• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Layanan : Paket Pelatihan : SOFT SKILL SEMINAR CHARACTER BUILDING PERSONAL MASTERY
SOFT SKILL SEMINAR CHARACTER BUILDING PERSONAL MASTERY PDF Cetak E-mail
Oleh Bahrul Ulum   
Selasa, 01 Maret 2011 23:01

PROPOSAL SOFT SKILL SEMINAR
"CHARACTER BUILDING PERSONAL MASTERY"


Dasar Pemikiran:

Melihat kondisi dewasa ini, ditengah kerasnya tensi ekonomi dan pekatnya kompetensi persaingan di dunia lapangan kerja, menuntut cara penyikapan yang tepat, cerdas dan responsif. Tak cukup hanya dengan itu, Pertukaran masa dan pergeseran waktu cenderung hadirkan perubahan competitive setting yang terus bergeser dari titik extreme kiri ke titik extreme kanan.

Dari mudah ke susah (lapangan kerja). Dari pelayanan yang standar ke pelayanan yang berbasis value added service (Karyawan). Dari menghindari resiko ke mengelola resiko (Pengusaha). Dari produk centric ke customer centric (Perusahaan). Dari IQ ke EQ bahkan terus beranjak ke SQ (Individual manusia). Dan diatas semua itu yang tak kalah pentingnya adalah dari Hard Skill ke Soft Skill.

Menyadari akan adanya pergeseran komposisi tersebut, maka Seorang mahasiswa tak cukup lagi dengan hanya sekedar mengetahui elemen mata kuliah yang notabenenya “KONON” berkaitan dengan masa depan. Seorang Insinyur tak cukup hanya mengetahui ilmu Tanah, Air, Bebatuan dan Bangunan, karena sesungguhnya itu hanya berkaitan dengan unsur Hard Skill. Namun ada elemen soft skill yang cukup menentukan terhadap masa depan kita berkaitan dengan: Karakter, Sikap, Visi, Integritas, Komitmet, Etos kerja dan sebagainya, yang harus maksimal.

Maka dari itu kami dari Lembaga Makassar Preneur mengajukan solusi demi untuk pengembangan di sektor Soft Skill yang meliputi mental dan kualitas diri para mahasiswa dalam menyikapi masa depannya, atau para karyawan/Dosen dalam upaya terus menggapai unjuk kerja maksimal, peak performance. Membangun tingkat loyalitas terhadap tim dan atasan yang berbasis pada pola prilaku positif, produktif dan kontributif.

Tak dapat disangkal bahwa ditengah pergeseran berbagai elemen, maka unsur soft skill cukup memegang kendali yang sangat krusial. Bagaimanapun sikap diri yang tepat dan respon internal yang presisi terhadap adanya stimulasi external adalah hal yang perlu di kelolah dan tak dapat di abaikan begitu saja. Untuk kami mencoba menjalin kerjasama untuk suatu kehidupan yang lebih baik.

Demikian proposal ini kami ajukan, semoga senantiasa memberi manfaat untuk kita Atas kerjasamanya diucapkan banyak terima kasih. Untuk informasi lebih lanjut Hubungi Makassar preneur Jl Monginsidi Baru AB.4 No. 7Makassar. Tlp. 0411-2434564 Atas nama Muh. Asqaf


Makassar, 1 Maret 2011

Direktur Makassar Preneur

(BAHRUL ULUM, S.Pd)

JENIS PRODUK DAN SEGMENTASINYA

Adapun beberapa Produk Materi Kami di antaranya adalah:

1. TUHAN, INILAH PROPOSAL HIDUPKU

Out put:

  1. Memperkenalkan kekuatan visi dikalangan para mahasiswa yang diawali dari pemahaman terhadap karakter unggul setiap orang yang sebenarnya telah dirancang sebagai sang pemenang kehidupan sekaligus pembeda abadi yang merupakan Positioning Consept.
  2. Membangun tingkat kesadaran bahwa sesungguhnya kehidupan yang layak dan berkualitas didasari atas by Dezigne, bukan by Accident sehingganya perlu diarahkan melalui peletakan proposal kehidupan sebagai rel atas segenap gerakan aktifitas yang ada.
  3. Membedah hasil penelitian pada Harvard Business School, bagaimana mungkin dengan perancangan proposal hidup ternyata mampu meningkatkan prestasi hingga 90% diatas rata-rata dari kebanyakan orang.
  4. Memperkenalkan modus panduan selangkah demi selangkah untuk menyusun proposal hidup plus cara mengasahnya hingga menjadi Expert di lintasan yang menjadi karakter unggul dari masing-masing diri manusia.


