• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel : Seputar UKM : TIPS PEMBUKUAN BAGI UMKM
TIPS PEMBUKUAN BAGI UMKM PDF Cetak E-mail
Seputar UKM
Kamis, 08 Maret 2012 23:44

Setelah beberapa kali turun ke lapangan mendampingi pelaku UMKM, sejumlah pengalaman berharga sangat penting untuk dibagikan. Ada beberapa hal yang menggelitik rasa empati kami kepada pelaku UMKM sehingga tergerak untuk membagikan sedikit pengetahuan terkait tata kelolausaha secara umum maupun khusus dalam bidang-bidang tertentu.

Beragam keluhan muncul dalam pendampingan. Ada yang mengeluhkan produksinya yang terkendala modal kerja. Ada juga karena tidak adanya pencatatan membuat pelaku UMKM tidak mengetahui dengan pasti jumlah laba yang diperoleh setiap bulannya,sehingga mereka juga tidak mengetahui dengan pasti berapa uang tunai yang mereka miliki pada akhir periode tertentu.

Dalam sebuah organisasi, lembaga ataupun instansi, pengelolaan keuangan adalah ruh yang akan menentukan kesuksesan dimasa yang akan datang. Demikan halnya dalam sebuah usaha, jika pengelolaan keuangannya berjalan dengan baik dan benar, maka usaha tersebut hampir dapat dipastikan akan berjalan dengan baik pula. Namun jika keuangannya tidak dikelola dengan baik, bisa ditebak bahwa usaha tersebut akan menemui banyak kendala dalam pertumbuhannya. Bahkan berdasarkan pengalaman, sebagian besar kendala dan masalah yang muncul adalah berawal dari buruknya tata kelola keuangan pada sebuah usaha.

Aspek keuangan atau pembukuan pada sebuah usaha, bukan saja dijadikan sebagai patokan untuk mengetahui sehat tidaknya sebuah usaha. Namun dilain hal, administrasi keuangan yang teratur yang diwujudkan dalam pencatatan pembukuan yang tertib dan runut, dapat dijadikan sebagai dasar pijakan untuk menyusun rencana kedepannya, baik itu jangka pendek, maupun rencana jangka panjang.

Bagi beberapa pelaku UMKM, mencatat setiap transaksi dianggap sebagai pekerjaan yang menyita waktu, sehingga tidak sedikit dari mereka yang mengabaikannya. Anggapan bahwa pembukuan tidaklah penting membuat sebagian pengusaha tidak bisa memastikan apakah selama ini usaha mereka maju atau tidak, labakah atau rugi, dan apakah sudah kembali modal (break event point / BEP) atau belum.

Parahnya lagi, ada juga pelaku UMKM yang mengatakan bahwa urusan catat mencatat keuangan dan transaksi bukan hal utama. Yang penting selama ini usaha mereka tetap jalan, itu sudah cukup. Dari situ pula mereka menyimpulkan bahwa usaha mereka aman-aman saja alias tanpa masalah.

Lalu bagaimana pula dengan beberapa pelaku UMKM yang sering mengeluhkan bahwa selama ini mereka menjalankan usaha tapi bingung dengan pertumbuhan usahanya? Diantara mereka ada mengatakan kalau selama ini tidak ada progress yang mereka rasakan. Usaha seakan-akan jalan ditempat meski waktu dan tenaga telah terkuras banyak. Jadi, apanya yang salah ya?

Teman-teman pelaku UMKM yang kami banggakan, ada beberapa hal yang harus dipatuhi jika ingin melihat usaha anda semua maju dan berkembang, sehingga target yang ditetapkan dapat dicapai.

 

  1. Setiap transaksi harus mempunyai bukti berupa nota, kwitansi, faktur, atau semacamnya.
  2. Catat setiap transaksi pada buku kas, buku pembelian, buku penjualan, buku persediaan (stock control), atau buku lain yang terkait transaksi.
  3. Cocokkan antara saldo kas yang ada di dalam catatan dengan saldo uang tunai di laci usaha anda. Jika hasilnya berbeda atau terdapat selisih, berarti ada masalah yang timbul. Segera lakukan pengecekan dan lakukan perbaikan
  4. Jangan pernah menunda-nunda untuk melakukan pencatatan karena bisa jadi anda lupa untuk mencatatnya kemudian.
  5. Periksa catatan Anda setiap saat, setiap hari.
  6. Jangan pernah mencampur adukkan antara uang pribadi dan uang usaha anda. Jika itu terjadi, anda akan lalai dalam menggunakan uang yang ada karena merasa bahwa semuanya adalah milik anda pribadi.
  7. Agar tidak kehabisan modal, upayakan agar selalu ada uang tunai dalam usaha anda. Ini sangat penting, karena usaha anda membutuhkan uang tunai untuk membeli bahan baku,  membayar gaji pegawai dan membayar biaya-biaya perbaikan.


Demikian tips yang dapat kami bagikan, semoga tulisan diatas dapat memberikan inspirasi kepada siapa saja yang membacanya. Jika ada manfaatnya, silahkan dibagikan kepada yang lain. Mari berbagi!

Rahmatia Nuhung (0813 4295 5757)

 

Add comment


Security code
Refresh

Online Support

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini278
mod_vvisit_counterMinggu ini278
mod_vvisit_counterBulan ini278
mod_vvisit_counterSemua hari373946

We have: 141 guests online
IP Anda: 54.198.102.92
 , 
Today: Jun 23, 2017