• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Berita : Berita Terbaru : Deng Ical Buka Forum UMKM SEDS Project-Makassarpreneur
Deng Ical Buka Forum UMKM SEDS Project-Makassarpreneur PDF Cetak E-mail
Berita Terbaru
Jumat, 12 Agustus 2016 11:35

Wakil walikota Makassar, DR.H.Syamsu Rizal,MI, S.Sos, M.Si yang akrab disapa Deng Ical membuka secara resmi gelaran Forum UMKM Makassar. Acara digelar di Unit Business Center (UBC) Unismuh Makassar, Kamis (11/8/2016), dilaksanakan oleh Proyek Strategi Pengembangan Ekonomi di Sulawesi atau Sulawesi Economic Development Strategy (SEDS) Project bersama mitranya 3 Universitas (UNHAS, UNM dan UNISMUH) bekerjasama dengan Makassarpreneur.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Feld Manager SEDS Project, Ms. Mary Heather White, Ketua Korwil ABDSI Sulsel, Salman Sahmad, Pengurus ISMI Sulsel, Idris Parakassi, Manager Business Service Makassar Telkom, Sinar Kalasusohman, Ketua PW Aisyiyah Sulsel, Nurhayati Azis dan perwaklan dari berbagai komunitas wirausaha dan UMKM di Makassar.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Forum Wirausaha Makassar (FWM) tahun 2016 yang digelar Makassarpreneur pada bulan mei 2016 di Gedung Mulo Makassar. Forum UMKM ini  menjadi sarana pengembangan UMKM dan pertumbuhan bisnis dengan melalui kerjasama multipihak yang dibangun atas dasar kebutuhan bersama yang saling menguntungkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, produktivitas dan daya saing.

Dalam sambutannya Deng Ical mengatakan, pertumbuhan perekonomi Makassar bisa berkembang karena digerakkan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). ““Jika melihat perbandingan PDRB dan APBD kota Makassar, jelas terlihat kalau penggerak perekonomian ada di masyarakat, utamanya sektor usaha mikro, kecil dan menengah ,” ujarnya.  Dihadapan peserta UMKM Forum Wirausaha Makassar degan tema membangun aliansi strategi dan kerjasama UMKM dalam akses keuangan dan pasar Deng Ical berharap kedepannya, para pengusaha ini mampu memaksimalkan semua potensi yang ada dengan bantuan teknologi informasi.

Entrepreneurship Technical Advisor  SEDS Project, Budi Sarjana mengatakan, Sulawesi Entrepreneur Development Strategy (SEDS)merupakan program kerjasama dengan Humberg Univercity Canada, school of business di bidang pengembangan Kewirausahaan.

Program kerjasama ini diikuti oleh tujuh Universitas di Sulawesi,bertujuan meningkatkan kapasitas  pengembangan kewirausahaan kampus, menumbuhkan wirausaha muda serta mampu memberikan layanan manajemen dan menumbuhkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sulawesi.

“Kami sudah mengembangkan kurikulum kewirausahaan yang praktis yang bisa diterapkan di kampus, dan sudah diajarkan pada kurang ebih 5000 mahasiwa. Project juga mengembangkan Business Center pada universitas mitra,” tambahnya.

Mewakili Makassarpreneur, Bahrul Ulum mengatakan, kegiatan ini adalah sebagai wujud kepedulian bersama terhadap kemajuan UMKM terutama di kota Makassar.

"Jadi saya kira kita semua paham betapa penting peran kita semua dalam mengembangkan UMKM di kota Makassar, apalagi impactnya pada perputaran ekonomi," jelasnya

(http://www.antarasulsel.com/berita/76622/umkm-makassar-dinilai-optimal-jika-berbasis-ti)

 

Add comment


Security code
Refresh

Online Support

Bappeda Sosialisasi Pengembangan UMKM Lorong

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Makassar menggelar sosialisasi pengembangan usaha mikro dan industri rumah tangga lorong melalui klinik bisnis terpadu (KBT).

Acara yang diikuti sekitar seratus orang peserta ini dilaksanakan di Hotel Mercure Makassar, Senin (23/5). Acara dibuka secara resmi oleh Ismunandar, Staf Ahli walikota bidang peningkatan kualitas manusia. Hadir pula Sekretaris Bappeda Nur Kamarul Zaman dan kepala bidang ekonomi Muhammad Asfat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bahrul ulum dari Makassarpreneur, Muh. Nurfitrani dari PLUT KUMKM Sulsel, Dr. Andi Nur Bau Massepe (akademisi Unhas) dan Dr. Mukhlis Sufri (UMI Makassar), dengan dipandu Dr. Johansyah dari Bappeda Makassar.

 

Dalam sambutannya Ismunandar mengatakan, pemberdayaan ekonomi  lorong merupakan program unggulan Pemkot Makassar dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Ibarat sel dalam tubuh, lorong menjadi basis kekuatan perekonomian dengan memperkuat industri atau usaha mikro dan kecil berbasis lorong, tambahnya.

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini337
mod_vvisit_counterMinggu ini337
mod_vvisit_counterBulan ini337
mod_vvisit_counterSemua hari374005

We have: 149 guests online
IP Anda: 107.22.63.172
 , 
Today: Jun 26, 2017