• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Direktori Bisnis : Tepung Ganyu
Tepung Ganyu PDF Cetak E-mail
Direktori Bisnis
Kamis, 16 Desember 2010 11:49

PENGEMBANGAN TEPUNG GANYU SEBAGAI SUBSTITUSI/PENAMBAH TERIGU

(Upaya Diversifikasi Ketahanan Pangan)

 

Usaha penganekaragaman pangan sangat penting artinya sebagai usaha untuk mengatasi masalah ketergantungan pada satu bahan pangan pokok saja, salah satu diantarnya pengembangan tepung ganyu. Tepung ganyu ini merupakan penemuan terbaru dalam dunia industri bahan mentah atau food commodities, sebagai pengganti/penambah terigu dengan harga yang lebih murah dan lebih bagus dari segi kualitas tepung. Hal ini menjadikan tepung ganyu sebagai bahan pengganti maupun bahan penambah dari tepung yang akan meningkatkan kualitas produk namun dalam saat yang bersamaan menekan biaya produksi menjadi lebih murah.

 

  • APA ITU GANYU ?

Ganyu atau di Jawa disebut Ganyong (Canna discolor L. syn. C. edulis, suku kana-kanaan atau Cannaceae) adalah sejenis tumbuhan penghasil umbi yang cukup populer namun kelestariannya semakin terancam karena tidak banyak orang yang menanam dan mengonsumsinya. Umbi Ganyu mengandung pati, meskipun tidak sebanyak ubi jalar. Ganyu masih berkerabat dekat dengan kana hias. Canella (pati Ganyu) berasal dari umbi Ganyu yang tumbuh pada lahan pertanian atau pekarangan dengan kondisi marginal sekalipun. Pati Ganyu umumnya berasal dari umbi Ganyu putih dengan kandungan amilosa yang cukup tinggi (menghasilkan gel yang kokoh) sehingga cocok untuk pembuatan aneka kue lapis / soonkrecek nabati / jenang / cendol, dll.Ganyu memiliki tekstur dan rasa mirip ubijalar. Hanya, kelemahan Ganyu jika dikonsumsi langsung adalah banyaknya kandungan serat di dalamnya, sedang bentuk patinya akan membentuk gel ketika dimasak. Namun, beberapa uji coba sudah membuktikan bahwa untuk produksi cookies, tepung Ganyu dapat diandalkan sebagai pengganti tepung terigu, hingga 100%. Pada pembuatan cookies, jumlah pati Ganyu yang diperlukan bahkan hanya 1/3 dari jumlah terigu yang biasa dipakai.

Hasil uji coba tepung Ganyu dijadikan bahan baku kue kering, roti, kerupuk, mi dan makanan lainnya, telah berhasil. Terutama rasa makanan yang tidak berubah. Ternyata, tepung ini betul-betul bisa menjadi pengganti tepung terigu.

Ganyu sekarang dibudidayakan teratur di Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Jambi, Lampung, dan Jawa Barat. Adapun di Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Maluku, Ganyu masih merupakan tumbuhan liar di pekarangan dan di pinggir hutan.

  • KOMPOSISI DAN KANDUNGAN GIZI

Komposisi (per 100gr) Komponen Kadar (mg) Kalori 95 kal Karbohidrat 22.600 Protein 1000 Lemak 100 Phospor 70 Kalsium 21 Besi 20 Vitamin B1 0,10, Vit C 10 gram Terdapat juga 6 substansi phenol, 2 terpene, dan 4 coumarin. Zat lain yang ada di dalamnya adalah glukose, lemak, alkaloid, dan getah Zat Gizi Pati Ganyu (%) Pati 70,16 Amilosa 38,53 Amilopektin 31,63 Protein 2,18 Kadar Air 16,33 Kadar Abu 2,18 Serat Kasar 1,01.

  • NILAI EKONOMIS GANYU
  1. Agribisnis Ganyu mempunyai kelayakan teknis dan ekonomis untuk mempercepat program diversifikasi pangan, meningkatkkan kesejahteraan para petani dan mendukung kelestarian lingkungan hidup.
  2. Potensi dan prospek pasar agribisnis Ganyu mencakup,:
  1. Industri makanan olahan skala kecil, menengah, dan besar.
  2. Industri makanan bayi (captive market 360 ton pertahun)
  3. Industri farmasi
  4. Industri pakan ternak (captive market 10.000 ton pertahun)
  5. Pasar ekspor f. Pasar bio etanol
  • PROSES PENGOLAHAN GANYU
  1. Umbi Ganyu
  2. Pembersihan dan pencucian
  3. Pemarutan
  4. Ekstraksi
  5. Penyaringan
  6. Pengendapan pati
  7. Pengeringan
  8. Pengilingan dan penayakan
  9. Didapatkan Pati Ganyu
  • PROSPEK PEMASARAN