Segmentasi : Usia pendidikan, Siswa, Mahasiswa atau umum.

Durasi : Durasi 2 Jam

Status : Amal (Khusus Acara Mahasiswa)

2. THE SECRET TO BE MORE SUCCESS & HAPPINESS IN KARIER & LIFE


Out put:

  1. Memperkenalkan sebuah konsep spektakuler untuk menggapai kesuksesan dan kebahagiaan dalam karier dan kehidupan, ketika unsur kerja keras dan kerja cerdas sudah tak lagi memadai.
  2. Memperkenalkan mekanisme kinerja alam melalui sebuah hukumnya yang telah dititipkan oleh Tuhan dan berlaku secara Universal bagi seluruh manusia.
  3. Mengenali adanya konsep pertautan korelasi antara Alam (Jagad Makro) dan diri manusia (Jagad Mikro) dalam kaitannya terhadap keberuntungan atau kemalangan terhadap karir dan prestasi. Serta bagaimana cara memaksimalkannya.
  4. Membedah studi kasus bagaimana seorang yang hanya terbilang standar dalam kinerja, bahkan nihil diatas segenap kekurangannya, namun seiring waktu ia mampu menorehkan prestasi spektakuler yang cukup mencengangkan diatas rata-rata kebanyakan orang.
  5. Bagaimana cara menjadikan karyawan/ Dosen mencapai unjuk kerja maksimum, tidak hitung-hitungan terhadap team dan atasan serta senantiasa menciptakan lingkungan kerja yang positif, Produktif dan kontributif.


Segmentasi : Karyawan, Dosen, Guru, Executif muda Perusahaan.

Durasi : 2 Jam

Status : Komersil, Investasi Rp 2.500.000

3. INHOUSE TRAINING.


Sebuah Training khusus paket sehari. Hal ini dirancang untuk pengembangan SDM para karyawan atau eksekutif muda perusahaan. Ini dimaksudkan agar terjadinya internalisasi nilai-nilai dan karakter positif kedalam totalitas sikap dan aktifitas keseharian di tempat kerja. Sehingga berdampak signifikan pada peningkatan kinerja perusahaan. Ia terdiri dari 4 sesi. Adapun perinciannya sebagai berikut:

SESSION 1 : INTRODUCTION OF CHARACTER BUILDING

WAKTU : O8.30 – 10. 00

Pada sesi ini peserta diperkenalkan bagaimana membangun karakter yang tangguh. Dimana kesuksesan tidak semata ditentukan oleh kecerdasan, namun lebih dari itu bagaimana faktor Attitude dan mind setting yang dimiliki seseorang berpeluang membuat loncatan prestasi diatas rata-rata dari sebagian besar orang. Pada sesi ini pula peserta diajak untuk mampu mengenali prinsip BINTANG TERANGNYA, dimana hanya bisa digapai dengan sempurna melalui pemberian PERAN TERBAIK di tempat kerja. Peserta juga dibantu untuk menemukan serta menghancurkan pikiran-pikiran negatif yang bisa menghambat kinerja guna mencapai peak performa kearah bintang terangnya. Selain itu peserta juga dipandu untuk mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan yang bisa menjadi jebakan terhadap prestasi, kemudian dibantu untuk menemukan cara bagaimana agar bisa keluar dari jebakan tersebut.

10.00 – 10.15 Coffe Break.

SESSION 2 : KETIKA HIDUP HARUS MEMILIH,

“INVESTASI ATAU AGENCY COST”

WAKTU : 10.15 – 12.15

Pada sesi ini peserta diberi kesadaran jika mereka tidak memilih untuk melakukan investasi yang baik berupa: Sikap yang profesional, karakter yang baik, visi yang jelas, Integritas yang tinggi, torehan prestasi terbaik Dll. Ini semua adalah bagian dari investasi yang harus DIPILIH untuk dilakukan lebih awal. Sebab jika tidak demikian maka pusaran waktu memaksa kita untuk tak dapat memilih lagi, namun yang ada hanyalah MEMBAYAR Agency Cost (biaya) sebagai sebuah tebusan. Dan tebusan itu seringkali bernilai jauh lebih mahal. Sehingganya peserta akan semakin sadar bahwa Membayar di awal jauh lebih murah daripada membayar diakhir. Membayar diawal sifatnya investasi sedangkan membayar diakhir sifatnya biaya tebusan sebagai sebuah konsekwensi logis. Tidak hanya itu peserta dibimbing untuk memilih melakukan pembayaran di awal dengan ditunjukkan cara yang paling jitu untuk menaklukkannya. Yaitu dengan mengoptimalkan 3 Asset dasar yang merupakan modal terbesar pemberian Tuhan dalam diri manusia yang meliputi: Pemberian Asset fisik/metafisik dioptimalkan dengan kerja keras. Pemberian Asset kecerdasan (Otak) dioptimalkan dengan kerja cerdas dan pemberian Asset Hati dioptimalkan dengan kerja ikhlas.

