• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel : Seputar UKM
Pendampingan UMKM: Tantangan, Masalah dan Solusi PDF Cetak E-mail
Seputar UKM
Jumat, 18 Mei 2012 15:42

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan penopang perekonomian bangsa. Kita bahkan tidak dapat menafikan betapa sangat besar peran UMKM dalam menekan angka pengangguran, menyediakan lapangan kerja, mengurangi angka kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan dan membangun karakter bangsa melalui kewirausahaan.

Pada pertengahan 2011, data pertumbuhan UMKM di Indonesia menunjukkan angka lebih dari 53 juta, dengan jumlah tenaga kerja terserap mencapai angka 102 juta. Hal ini semakin menunjukkan besarnya potensi UMKM dalam peningkatan kesejahteraan rakyat.

 
TIPS PEMBUKUAN BAGI UMKM PDF Cetak E-mail
Seputar UKM
Kamis, 08 Maret 2012 23:44

Setelah beberapa kali turun ke lapangan mendampingi pelaku UMKM, sejumlah pengalaman berharga sangat penting untuk dibagikan. Ada beberapa hal yang menggelitik rasa empati kami kepada pelaku UMKM sehingga tergerak untuk membagikan sedikit pengetahuan terkait tata kelolausaha secara umum maupun khusus dalam bidang-bidang tertentu.

Beragam keluhan muncul dalam pendampingan. Ada yang mengeluhkan produksinya yang terkendala modal kerja. Ada juga karena tidak adanya pencatatan membuat pelaku UMKM tidak mengetahui dengan pasti jumlah laba yang diperoleh setiap bulannya,sehingga mereka juga tidak mengetahui dengan pasti berapa uang tunai yang mereka miliki pada akhir periode tertentu.

 
MEMACU DAYA SAING UMKM MELALUI DESAIN KEMASAN PDF Cetak E-mail
Seputar UKM
Kamis, 28 Juli 2011 09:24

Saat ini sangat banyak produk lokal yang dihasilkan UKM yang memiliki potensi bersaing yang cukup tinggi di pasar modern. Sayangnya, masih banyak produk lokal yang dihasilkan UKM masih lemah dalam desain kemasan disamping pasokan dan kuantitas masih sering terkendala.

Pentingnya inovasi dan desain kemasan ini mengemuka dalam pelatihan manajemen yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu. Dalam pelatihan selama 2 hari materi difokuskan pada pengambangan aspek manajemen, utamanya pemasaran dan pengembangan akses pasar. Selain itu, peserta dibekali pula aspek pengembangan inovasi, desain dan kemasan produk serta materi seputar akses permodalan. Pemaparan tentang pentingnya desain kemasan bagi UKM diulas dalam tulisan berikut ini.

 
Dari Semnas KUMKM Makassarpreneur "MEMACU KUALITAS DAN KUANTITAS KUMKM PELUANG DAN TANTANGAN" PDF Cetak E-mail
Seputar UKM
Senin, 21 Maret 2011 11:04

Komunitas usaha kecil dan menengah (UMKM) bagian dari sistem ekonomi Indonesia yang sangatstrategis dalam mendorong dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi ditinjau dari berbagai aspek yang dimilikinya, yaitu :

  1. Kemampuan menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar dengan tingkat pendidikan dan keterampilan yang relatif rendah diperkirakan daya serap pada sektor UMKM mencapai 79,04 juta tenaga kerja atau 99,4 % dari total angkatan kerja yang bekerja.
  2. Aktivitas bisnis UMKM mengisi semua sektor ekonomi diantaranya pertanian, perdagangan, jasa, industri dan sebagainya.
  3. Kontribusi UMKM dalam pembentukan PDB cukup signifikan yakni mencapai sedikitnya 56,72 % dari total PDB
  4. Proses produksi lebih banyak memanfaatkan bahan baku lokal, dan
  5. Agregasi atau jaringan UMKM memperkuat perekonomian lokal maupun nasional.
 
Catatan Semnas KUMKM Makassarpreneur "STRATEGI PEMASARAN UKM DAN KOPERASI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL" PDF Cetak E-mail
Seputar UKM
Sabtu, 19 Maret 2011 01:21

Pendahuluan
Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.  Banyak ahli yang telah memberikan definisi atas pemasaran ini.

Definisi yang diberikan sering berbeda antara ahli yang satu dengan ahli yang lain. Perbedaan ini disebabkan karena adanya perbedaan para ahli tersebut dalam memandang dan meninjau pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran ini, aktivitas pertukaran merupakan hal sentral. Pertukaran merupakan kegiatan pemasaran dimana seseorang berusaha menawarkan sejumlah barang atau jasa dengan sejumlah nilai keberbagai macam kelompok social untuk memenuhi kebutuhannya. Pemasaran sebagai kegiatan manusia diarahkan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 Berikutnya > Akhir >>

Online Support

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini497
mod_vvisit_counterMinggu ini497
mod_vvisit_counterBulan ini497
mod_vvisit_counterSemua hari374165

We have: 117 guests online
IP Anda: 54.145.51.250
 , 
Today: Des 11, 2017