• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Berita : Berita Sekilas : Asosiasi SIYB Indonesia Siap Hadapi MEA
Asosiasi SIYB Indonesia Siap Hadapi MEA PDF Cetak E-mail
Berita Sekilas
Sabtu, 02 April 2016 00:00

MAKASSAR,UPEKS.co.id -- Era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) meniscayakan persaingan ketat yang menuntut pengembangan kewirausahaan. Pengembangan kewirausahaan menjadi salah satu faktor pendorong pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berpengaruh besar terhadap percepatan peningkatan ekonomi lokal maupun nasional.

Menyadari hal ini, Asosiasi SIYB Indonesia (ISA) menggelar konsolidasi pengurus di Jakarta (31 Maret-1 April/2016), dihadiri penasehat ISA, Rolly Aruna Damayanti, Presiden ISA, Rini Wahyu Hariani dan pengurus nasional. Konsolidasi bertema “ISA menyambung rasa, membangun cita-cita" ini menjadi media strategis konsolidasi organisasi dalam mengemban visi misi dan penguatan kelembagaan.

Presiden ISA, Rini Wahyu Hariani mengatakan, ISA adalah wadah yang menghimpun dan memperkuat jejaring pelatihan kewirausahaan melalui program memulai dan Meningkatkan Usaha Anda (Start and Improve Your Business/SIYB).

Program “Start and Improve Your Business” (SIYB) adalah paket pelatihan kewirausahaan dan manajemen  bisnis yang dikembangkan lembaga buruh dunia ILO sejak tahun 1970-an dan telah diterapkan di lebih 90 negara. Di Indonesia, program SYIB diperkenalkan pada 2002 dan saat ini memiliki lebih dari 500 pelatih SYIB di seluruh Indonesia," ujarnya.

Dalam rapat konsolidasi di Jakarta dibahas beberapa isu strategis antara lain sertifikasi trainer, updating modul terbaru SIYB, penguatan kelembagaan dan isu-isu strtegis kewirausahaan, terutama menghadapi  persaingan di era masyarakat ekonomi ASEAN yang mensyaratkan jiwa kewirausahaan agar bisa bersaing dan mandiri.

Untuk menjawab tantangan dunia saat ini untuk mewujudkan pendidikan kewirausahaan yang berkualitas, lembaga buruh internasional, ILO telah menciptakan dan mendukung jaringan pelatihan kewirausahaan dengan modul Start and Improve Your Business (SIYB) di  Indonesia. Saat ini SIYB telah digunakan oleh lembaga –lembaga donor, lembaga pemerintah,  LSM, dan Business Development Services (BDS) dalam isu pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah. (her)

SUMBER : http://upeks.co.id/aneka/isa-siap-hadapi-mea.html

 

Add comment


Security code
Refresh

Online Support

Pemkot Makassar Bentuk Investmen Center

Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal menggelar diskusi membahas pengembangan potensi unggulan daerah dalam rangka pembentukan pusat investasi (investment centre) bintang lima, Selasa (26/4/2016).

Diskusi yang berlangsung di Karaeng Room Hotel Santika Makassar itu dihadiri sejumlah stakeholder, dengan narasumber Keua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel, Zulakrnai Arif, Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Sulsel yang juga Direktur Makassarpreneur, Bahrul ulum dan Pengamat Ekonomi Unhas, DR. Marzuki, DEA

Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Makassar Taufiek Rachman mengatakan, investement centre merupakan ide Walikota Makassar, Danny Pomanto yang bertujuan meningkatkan pererkomian masyarakat. Investment forum ini diharapkan akan mengembalikan kejayaan Makassar sebagai hub untuk Kawasan Indonesia Timur (KTI).

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini91
mod_vvisit_counterMinggu ini91
mod_vvisit_counterBulan ini91
mod_vvisit_counterSemua hari373759

We have: 35 guests online
IP Anda: 54.225.20.73
 , 
Today: Okt 20, 2017