Potensi dan prospek pasar merupakan salah satu elemen yang memegang peranan sangat penting dalam suatu kegiatan usaha agribisnis. Potensi dan prospek pasar agribisnis Ganyu sangat beragam, strategis, dan mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi. Untuk produksi skala kecil tepung Ganyu bisa diproduksi perorangan karena prosesnya cukup mudah. Pati Ganyu diperoleh dari hasil ekstraksi umbi Ganyu melalui proses pencucian, pengupasan, pamarutan, penyaringan, perendaman, pengeringan, penggiling dan pengayakan.

  • RENCANA PENGEMBANGAN

Dengan melihat besarnya potensi dan prospek tepung ganyu di atas, MakassarPreneur berencana untuk mengembangkan dan memasarkan tepung ganyu sebagai alternatif dan bahan penambah tepung terigu. Adapun lokasi untuk penanaman dan pembuatan tepung ganyu berada di desa Buakkang Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Di desa ini potensi tepung ganyu cukup besar namum belum dikelola secara maksimal dan hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal masyarakat. Di desa ini telah diadakan pelatihan Wirausaha oleh MakassarPreneur dan diharapkan menjadi desa percontohan untuk budidaya dan pengembangan ganyu di Sulawesi Selatan.

Diharapkan melalui pendampingan yang dilakukan MakassarPreneur akan memunculkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan produk dan kemampuan marketing yang baik akan meningkatkan rasa cinta terhadap produk atau bahan lokal.

Demikian bookleat ini disajikan sebagai bahan informasi dan masukan bagi pengusaha untuk menanamkan modal atau bermitra untuk pengembangan tepung ganyu. Bumi Indonesia sangat kaya akan sumber daya pangan sumber karbohidrat selain beras yang masih belum banyak dimanfaatkan untuk memenuhi pedoman gizi seimbang, yaitu penganekaragaman pangan menuju masyarakat sehat. Untuk itu marilah kita coba untuk memanfaatkannya.

Hubungi Kami : MakassarPreneur, Jl. Monginsidi Baru Blok AB 4/7 Makassar, Tlp/Hp : (0411) 453992, 081342647080

Kelompok Tani Desa Buakkang-Bungaya-Gowa

 

Comments  

 
0 #2 yus 2011-01-19 00:23
apa ini bukan yg dimksud sikapa klo di kmpung ya? biasax gatal klo gak dcuci brsih, hsilx mirip2 ubi kayu klo di kukus... :eek:
Quote
 
 
0 #1 ramadlan 2010-12-18 16:13
saatnya kita wujudkan kedaulatan pangan dengan diversifikasi pangan selain terigu.upaya pengembangan ganyu harus didukung supaya kita tidak terus bergantung pada terigu yang harus diimpor.salut sama Makassarpreneur .sukses dan terus berkarya
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Online Support

Bappeda Sosialisasi Pengembangan UMKM Lorong

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Makassar menggelar sosialisasi pengembangan usaha mikro dan industri rumah tangga lorong melalui klinik bisnis terpadu (KBT).

Acara yang diikuti sekitar seratus orang peserta ini dilaksanakan di Hotel Mercure Makassar, Senin (23/5). Acara dibuka secara resmi oleh Ismunandar, Staf Ahli walikota bidang peningkatan kualitas manusia. Hadir pula Sekretaris Bappeda Nur Kamarul Zaman dan kepala bidang ekonomi Muhammad Asfat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bahrul ulum dari Makassarpreneur, Muh. Nurfitrani dari PLUT KUMKM Sulsel, Dr. Andi Nur Bau Massepe (akademisi Unhas) dan Dr. Mukhlis Sufri (UMI Makassar), dengan dipandu Dr. Johansyah dari Bappeda Makassar.

 

Dalam sambutannya Ismunandar mengatakan, pemberdayaan ekonomi  lorong merupakan program unggulan Pemkot Makassar dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Ibarat sel dalam tubuh, lorong menjadi basis kekuatan perekonomian dengan memperkuat industri atau usaha mikro dan kecil berbasis lorong, tambahnya.

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini618
mod_vvisit_counterMinggu ini618
mod_vvisit_counterBulan ini618
mod_vvisit_counterSemua hari374286

We have: 139 guests online
IP Anda: 54.196.201.241
 , 
Today: Des 11, 2017