• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Berita : Berita Sekilas : 100 Pemuda Magang Wirausaha di UKM
100 Pemuda Magang Wirausaha di UKM PDF Cetak E-mail
Berita Sekilas
Senin, 16 November 2015 00:00

Kementerian koperasi dan UKM RI melalui Deputi Pengembangan SDM bekerjasama Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel memagangkan seratus pemuda pada sejumlah koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) di kota Makassar. Selama sebulan para pemuda ini akan belajar dan melihat langsung proses menjadi wirausaha sukses dari bawah sehingga bisa menginspirasi mereka menjadi pengusaha sukses.

Sebelum ke lokasi magang, seratus peserta ini mendapatkan pembekalan dari Kemenkop UKM, Diskop, praktisi dan coach bisnis, 13-15 Nopember 2015 di Hotel M-Regency Makassar. Dalam pembekalan bertajuk sosialisasi magang wirausaha 2015 hadir memberikan materi asdep peran serta masyarakat Kemenkop, Budi Mustopo, Ketua APINDO Sulsel, La Tunreng, Imran Jauzi dari Badan Diklat Pemprov, Coach Adi Santoso dan widyaswara Balatkop dan UKM Sulsel.

Kepala Balatkop UKM Sulsel, Abd. Azis Bennu mengatakan, seratus peserta magang ini adalah hasil seleksi dari 700 calon peserta yang mendafarkan diri, sebagian besar merupakan mahasiswa, pemuda, dan kelompok strategis, serta beberapa orang yang sedang memulai usaha produktif dengan pendidikan minimal telah tamat SMA.

 

Kadiskop UKM Sulsel, Syamsu Alam Ibrahim saat pembukaan magang mengatakan, program magang wirausaha merupakan salah satu upaya untuk mencetak wirausaha baru, meningkatkan daya saing UKM, menaikkan kelas usaha mikro ke usaha kecil, hingga memperluas peluang penyerapan tenaga kerja.Hal ini sejalan pula dengan program unggulan Pemprov Sulsel yaitu penciptaan wirausaha baru berbasis desa dan kelurahan, tambahnya.

Asdep peran serta masyarakat Kemenkop, Budi Mustopo mengataan, program magang wirausaha telah diluncurkan sejak 2011 dan terbukti sangat efektif mendorong munculnya wirausaha baru.Karena itu tahun 2015 Kemenkop mengalokasikan anggaran berupa dana dekonsentrasi pendidikan untuk program magang wirausaha pada sejumlah provisinsi di Indonesia.  Ia juga berpesan agar para calon peserta magang bersungguh-sungguh dalam memulai usaha, disiplin, dan jujur sebagai bekal untuk berwirausaha

 

Add comment


Security code
Refresh

Online Support

Bappeda Sosialisasi Pengembangan UMKM Lorong

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Makassar menggelar sosialisasi pengembangan usaha mikro dan industri rumah tangga lorong melalui klinik bisnis terpadu (KBT).

Acara yang diikuti sekitar seratus orang peserta ini dilaksanakan di Hotel Mercure Makassar, Senin (23/5). Acara dibuka secara resmi oleh Ismunandar, Staf Ahli walikota bidang peningkatan kualitas manusia. Hadir pula Sekretaris Bappeda Nur Kamarul Zaman dan kepala bidang ekonomi Muhammad Asfat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bahrul ulum dari Makassarpreneur, Muh. Nurfitrani dari PLUT KUMKM Sulsel, Dr. Andi Nur Bau Massepe (akademisi Unhas) dan Dr. Mukhlis Sufri (UMI Makassar), dengan dipandu Dr. Johansyah dari Bappeda Makassar.

 

Dalam sambutannya Ismunandar mengatakan, pemberdayaan ekonomi  lorong merupakan program unggulan Pemkot Makassar dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Ibarat sel dalam tubuh, lorong menjadi basis kekuatan perekonomian dengan memperkuat industri atau usaha mikro dan kecil berbasis lorong, tambahnya.

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini168
mod_vvisit_counterMinggu ini168
mod_vvisit_counterBulan ini168
mod_vvisit_counterSemua hari373836

We have: 108 guests online
IP Anda: 54.196.215.69
 , 
Today: Feb 24, 2018