12.15 – 13.15 Break Lunch.

SESSION 3 : THE SECRET TO BE MORE SUKSESS & HAPPINESS IN CARIER & LIFE

Waktu : 13.15 – 15.30

Pada sesi ini Memperkenalkan sebuah konsep spektakuler kepada para peserta bahwa untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan dalam karier dan kehidupan, maka kerja keras dan kerja cerdas malah tidak cukup. Bahkan ketika keduanya terlalu medomonasi tanpa mengenal ‘KATUP PENGAMANNYA” Maka berpotensi untuk mencelakakan karier. Pada sesi ini juga diperkenalkan pada peserta bagaimana memahami mekanisme kinerja alam dalam melakukan intercept melalui sebuah hukumnya yang telah dititipkan oleh Tuhan dan berlaku secara Universal bagi seluruh manusia. Peserta juga akan memahami adanya konsep pertautan korelasi antara Alam (Jagad Makro) dan diri manusia (Jagad Mikro) dalam kaitannya terhadap keberuntungan atau kemalangan dalm karir dan prestasi. Serta bagaimana cara memaksimalkan keberuntungan tersebut. Termasuk bagaimana cara memberikan pemahaman pada peserta untuk mencapai unjuk kerja maksimum, membangun tingkat loyalitas, tidak hitung-hitungan terhadap team dan atasan, serta senantiasa menciptakan lingkungan kerja yang positif, Produktif dan kontributif. Pada sesi ini juga akan dibedah study kasus bagaimana seorang yang hanya terbilang standar dalam kinerja bahkan sangat jauh dibawah rata-rata orang pada umumnya. Namun seiring waktu ia mampu menorehkan prestasi spektakuler yang cukup mencengangkan.

SESSION 4 : DEKLARASI DIRI

WAKTU : 13.40 – 14.00

Inilah sesi akhir yang lebih menantang dan mendebarkan. Hal ini akan lebih melejitkan semangat dan komitmen peserta untuk menjadi yang terbaik. Pesrta diingatkan bahwa yang terpenting bukanlah pemahaman tetapi tindakan. Disini para peserta ditantang untuk mendeklarasikan peran terbaik yang akan di wujudkan di perusahaan dimana tempat mereka berkarir. Mereka juga diminta untuk saling memberi dukungan kearah pola kinerja positif, produktif dan kontributif terhadap satu sama lainnya. Pada bagian akhir dari sesi ini ditutup dengan masing-masing peserta menyampaikan proposal hidupnya yang baru kepada Tuhan.

Investasi : 10.000.000

Maksimal : 30 Orang per angkatan.

Dapatkan paket penawaran spesial khusus bagi perusahaan anda dibulan ini. Paket Inhouse Training Cukup dengan investasi promosi sebesar Rp. 8.000.000. Bulan depan kemungkinan besar investasi akan kembali normal atau bahkan mengalami penyesuaian harga terkait nilai inflasi.

METODE PELATIHAN.

Untuk mencapai optimalisasi hasil dan implementasinya dari pelatihan, maka kami dari pihak managemen training mengembangkan sebuah sistem pelatihan yang komprehensif melibatkan semua faktor-faktor yang mempengaruhi dari maksimalisasi transfer of knowledge. Faktor tersebut meliputi desain dan metode pelatihan yang sesuai dengan karakter peserta misalnya:

  1. Sebelum Trainer diturunkan, maka kami dari pihak management Training melakukan Corporate diagnostic, atas perusahaan bersangkutan. Hal ini dimaksudkan guna mendapatkan gambaran umum tentang perusahaan, termasuk permasalahan yang tengah dihadapi oleh perusahaan terkait dengan sumber daya manusianya.
  2. Pelatihan training dari Makassar Preneur penuh dengan aktifitas yang menantang pikiran, imajinasi, panca indra, serta menyentuh hati dan sisi emosional peserta
  3. Dikemas dengan menarik dalam bentuk simulasi, permainan, Musik Video, komunikasi interaktif, sehingga pesan materi bisa bertahan lama dan peserta tidak terkesan jenuh.


