• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Profil : Talk Show
Talk Show PDF Cetak E-mail
Kamis, 02 Desember 2010 10:00

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE

“Implementasi Syariah dalam Bisnis

Baruga Anging Mammir, 12 Desember 2010

LATAR BELAKANG

Situasi dan kondisi keberadaan pengusaha yang telah diakui menjadi salah satu pilar penentu kebijakan ekonomi politik negeri ini. Kolaborasi pengusaha dengan politikus baik sebagai bagian yang saling terpisah maupun sebagai sebuah peran yang integral telah membawa dampak perumusan dan implementasi kebijakan yang hanya berpihak pada kepentingan duo pengusaha dan penguasa. Situasi ini memang menjadi sesuatu yang tak terelakan dalam sistem kehidupan sekuler. Sistem yang menghamba pada kelangsungan pemenuhan kepentingan penguasa dan pengusaha. Yang penting mendapatkan profit, profit yang terus tumbuh dan sinambung namun abai pada keberkahan.
Bagi seorang muslim, berbisnis atau menjadi pegusaha tidak sekadar mendapatkan profit yang tumbuh dan sinambung namun juga berkah. Hali ini dicapai dengan semaksimal mungkin berupaya berbisnis yang halal dan menjauhkan diri dari yang haram bahkan yang subhat sekalipun. Menjadikan harta bisnisnya sebagai sesuatu yang dikendalikannya, bukan yang mengendalikannya. Keuntungan bisnis yang didapat dinikmati dengan menunaikan hak keluarga dan hak Allah, perjuangan di jalan Allah.
Atas dasar inilah, Kegiatan talk show tentang implementasi syariah dalam bisnis penting diselenggarakan untuk memberi pemahaman tentang implementasi syariah dalam bisnis dan sekaligus positioning pengusaha muslim secara eksisting saat ini dan yang seharusnya. Diharapkan hal ini menjadi bekal yang cukup bagi para pengusaha untuk mengotimalkan pendayagunaan potensi yang mereka miliki dalam menjalin ukhuwah dan sinergi demi kejayaan umat.

TUJUAN

1. Memberikan pembekalan wawasan teori dan praktik seputar syariah dalam bisnis.

2. Menjalin ukhuwah, menjajagi pola sinergi dengan pengusaha,calon pengusaha dan masyarakat secara lebih luas.

PESERTA

Peserta kegiatan ini adalah para pengusaha, calon pengusaha, mahasiswa dan masyarakat umum yang berminat dengan target peserta 100 orang.

PELAKSANAAN KEGIATAN

Kegiatan ini direncanakan dilaksanakan pada tanggal 28 Nopember 2010 bertempat di Baga Anging Mammiri Makassar

Waktu : Pukul 15.30 – 18.00

Jadwal Acara

TALK SHOW
“IMPLEMENTASI SYARIAH DALAM BISNIS”

15.00 - 15.30 : Registrasi Peserta

15.30 - 16.00 : Registrasi/Sholat Ashar

16.00.- 16.20 : Key Speak dan membuka acara :

Bapak Walikota Makassar, Ir.H. Ilham Arif Sirajuddin, MM

16.20. – 16.30 : Launching Buku “Saatnya Ekonomi Kerakyatan”

Karya : Muh. Saleh R – Bahrul ulum

16.30 - 17.30 : Talk Show

1. Ustad. Ihsan Salam, SE (Praktisi Bisnis Syariah Bidang Perdagangan dan Jasa Konstruksi/pengurus Pengusaha Rindu Syariah-Jakarta)

2. Bahul ulum (Direktur Makassarpreneur)

17.30 – 17.45 : Diskusi & Tanya Jawab

17.45.- 18.00 : Penutup

 

Add comment


Security code
Refresh

Online Support

Bappeda Sosialisasi Pengembangan UMKM Lorong

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Makassar menggelar sosialisasi pengembangan usaha mikro dan industri rumah tangga lorong melalui klinik bisnis terpadu (KBT).

Acara yang diikuti sekitar seratus orang peserta ini dilaksanakan di Hotel Mercure Makassar, Senin (23/5). Acara dibuka secara resmi oleh Ismunandar, Staf Ahli walikota bidang peningkatan kualitas manusia. Hadir pula Sekretaris Bappeda Nur Kamarul Zaman dan kepala bidang ekonomi Muhammad Asfat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bahrul ulum dari Makassarpreneur, Muh. Nurfitrani dari PLUT KUMKM Sulsel, Dr. Andi Nur Bau Massepe (akademisi Unhas) dan Dr. Mukhlis Sufri (UMI Makassar), dengan dipandu Dr. Johansyah dari Bappeda Makassar.

 

Dalam sambutannya Ismunandar mengatakan, pemberdayaan ekonomi  lorong merupakan program unggulan Pemkot Makassar dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Ibarat sel dalam tubuh, lorong menjadi basis kekuatan perekonomian dengan memperkuat industri atau usaha mikro dan kecil berbasis lorong, tambahnya.

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini196
mod_vvisit_counterMinggu ini196
mod_vvisit_counterBulan ini196
mod_vvisit_counterSemua hari373864

We have: 111 guests online
IP Anda: 54.162.47.106
 , 
Today: Jun 29, 2017