• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel : Seputar UKM : MEMACU DAYA SAING UMKM MELALUI DESAIN KEMASAN
MEMACU DAYA SAING UMKM MELALUI DESAIN KEMASAN PDF Cetak E-mail
Seputar UKM
Kamis, 28 Juli 2011 09:24

Saat ini sangat banyak produk lokal yang dihasilkan UKM yang memiliki potensi bersaing yang cukup tinggi di pasar modern. Sayangnya, masih banyak produk lokal yang dihasilkan UKM masih lemah dalam desain kemasan disamping pasokan dan kuantitas masih sering terkendala.

Pentingnya inovasi dan desain kemasan ini mengemuka dalam pelatihan manajemen yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu. Dalam pelatihan selama 2 hari materi difokuskan pada pengambangan aspek manajemen, utamanya pemasaran dan pengembangan akses pasar. Selain itu, peserta dibekali pula aspek pengembangan inovasi, desain dan kemasan produk serta materi seputar akses permodalan. Pemaparan tentang pentingnya desain kemasan bagi UKM diulas dalam tulisan berikut ini.

Disadari memang,  Kecenderungan konsumen saat ini melihat dulu kemasannya, kemudian rasa dan bentuknya karena kemasan yang tampak secara nyata. Hal itu jelas harus menjadi fokus perhatian khususnya bagi para produsen kemasan untuk menampilkan desain-desain yang menarik dan menjual untuk produk UKM.

Banyak kemasan produk UKM yang tidak standar, seperti tidak memenuhi aspek estetika atau keindahan, ergonomis atau mudah dipegang, dan faktor keamanan produk. Kemasan produk makanan UKM masih banyak dibuat apa adanya, tidak ringkas, dan terkadang berbahaya dari segi kesehatan karena menggunakan bahan kimia.

Banyak pelaku UKM enggan untuk membenahi kemasan disebabkan masalah biaya dan mereka tidak tahu harus mencari ke mana untuk membuat kemasan yang lebih bagus dan aman. Disinilah peran berbagi lembaga untuk membantu dan memfasilitasi UKM memperbaiki desain kemasannya.

Pengaruh desain kemasan

Kemasan merupakan media pemasaran dalam menginformasikan produk. Pada kemasan terdapat beberapa informasi yang sangat mendukung bagi orang yang pertama kali melihatnya seperti rasa, berat, waktu kadaluarsa dan informasi lainnya. Faktor yang tepat dalam memilih kemasan berdasarkan unsur-unsur pokok seperti kesesuaian dengan produk, tepat tujuan pengiriman produk, ketersediaan bahan kemasan, nilai ekonomis serta cara teknik pengemasan itu sendiri harus diperhatikan.
Jika kemasan akan digunakan semaksimal mungkin dalam pemasaran, fungsi kemasan harus menampilkan sejumlah faktor penting sebagai berikut :
FAKTOR PENGAMANAN. Melindungi produk terhadap berbagai kemungkinan yang dapat menjadi penyebab timbulnya kerusakan barang. Misal : cuaca, sinar, jatuh, tumpukan, kuman.

FAKTOR EKONOMI. Perhitungan biaya produksi yang efektif termasuk pemilihan bahan, sehingga biaya tidak melebihi proporsi manfaat.

FAKTOR PENDISTRIBUSIAN. Mudah didistribusi dari pabrik ke distributor atau pengecer sampai ke tangan konsumen. Di tingkat distributor atau pengecer, kemudahan penyimpanan dan pemajangan perlu dipertimbangkan.

FAKTOR KOMUNIKASI. Sebagai media komunikasi yang menerangkan atau mencerminkan produk, citra merek, dan juga sebagai bagian dari promosi, dengan pertimbangan mudah dilihat, dipahami, dan diingat.

FAKTOR ERGONOMI. Berbagai pertimbangan agar kemasan mudah dibawa, dipegang, dibuka, dan mudah disimpan.

