• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Berita : Berita Terbaru : Pemuda Makassar Dilatih Manajemen Kewirausahaan
Pemuda Makassar Dilatih Manajemen Kewirausahaan PDF Cetak E-mail
Berita Terbaru
Selasa, 26 Mei 2015 14:46

Dinas pemuda dan olahraga kota Makassar menggelar pelatihan manajemen kewirausahaan pemuda, Selasa (26/5) di Hotel Losari Beach Inn Makassar. Kegiatan ini diikuti sekitar 80 pemuda utusan kelurahan se-kota Makassar dan wirausaha muda perwakilan HIPMI PT berbagai kampus di Makassar. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh staf ahli walikota Makassar bidang penguatan struktur ekonomi Andi Abdullah Bau Sawa mewakili Walikota.

Kadispora Makassar, Ahmad Hendra Hakamuddin mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka menumbuhkembangkan pengetahuan seputar kewirausahaan dan membangkitkan semangat generasi muda untuk mandiri dan menciptakan lapangan kerja.

 

Adapun narasumber pelatihan  adalah dari akademisi Bapak Dr. Arifuddin Mannan, M.Si  dan Dr. Syamsu Rijal, M.Pd, konsultan bisnis Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Sulsel, Salmad sahmad, S.Pd, MM dan Bahrul ulum Ilham, S.Pd, MM dari Makassarpreneur. Materi pelatihan meliputi akuntansi ukm, pengembangan karakter wirausaha dan layanan prima, menyusun SOP yang efektif dan pengantar bisnis model.

Dalam pelatihan ini Bahrul ulum berbagi materi seputar business model canvas (BMC) dihadapan peserta.Salah satu sebab kegagalan usaha mikro dan kecil untuk tumbuh adalah karena mereka tidak punya model bisnis yang tepat.  Business Model Canvas (BMC) adalah pendekatan dan teknik terbaru untuk menjelaskan, menganalisa, dan mengembangkan business model suatu usaha agar usaha tersebut tumbuh berkembang dan langgeng secara financial.

Bangunan bisnis yang bisa diadopsi pelaku wirausaha terdiri dari 9 komponen yang terdiri dari Customer Segment (Segmen Pelanggan), Value Propositions (Nilai Tawar/Unggulan, Channels (kanal/distribusi), Customer Relationships (Hubungan Pelanggan), Revenue Streams (Alur pendapatan). Selain itu, Key Resources (Sumberdaya Utama), Key Activities (Kegiatan Utama), Key Partnerships (Rekanan Utama), serta Cost Structure (Struktur Biaya), urainya.

 

Add comment


Security code
Refresh

Online Support

Bappeda Sosialisasi Pengembangan UMKM Lorong

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Makassar menggelar sosialisasi pengembangan usaha mikro dan industri rumah tangga lorong melalui klinik bisnis terpadu (KBT).

Acara yang diikuti sekitar seratus orang peserta ini dilaksanakan di Hotel Mercure Makassar, Senin (23/5). Acara dibuka secara resmi oleh Ismunandar, Staf Ahli walikota bidang peningkatan kualitas manusia. Hadir pula Sekretaris Bappeda Nur Kamarul Zaman dan kepala bidang ekonomi Muhammad Asfat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bahrul ulum dari Makassarpreneur, Muh. Nurfitrani dari PLUT KUMKM Sulsel, Dr. Andi Nur Bau Massepe (akademisi Unhas) dan Dr. Mukhlis Sufri (UMI Makassar), dengan dipandu Dr. Johansyah dari Bappeda Makassar.

 

Dalam sambutannya Ismunandar mengatakan, pemberdayaan ekonomi  lorong merupakan program unggulan Pemkot Makassar dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Ibarat sel dalam tubuh, lorong menjadi basis kekuatan perekonomian dengan memperkuat industri atau usaha mikro dan kecil berbasis lorong, tambahnya.

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini202
mod_vvisit_counterMinggu ini202
mod_vvisit_counterBulan ini202
mod_vvisit_counterSemua hari373870

We have: 85 guests online
IP Anda: 54.156.58.187
 , 
Today: Sep 22, 2017