah menuju Allah dan Rasul-Nya. Sesampainya para sahabat di Madinah, masing-masing mendapatkan seorang rekan dari penduduk Madinah yang dijalinkan persahabatan mereka oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Abdurrahman bin Auf mendapatkan rekan Sa’ad Bin Rabi Al Anshari radhiallahu ‘anhuma. Saking kuat persahabatan yang dijalinkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam antara mereka, Sa’ad bin Rabi’ serta merta berkata pada Abdurrahman. “Silahkan ambil separuh hartaku untukmu.” Namun, apa jawaban Abdurrahman? Beliau menolak dengan halus seraya berkata, “Terima Kasih, Semoga Allah memberkahi hartamu, tunjukkan saja padaku di mana letak pasar!”

 
Menguatkan Spirit Saudagar Inovatif (Menyambut Pertemuan Saudagar Bugis Makassar ke-13) PDF Cetak E-mail
Bisnis & Ekonomi
Jumat, 24 Agustus 2012 15:16

Kota Makassar kembali menjadi tuan rumah berkumpulnya para warga Sulsel dari perantauan dalam ajang silaturrahmi dan temu bisnis. Acara bertajuk “Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XIII” kembali akan digelar pada tanggal 25-26 Agustus 2012 di Makassar. Direncanakan pertemuan tahun ini akan menghadirkan 300 saudagar Bugis-Makassar dari seluruh Indonesia, belum termasuk peserta dari mancanegara.

Pelaksanaan PSBM yang telah menjadi agenda tahunan ini telah menjadi spirit ekonomi nasional, disamping tentunya berkontribusi positif bagi perekonomian Sulawesi Selatan.Dengan pertemuan para saudagar akan terjalin hubungan yang baik (networking) sesama saudagar dari berbagai daerah maupun di dunia internasional sehingga ada sinergitas dalam memperkuat dunia usaha. Pelaksanaan PSBM juga tidak lagi sekedar ajang lepas rindu pada kampung halaman, namun telah menjadi konsolidasi ekonomi untuk membangun daerah dengan memanfaatkan segenap potensi finansial warga Sulsel yang disinergikan dengan potensi sumber daya alam Sulawesi Selatan.

 
Sinergi ABG Mendorong Inovasi (Menyambut Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 10 Agustus 2012) PDF Cetak E-mail
Bisnis & Ekonomi
Sabtu, 11 Agustus 2012 09:32

Tanggal 10 Agustus merupakan salah satu hari bersejarah nasional yang diperingati sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, disingkat Hakteknas. Tonggak sejarah peringatan Hakteknas dimulai pada 17 tahun yang lalu yang ditandai penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995. Peringatan Hakteknas ini bertujuan untuk menghargai keberhasilan putra-putri Indonesia dalam memanfaatkan, menguasai dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi juga untuk memberi dorongan kepada mereka untuk terus menerus membangkitkan daya inovasi dan kreasi guna kesejahteraan dan peradaban Indonesia.

Peringatan Hakteknas 2012 dipusatkan di kota Bandung dengan mengambil tema “Inovasi Untuk Kemandirian bangsa”. Pemilihan tema ini merupakan harapan  agar bangsa Indonesia mampu mandiri dengan sumber daya yang dimiliki, memecahkan berbagai problem, mengembangkan inovasi dan riset di bidang ilmu pengetahuan dan teknlogi, serta memiliki keunggulan dan daya saing. Semua kemampuan tersebut dapat terwujud dengan mendorong inovasi dengan melibatkan sinergi  3 (tiga) unsur utama dalam ABG (Academics, Bussiness, dan Government) yang dikenal dengan konsep triple helix.

 
Tips Bisnis dengan Moko (Mobil Toko) PDF Cetak E-mail
Bisnis & Ekonomi
Sabtu, 05 Mei 2012 07:58

Jualan dengan mobil toko (moko) menjadi alternatif menjalankan bisnis saat ini. Alasan kepraktisan dan fleksibilitas cara berdagang, serta biaya murah dibandingkan beli/sewa ruko menjadikan binis dengan moko sebagai alternatif berwirausaha. Bisnis dengan moko juga didukung tren di kota-kota besar  dimana semakin banyak aktifitas warga berbasis komunitas, juga peluang pusat-pusat kegiatan bisnis yang keramaiannya berlangsung singkat.

Peluang bisnis dengan moko di Sulsel erbuka lebar karena Gubernur Syahrul Yasin Limpo telah meluncurkan mobil lokal  mokotipe n-1 rindra tetta. Moko ini segaja  didesain seperti mobil box pada umumnya, namun bila box belakang dibuka, maka akan tampak rak-rak yang disusun rapi yang terbuat dari plat alumunium berkelas. Kendaraan yang dibanderol dengan kisaran 65 juta/unit sangat cocok menjadi kendaraan bisnis anda. Berikut beberapa tips bagi anda yang akan menjalankan bisnis dengan mobil toko (moko)

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 Berikutnya > Akhir >>

Online Support

Pemkot Makassar Bentuk Investmen Center

Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal menggelar diskusi membahas pengembangan potensi unggulan daerah dalam rangka pembentukan pusat investasi (investment centre) bintang lima, Selasa (26/4/2016).

Diskusi yang berlangsung di Karaeng Room Hotel Santika Makassar itu dihadiri sejumlah stakeholder, dengan narasumber Keua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel, Zulakrnai Arif, Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Sulsel yang juga Direktur Makassarpreneur, Bahrul ulum dan Pengamat Ekonomi Unhas, DR. Marzuki, DEA

Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Makassar Taufiek Rachman mengatakan, investement centre merupakan ide Walikota Makassar, Danny Pomanto yang bertujuan meningkatkan pererkomian masyarakat. Investment forum ini diharapkan akan mengembalikan kejayaan Makassar sebagai hub untuk Kawasan Indonesia Timur (KTI).

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini534
mod_vvisit_counterMinggu ini534
mod_vvisit_counterBulan ini534
mod_vvisit_counterSemua hari374202

We have: 145 guests online
IP Anda: 54.227.51.103
 , 
Today: Des 13, 2017