LAYANAN PLUS PASCA PELATIHAN

  1. Pengiriman SMS Motivasi dan Phone coaching dilakukan kepada para peserta untuk memantau proses implementasi materi pelatihan dan aktualisasinya di tempat kerja.
  2. Menyediakan Provider support untuk mendukung dan mempertahankan semangat kerja para alumni pelatihan melalui keanggotaan dalam komunitas “SMART CHARCTER”
  3. Tulisan-tulisan artikel dan kata-kata motivasi serta kisah-kisah inspiratif senantiasa menghiasi komunitas SMART CHARACTER tersebut. Ia dikelolah oleh mentor yang profesional guna tetap menjaga semangat kebersamaan para alumni dan saling mendukung menuju pencapaian prestasi terbaiknya.


PROFIL PEMBICARA

Abd. Rahman Patiwi, atau biasa akrab dipanggil dengan ARp. Lahir di Toili Kabupaten Luwuk Banggai Sulawesi Tengah. Hidup dari keluarga sederhana membuatnya semakin teguh untuk melakukan transformasi diri. Tak puas dengan kehidupan seadanya, dan sebagai wujud pengejawantahan rasa syukur atas pemberian potensi terbesar pada diri manusia, ia pun mencoba untuk menjejaki sejauh mana akan makna “The Power of The Dream” itu bekerja melakukan intercept dalam kahidupan manusia.

Nama singkatan ARp. Bukanlah tanpa makna. Itu sengaja di posisikan sebagai banchmarking terhadap sosok pribadi yang di kagumi, serta prinsip nilai yang dianutnya. ARp, bisa dibaca dua huruf dari awal ketengah yaitu AR. Itu berarti merupakan simbol dari sosok idolah yang dikaguminya. Tak ayal lagi, ia bernama Anthony Robbins, sang maestro motivator dunia. Kesanalah kiblatnya mengarah. Sedangkan Rp, banyak orang mengatakan Rupiah. Namun menurutnya adalah substansi dari rupiah fisik itu sendiri tak lain adalah “NILAI”

Hal itu mengindikasikan bahwa dengan memberi titik fokus kepada apa yang dapat memberi nilai tambah dan faktor kali terhadap diri, maka akan memungkinkan terjadinya loncatan besar dalam prestasi kehidupan manusia. Formula jitu ARp yang terkenal dengan prinsip 4 tak, benar-benar akurat melakukan intercept dalam proses transformasi diri. Keempat Tak itu adalah:

  1. Tak, pernah ada yang namanya kegagalan, yang ada hanyalah umpan balik.
  2. Tak, pernah ada yang namanya kekalahan, yang ada hanyalah lakukan dan sempurnakan.
  3. Tak, pernah ada yang namanya menyerah, yang ada hanya bertarung atau tergilas selamanya.
  4. Tak, penting pada apa yang tampak dalam penglihatan kasat mata, yang penting apa yang tampak pada pikiran.


Abd. Rahman Patiwi pernah berkesempatan memperdalam pengetahuan Tentang Trainer dan Delivery Practice di Jakarta pada PT Kubik Kreasi Sisilain atau yang biasa di kenal dengan Kubik Leadership Training & Consulting. Beliau terjun langsung kelapangan pada perusahaan-perusahaan yang merupakan klien dari Kubik seperti Auto 200, Tri Patra, Castrol, United Tractor, CIMB Niaga, Jiwa Sraya dan lain sebagainya. Beliau berkesempatan dilatih langsung dari Master Trainer Kubik, Bapak Jamil Azzaini. Inspirator SuksesMulia. Penulis Buku Best Seller KUBIK LEADERSHIP.

Ia juga pernah menyabet Award sebagai The Big Five for The Best Trainer. Versi Indonesia Inspiring Movement (i2move), Jakarta 2010. Kini ia tergabung dalam jejaring Trainer Expert dari i2move Jakarta. Beliau lebih dikenal sebagai Life Inspirator & Trainer. Ia telah berbicara Pada banyak orang baik pada perusahaan seperti Astra Trac Rent Car Makassar, maupun beberapa organisasi dan seminar publik lainnya. Kini tergabung sebagai Trainer dalam komunitas Makassar preneur dan beliau juga sebagai pembicara tetap Radio Al-Ikhwan dalam acara “Salam Inspiring” setiap sabtu 01.45 – 2.45.


Terakhir Diubah
 

Add comment


Security code
Refresh

Online Support

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini127
mod_vvisit_counterMinggu ini127
mod_vvisit_counterBulan ini127
mod_vvisit_counterSemua hari373795

We have: 65 guests online
IP Anda: 54.198.221.13
 , 
Today: Nov 20, 2017