• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Catatan Perjalanan : Business Camp, Belajar Bisnis di Alam Terbuka
Business Camp, Belajar Bisnis di Alam Terbuka PDF Cetak E-mail
Oleh Bahrul Ulum   
Selasa, 07 Desember 2010 11:30

Berawal dari ide beberapa alumni pelatihan SIYB di LPK Yama bahagia yang ingin mengasah mental wirausaha, diadakanlah kegiatan business camp. Kegiatan ini juga salah satu model pendampingan atau dukungan pasca pelatihan yang dilakukan oleh trainer. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 60 orang alumni pelatihan SIYB Yama Bahagia dengan berlokasi di Loka, salah satu daerah dataran tinggi di Kabupaten Bantaeng. Business Camp adalah nama kegiatan outdoor atau belajar di alam yang biasa dikenal dengan istilah outbond. Outbound training merupakan konsep pelatihan yang dilakukan dalam situasi tidak formal di alam terbuka sebagai media penyampaian berbagai materi yang berhubungan dengan penggalian kompetensi diri. Metode ini memadukan unsur kerja sama, mengasah kreatifitas, meningkatkan rasa percaya diri dan jiwa kepemimpinan. Outbound training memadukan olah raga alam terbuka (outdoor sport), permainan ketangkasan dan petualangan dengan konsep kembali ke alam (back to nature) yang ditujukan untuk membentuk, mengarahkan, menyampaikan visi, sekaligus berekreasi bagi pesertanya.

Business Camp dilaksanakan selama 2 hari. Di hari pertama, peserta di ajak untuk merefresh kembali materi-materi tentang karakter seorang wirausaha. Selain itu, diadakan juga curah pendapat tentang bisnis yang sementara dijalankan. Selanjutnya peserta dibagi menjadi bebera tim untuk mengikuti kegiatan fun games. Kegiatan fun games dimulai dengan Ice Breaking untuk mencairkan suasana dan memecah kebekuan peserta. Selanjutnya diadakan trekking berupa petualangan dari satu pos ke pos lainnya. Di setiap pos diadakan kuis, permainan atau studi pemecahan masalah bisnis yang harus diselesaikan masing-masing tim. Di malam hari dilaksanakan diskusi seputar manajemen bisnis.

Hari kedua dimulai dengan kegiatan olah raga untuk memberikan suasana kebersamaan dan menciptakan kesegaran dan semangat baru lalu dilanjutkan dengan kegiatan ketangkasan lainnya yang sangat lucu dan menarik. Kegiatan pada tahapan ini lebih dominan dalam bentuk petualangan, sehingga diharapkan akan memberikan bobot analisis kemampuan meningkatkan Knowledge Attitude Skill yang berhubungan dengan dunia bisnis. Diakhir pelatihan diadakan ramah tamah dan kesan pesan dari peserta yang mengaku sangat senang belajar di alam, terutama meningkatkan kerjasama tim, percaya diri, kemampuan memecahkan masalah dan soft skill lainnya untuk membangun jiwa wirausaha yang tangguh.

 

Add comment


Security code
Refresh

Online Support

Pemkot Makassar Bentuk Investmen Center

Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal menggelar diskusi membahas pengembangan potensi unggulan daerah dalam rangka pembentukan pusat investasi (investment centre) bintang lima, Selasa (26/4/2016).

Diskusi yang berlangsung di Karaeng Room Hotel Santika Makassar itu dihadiri sejumlah stakeholder, dengan narasumber Keua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel, Zulakrnai Arif, Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Sulsel yang juga Direktur Makassarpreneur, Bahrul ulum dan Pengamat Ekonomi Unhas, DR. Marzuki, DEA

Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Makassar Taufiek Rachman mengatakan, investement centre merupakan ide Walikota Makassar, Danny Pomanto yang bertujuan meningkatkan pererkomian masyarakat. Investment forum ini diharapkan akan mengembalikan kejayaan Makassar sebagai hub untuk Kawasan Indonesia Timur (KTI).

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini96
mod_vvisit_counterMinggu ini96
mod_vvisit_counterBulan ini96
mod_vvisit_counterSemua hari373764

We have: 26 guests online
IP Anda: 54.81.71.187
 , 
Today: Apr 22, 2018