• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel : Entrepreneurship
Setahun Gerakan Kewirausahaan Nasional : Rasio Wirausaha jadi 1,56% PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Jumat, 09 Maret 2012 00:29

Dalam setahun gerakan kewirausahaan nasional   (GKN) yang  dimulai sejak 2 Februari 2011 lalu, rasio kewirausahaan di tanah air telah meningkat dari 0.24% menjadi 1,56% atau dalam angka 3,744 juta wirausaha.

Selanjutnya  pemerintah berharap agar rasio ini terus meningkat menjadi 2 persen di tahun 2013 mendatang. Demikian diungkap Syarif Hasan, Menkop Koperasi dan UKM RI dalam perayaan ulang tahun pertama Gerakan Kewirausahaan Nasional  di gedung SMESCO Jakarta, 8 Maret 2012.

Dalam acara yang turut dihadiri Presiden SBY  ini diluncurkan pula program pemberdayaan kaki lima, pemberian pinjaman bergulir serta pelatihan kewirausahaan nasional. Presiden SBY juga melakukan telekonferensi  dengan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, Gubernur Bali Made Mangku Pastika, dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu'mang untuk mengetahui perkembangan kewirausahaan di tiga daerah itu.

 
Semai Benih Pengusaha Dari Kampus PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Minggu, 04 Maret 2012 11:22

Jumlah pengangguran terdidik semakin besar di tanah air. Kemendikbud mencatat, dalam setiap tahun sekitar 30 persen lulusan perguruan tinggi (PT) tidak terserap di dunia kerja. Pada periode 2009-2010 lalu, jumlah lulusan PT, baik swasta maupun negeri yang masih menganggur diperkirakan mencapai 600 ribu dan berpotensi naik setiap tahun.

Gejala ini karena tidak imbangnya jumlah pelamar kerja dengan lowongan yang tersedia serta masih minimnya jiwa kewirausahaan. Berkaitan hal ini, Dosen Studi Kelayakan Bisnis dari Universitas Fajar (UNIFA) Makassar, Muliana, SE mengatakan kurangnya lulusan pendidikan tinggi menggeluti kewiruasahaan tidak semata faktor tak adanya jiwa kewirausahaan namun bagaimana institusi pendidikan berhasil membentuk atau menanamkan semangat, jiwa, dan sikap kewirausahaan

 
ENTREPRENEURSHIP TAK SEBATAS JUAL BELI PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Minggu, 04 Maret 2012 11:08

Dunia entrepreneurship makin berkembang di tanah air. Kini muncul kesadaran baru akan entrepreneurship dilihat dari tingginya minat berbagai kalangan masyarakat mengikuti acara bertema kewirausahaan. Berbagai organisasi, lembaga pendidikan sampai pemerintah menjadikan kewirausahaan sebagai program andalan.

Melihat kecendrungan ini, trainer kewirausahaan dari Makassarpreneur, Rahmatia Nuhung, melihat sebagai pertanda baik bagi masa depan bangsa. “Tak ada jalan lain bagi bangsa ini mengatasi kemiskinan dan pengangguran kecuali menggerakkan dunia kewirausahaan”papar perempuan yang akrab disapa Tya ini.

Sekretaris Makassarpreneur ini mengemukakan, entreprenurship sesungguhnya tak sebatas profesi, namun lebih berkaitan dengan mindset dan mental seseorang yang dibutuhkan di beragam bidang kehidupan. “Karena berkaitan mindset dan mental, tak mudah memang menciptakan seorang entrepreneur. Selain kesadaran diri sendiri, butuh dukungan keluarga, lingkungan yang kondusif serta peran pemerintah,” ujar ibu satu anak ini.

 
Membangun Karakter Mental Kewirausahaan Pemuda PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Rabu, 19 Oktober 2011 13:12

Membangun Karakter Mental Kewirausahaan Pemuda (Menyambut Munas XIV HIPMI di Makassar)
Bahrul ulum
(Direktur Makassarpreneur/Koordinator Lajnah Khusus Pengusaha HTI Sulsel)

KEWIRAUSAAN atau “entrepreneurship” makin dirasakan urgensinya saat ini sebagai “the backbone of economy”, atau tulang punggung perekonomian suatu bangsa. Hal ini tak lepas dari fakta bahwa sebagian besar pendorong perubahan, inovasi dan kemajuan suatu negara adalah para wirausahawan. Tanpa adanya mental kewirausahaan pada diri seseorang atau suatu bangsa, maka segala potensi, sumber energi, komoditi dan mineral yang melimpah tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kesejahteraan rakyat.

 
Saatnya Entrepreneur Muda (Menyambut Pertemuan Entrepreneur Muda Sulsel) PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Senin, 19 September 2011 04:46

Saat ini telah disadari semua pihak bahwa pengembangan entrepreneurship atau kewirausahaan adalah kunci kemajuan. Melalui pengembangan kewirausahaan menjadi cara mengurangi jumlah penganggur, menciptakan lapangan kerja, mengentaskan masyarakat dari kemiskinan dan keterpurukan ekonomis. Lebih jauh lagi secara politik, meningkatkan harkat sebagai bangsa yang mandiri dan bermartabat.

Tanpa jiwa kewirausahaan maka sumber energi, komoditi dan mineral yang melimpah di Indonesia tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kesejahteraan rakyat. Semua tahu bahwa Indonesia adalah negeri dengan potensi sumber daya alam yang luar biasa.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 Berikutnya > Akhir >>

Online Support

Pemkot Makassar Bentuk Investmen Center

Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal menggelar diskusi membahas pengembangan potensi unggulan daerah dalam rangka pembentukan pusat investasi (investment centre) bintang lima, Selasa (26/4/2016).

Diskusi yang berlangsung di Karaeng Room Hotel Santika Makassar itu dihadiri sejumlah stakeholder, dengan narasumber Keua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel, Zulakrnai Arif, Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Sulsel yang juga Direktur Makassarpreneur, Bahrul ulum dan Pengamat Ekonomi Unhas, DR. Marzuki, DEA

Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Makassar Taufiek Rachman mengatakan, investement centre merupakan ide Walikota Makassar, Danny Pomanto yang bertujuan meningkatkan pererkomian masyarakat. Investment forum ini diharapkan akan mengembalikan kejayaan Makassar sebagai hub untuk Kawasan Indonesia Timur (KTI).

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini223
mod_vvisit_counterMinggu ini223
mod_vvisit_counterBulan ini223
mod_vvisit_counterSemua hari373891

We have: 67 guests online
IP Anda: 54.167.195.84
 , 
Today: Agus 20, 2017