• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel : Entrepreneurship : WIRAUSAHA MUDA BERKARAKTER UNGGUL
WIRAUSAHA MUDA BERKARAKTER UNGGUL PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Sabtu, 05 Mei 2012 02:05

Wirausaha muda, gabungan dari dua kata wirausaha dan muda, yang memiliki sarat makna. Pertama, kata kunci wirausaha atau entrepreneur, adalah perwujudan seseorang yang menyukai perubahan, melakukan berbagai temuan yang membedakan dirinya dengan orang lain, mencitakan nilai tambah, memberikan manfaat  bagi dirinya dan orang lain, karyanya dibangun berkelajutan atau bukan ledakan sesaat dan dilembagakan agar kelak dapat bekerja dengan efektif di tangan orang lain (Rhenald Kasali, 1997). Adapun kata muda menunjukkan sosok yang produktif, progresif, kreatif serta inovatif, yang menunjukkan besarnya potensi sekaligus tanggung jawab, sehingga Rasulullah SAW mengingatkan mempergunakan lima kesempatan, di antaranya masa muda sebelum datangnya masa tua.

Wirausaha muda sesungguhnya tak sebatas profesi atau berkaitan dengan aktifitas dagang semata, namun lebih berkaitan dengan mindset dan karakter mental seseorang pemuda yang memiliki daya juang, motivasi dan kreatifitas memanfaatkan segala peluang untuk memberikan nilai tambah, baik barang maupun jasa dalam rangka meraih profit dan juga keberkahan.

Spirit Islam untuk Kewirausahaan

Nilai-nilai kewirausahaan tercantum dalam Al-Qur’an, demikian juga dalam teladan Nabi serta sahabat. Tidak kurang terdapat 41 dari 114 surah dalam Al-Qur’an yang menyinggung kata rezeki, termasuk amalan-amalan lainya seperti tijarah, barakah, infak, shadaqah, syarikah, bahkan riba yang memberikan spirit kewirausahaan untuk meraih keuntungan, kemuliaan dan keberkahan.

Pada saat yang lain, Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda, , "Tiada seorang yang makan makanan yang lebih baik dari makanan dari hasil usahanya sendiri (wirausaha). Sesungguhnya Nabi Daud, itupun makan dari hasil usahanya sendiri (wirausaha)” (H.R. Bukhari). Juga sabda beliau, “Hendaklah kamu berdagang karena di dalamnya terdapat 90% pintu rezeki” (HR Ahmad bin Hambal). Nabi juga pernah bersabda tentang hal yang sama, ”Sesungguhnya, sebaik-sebaik mata pencarian adalah seorang pedagang” (HR Baihaqy). Walhasil, being entrepreneur dalam Islam merupakan kewajiban yang menjadi ibadah bagi pelakunya. Bahkan, bekerja atau berwirausaha menjadi salah satu ciri orang yang beriman.

Kehidupan Rasululah SAW sebelum menjadi nabi, sungguh tepat dijadikan teladan. Ketika itu, beliau adalah seorang pedagang dengan kombinasi semangat kejujuran dan keadilan yang menggambarkan empat sifat mulia Muhamad SAW; yakni shiddiq, amanah, tabliq dan fathonah. Berbekal semangat kejujuran dan keadilan itu, Muhammad SAW membangun kewirausahaannya..

Dalam berbagai telaah sejarah diriwayatkan bahwa, Muhammad memulai perdagangannya pada usia tujuh belas tahun di saat Abu Thalib menganjurkan untuk berdagang sebagai cara melepaskan beban keluarga paman dan beliau sendiri. Adalah normal bagi seorang pemuda yang jujur dan penuh idealisme untuk melakukan kerja keras dan menjalankan perdagangan secara adil dan atas dasar suka sama suka. Dengan cara itu Muhammad percaya bahwa kalau ia jujur, setia dan profesional, maka orang akan mempercayainya. Inilah dasar kepribadian dan etika berwirausaha yang diletakkan Nabi Muhammad SAW umatnya dan seluruh umat manusia. (Fahrurrozi, 2008).

Sayangnya, umat Islam Indonesia sepertinya tidak begitu tertarik dengan berwirausaha. Umat kita lebih condong menjadi pegawai negri. Akibatnya, sebagai umat mayoritas, kita jauh tertinggal dari umat lain dan menjadi bulan-bulanan dalam bisnis dan sebagai penonton dari kesuksesan wirausaha umat lain. Padahal, Nabi Muhammad SAW dan sebagian besar sahabat dikenal pula sebagai pedagang dan entrepreneur mancanegara. Tidak berlebihan karenanya bila dikatakan bahwa etos entrepreneurship sudah melekat dan inheren dengan diri umat Islam

Membangun Karakter Unggul
Wirausaha muda berkarakter unggul adalah sosok wirausahawan muda yang secara terus menerus berproses menjadi wirausahawan muda sejati. Merekalah sosok wirausahawan yang ungggul (entrepreneurial excellence) dengan karakter mental kewirausahaan seperti inovatif dan kreatif namun juga tangguh dan peduli dengan landasan iman dan aqidahnya.

