• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Catatan Perjalanan : Pa’bentengan: Desa Bersejarah Yang Berpotensi
Pa’bentengan: Desa Bersejarah Yang Berpotensi PDF Cetak E-mail
Oleh Bahrul Ulum   
Minggu, 24 April 2011 11:38

Desa Pa’bentengan Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa. Dari katanya, desa ini berarti benteng menurut penuturan warga di sana. Daerah yang menjadi benteng pertahanan dimasa perang yang kala itu melibatkan pahlawan RW Monginsidi dan Emmy Saelan. Salah satu buktinya adalah sumur tua yang tidak pernah kering yang konon adalah sumur yang sering digunakan oleh Emmy Saelan untuk mandi. Lokasinya kurang lebih 60 km dari Makassar  dan dibutuhkan waktu kurang lebih 45 menit untuk tiba disana.

Warganya ada yang sebagai petani, peternak ayam pedaging, dan petambak (budi daya ikan). Disana kita akan disuguhi pemandangan desa yang sejuk, asri, dan potensi alamnya cukup subur untuk bercocok tanam. Dengan kondisi demikian, tidak terfikir oleh kita jika kemudian ada warga yang miskin. Namun faktanya, setiap warga disana mendapatkan jatah raskin dari pemerintah. Sebuah kondisi yang kontras memang jika kita melihat persawahan yang luas sepanjang perjalanan kita menuju desa tersebut. Sebagian pemudanya ada yang tidak memiliki kegiatan sama sekali selain menghabiskan waktu tanpa nilai produktif di dalamnya.

Kondisi itulah yang kemudian mendorong Makassarpreneur untuk memberikan bekal bagi pemuda disana melalui pelatihan dan pendampingan agar potensi-potensi alam yang ada dapat dikelola dengan baik untuk kesejahteraan mereka sendiri. Butuh kerja keras untuk melakukan itu semua karena merubah pola pikir dan kebiasaan seseorang adalah pekerjaan sekaligus tantangan yang berat. Tapi bukan hal mustahil, karena pemuda disana cukup antusias dan mau untuk merubah keadaan sekarang menjadi lebih baik. Itu terbukti dengan dibentuknya Koperasi Remaja baru-baru ini dengan harapan ada unit usaha yang terbentuk, sekaligus sebagai wadah berhimpun bagi mereka untuk menggalang potensi diri masing-masing agar jiwa wirausaha yang mereka telah dapatkan selama pelatihan dapat terus dipertahankan dan ditularkan kepada warga lainnya di desa Pa’bentengan. Semoga!

 

Add comment


Security code
Refresh

Online Support

Pemkot Makassar Bentuk Investmen Center

Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal menggelar diskusi membahas pengembangan potensi unggulan daerah dalam rangka pembentukan pusat investasi (investment centre) bintang lima, Selasa (26/4/2016).

Diskusi yang berlangsung di Karaeng Room Hotel Santika Makassar itu dihadiri sejumlah stakeholder, dengan narasumber Keua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel, Zulakrnai Arif, Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Sulsel yang juga Direktur Makassarpreneur, Bahrul ulum dan Pengamat Ekonomi Unhas, DR. Marzuki, DEA

Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Makassar Taufiek Rachman mengatakan, investement centre merupakan ide Walikota Makassar, Danny Pomanto yang bertujuan meningkatkan pererkomian masyarakat. Investment forum ini diharapkan akan mengembalikan kejayaan Makassar sebagai hub untuk Kawasan Indonesia Timur (KTI).

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini478
mod_vvisit_counterMinggu ini478
mod_vvisit_counterBulan ini478
mod_vvisit_counterSemua hari374146

We have: 170 guests online
IP Anda: 54.145.120.69
 , 
Today: Agus 20, 2017