FAKTOR ESTETIKA. Keindahan merupakan daya tarik visual yang mencakup pertimbangan penggunaan warna, bentuk, merek/ logo, ilustrasi, huruf dan tata letak untuk mencapai mutu daya tarik visual secara optimal.

FAKTOR IDENTITAS. Secara keseluruhan, kemasan harus berbeda dengan kemasan yang lain, yakni memiliki identitas produk agar mudah dikenali, dan membedakannya dengan produk-produk lain.

Starategi pemasaran melalui desain kemasan


Jika anda ingin menjalankan strategi pemasaran melalui kemasan ini , ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ciri-ciri desain kemasan produk yang bisa menjual yaitu :

1. Bisa menimbulkan daya tarik bagi konsumen karena bentuknya yang berbeda.

Tidak perlu membuat desain kemasan produk yang mahal , yang penting kemasan anda dapat menimbulkan rangsangan bagi konsumen untuk membuat pertimbangan membeli produk anda.

2. Langsung mengenai persepsi pembeli.

Artinya desain kemasan produk yang dibuat harus langsung dapat ditangkap maksudnya oleh konsumen tanpa harus berpikir terlalu lama. Misalnya jika produk tersebut adalah kecap, maka isi kecap harus tampak menonjol pada desain kemasan produknya. Sehingga begitu konsumen lihat produk tersebut, mereka langsung mengenali bahwa produk tersebut adalah kecap, bukan jamu.

Memang kemasan kini disadari oleh produsen bukan lagi hanya memiliki fungsi melindungi dan membungkus produk. Persaingan produk yang semakin ketat di pasar mengharuskan produsen untuk berfikir keras meningkatkan fungsi kemasan untuk dapat memberikan daya tarik kepada konsumen melalui aspek artistik, warna, grafis, bentuk maupun desainnya. Banyak konsumen yang membeli secara sadar akan suatu produk karena tertarik pada suatu produk karena alasan warna, bentuk dari kemasan. Belum lagi konsumen yang membeli karena impulse buying, gara-gara menariknya desain, atau bentuk kemasan suatu produk. Sehingga kemasan menjadi sangat efektif untuk mendorong konsumen membeli suatu produk.

Melalui kemasan produk tersebut kesan (image) produk juga dapat dibentuk misalnya image sebagai produk yang kokoh, awet, mewah atau tahan lama. Sehingga konsumen akan memilih produk tersebut karena sesuai dengan syarat yang akan dibeli misalnya produk yang tahan lama, tidak mudah rusak dan terjaga kualitasnya.

Konsumen seringkali membeli suatu produk tidak untuk segera dikonsumsi tetapi untuk persediaan, sehingga ia membutuhkan produk yang terlindungi secara baik isinya, dari kerusakan, berkurangnya isi dan pengaruh cuaca. Dari sisi distribusi, kemasan juga memegang peranan penting karena dengan kemasan produk akan mudah disusun, dihitung, ditangani dan disalurkan secara lebih baik dan cepat. Kemudahan dalam distribusi menjadikan kemasan didesain tertentu dan dengan ukuran yang mudah untuk dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lainnya. (diolah dari berbaagi sumber)

 

 

 

Comments  

 
0 #1 HERY 2016-05-06 03:21
Artikel Sangat Bermanfaat, dan Memang Kemasan yang menarik akan menjadi daya tarik tersendiri.
Manfaatkan Juga Pemasangan Iklan Gratis di www.zonapromo.id ,
Hal yang perlu diperhatikan Juga Pemotretan Produk, Jangan asal Jepret, Pengambilan Gambar Produk dgn teknik yang baik akan menyajikan Kesan yang lain pada Peminat. Trims
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Online Support

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini111
mod_vvisit_counterMinggu ini111
mod_vvisit_counterBulan ini111
mod_vvisit_counterSemua hari373779

We have: 50 guests online
IP Anda: 54.225.20.73
 , 
Today: Okt 20, 2017