Mereka bukanlah “wirausahawan semu” yang muncul dan meraih sukses di bidang tertentu tak lebih karena mental korup, dekat dengan kekuasaan atau karena nepotisme dan kolusi. Bagi seorang wirausaha muda sejati, kesuksesan yang diraih atau segala keuntungan dari bisnisnya tak lain menjadi media untuk semakin mendekatkan diri kepada sang Khalik.

Bagi wirausaha muda sejati, Ia berusaha tampil berbeda dengan bangunan bisnisnya tidak sekedar profit namun juga memenuhi aspek keberkahan. Karena itu, aktfitas bisnisnya tidak hanya dibatasi kuantitas kepemilikan hartanya, namun dibatasi dalam cara perolehan dan pendayagunaan hartanya. Jadi, meskipun bisnis hari ini penuh dengan amalan yang menghaallkan segala cara seperti tipu menipu, suap menyuap, penuh riba, dan lain-lain, bagi wirausaha muda sejati akan tampil tangguh memastikan bisnisnya sebagai jalan meraih kebahagiaaan dunia dan akhirat.

Selain itu, wirausaha muda unggulan berupaya pula membangun berbagai karakter-karakter unggul wirausahawan lainnya seperti mampu mengenal diri sendiri (self awareness), mampu berpikir kritis, mampu memecahkan permasalahan (problem solving), dapat berkomunikasi, mampu membawa diri di berbagai lingkungan, menghargai waktu (time orientation), empati, mau berbagi dengan orang lain, mampu mengatasi stres, bisa mengendalikan emosi, dan mampu membuat keputusan. Membangun karakter-karakter unggul tersebut di atas tentunya melalui sebuah proses yang panjang dan bukan dengan cara instan.

Di sinilah pentingnya menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini, baik di keluarga maupun di masyarakat. Karakter unggul yang harus dibiasakan dan dibangun sejak dini antara lain yang sangat penting adalah motivasi dan disiplin diri yang merupakan prasyarat untuk menjadi wirausahawan yang sukses. Motivasi dan disiplin diri mendapatkan proporsi yang besar untuk membentuk seseorang menjadi wirausahawan sejati, selain faktor lingkungan.

Secara spesifik, tumbuhnya semangat dan kualitas kewirausahaan ini sangat bergantung pula pada lingkungan makro. Tentu sangat sulit melahirkan wirausahawan unggul jika kondisi makro berada dalam lingkungan sekuler seperti saat ini. Wirausahawan unggul bisa muncul bila pemerintah dan masyarakat berperan menciptakan iklim investasi yang kondusif, peraturan persaingan usaha yang sehat, penegakan hukum yang konsisten dan tidak pandang bulu, serta modal sosial “amar ma’ruf nahi munkar” yang kuat. Saatnya kita melahirkan entrepreneur-entrepreneur muda berkarakter unggul melalui pengembangan mental kewirausahaan. Wallahu a’lam

 

Add comment


Security code
Refresh

Online Support

Pemkot Makassar Bentuk Investmen Center

Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal menggelar diskusi membahas pengembangan potensi unggulan daerah dalam rangka pembentukan pusat investasi (investment centre) bintang lima, Selasa (26/4/2016).

Diskusi yang berlangsung di Karaeng Room Hotel Santika Makassar itu dihadiri sejumlah stakeholder, dengan narasumber Keua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel, Zulakrnai Arif, Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Sulsel yang juga Direktur Makassarpreneur, Bahrul ulum dan Pengamat Ekonomi Unhas, DR. Marzuki, DEA

Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Makassar Taufiek Rachman mengatakan, investement centre merupakan ide Walikota Makassar, Danny Pomanto yang bertujuan meningkatkan pererkomian masyarakat. Investment forum ini diharapkan akan mengembalikan kejayaan Makassar sebagai hub untuk Kawasan Indonesia Timur (KTI).

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini162
mod_vvisit_counterMinggu ini162
mod_vvisit_counterBulan ini162
mod_vvisit_counterSemua hari373830

We have: 88 guests online
IP Anda: 54.145.64.172
 , 
Today: Jul 23, 2017