• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Artikel : Seputar UKM : KEYNOTE SPEAKER Menteri Negara Koperasi dan UKM Dr. Syarief Hasan, MM,MBA
KEYNOTE SPEAKER Menteri Negara Koperasi dan UKM Dr. Syarief Hasan, MM,MBA PDF Cetak E-mail
Seputar UKM
Selasa, 01 Maret 2011 07:21

KEYNOTE SPEAKER
"MEMBANGUN KEWIRAUSAHAAN MELALUI STRATEGI PEMBERDAYAAN KUMKM"
Menteri Negara Koperasi dan UKM, Dr. Syarief Hasan, MM,MBA
Disampaikan Dalam Rangka Seminar Nasional Pemberdayaan KUMKM
Dilaksanakan oleh Makassarpreneur, di La Macca Hotel Makasar, Jl. AP. Pettarani, 19 Februari 2011

  1. Saat ini menunjukkan bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi yang sustainable dengan trend semakin tinggi, tahun 2009 sebesar 4.5%, tahun 2010 sebesar 6% dan tahun 2011 target 6.4%. Income per capita sudah mencapai angka > US$ 3000, APBN 2011 yang sudah mencapai lebih dari Rp. 1.200 triliun.
  2. Hal tersebut merupakan strength and opportunity yang tinggi bagi kita semua untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi kedepan agar kita dapat meneruskan perjuangan untuk menurunkan tingkat pengangguran sekarang 7.14% menjadi 5% dan kemiskinan sekarang 13.3% menjadi 8% pada tahun 2014.
  3. Pemerintah telah banyak mengeluarkan kebijakan-kebijakan untuk mendorong agar para mahasiswa lebih bangkit memanfaatkan strength dan meraih opportunity tersebut melalui wirausaha, menciptakan pengembangan kewirausahaan yang terintegrasi, lebih kreatif, inovatif. Upaya pemerintah dalam pemberdayaan KUMKM terbukti efektif menanggulangi masalah kemiskinan, pengangguran, dan penciptaan lapangan kerja.
  4. Jumlah koperasi 175.102 unit atau meningkat 5,34% dibanding tahun sebelumnya sebanyak 166.155 unit. Jumlah anggota koperasi juga mengalami peningkatan 4,1% dari semula 27.951 juta orang pada tahun 2009 naik menjadi 29.124 juta orang pada tahun 2010. Pada kurun waktu yang sama, modal sendiri koperasi mengalami kenaikan yang cukup signifikan yakni 16,53% dari semula Rp. 26,3 triliun menjadi Rp. 30,65 triliun. Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi meningkat 36,58% dari Rp. 4,1 triliun menjadi Rp. 5,6 triliun.
  5. Jumlah UMKM 52,26 juta unit,  menyerap tenaga kerja 91,8 juta orang 97,33%. UMKM memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB Rp. 2.609,4 triIiun 55,6%. Kontribusi UMKM terhadap total nilai ekspor nonmigas nasional mencapai Rp 42,8 triliun 20,15%.
  6. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian yang saat ini sedang diajukan perubahannya, sejak tanggal 4 Juli 2008 telah diberlakukan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Hal ini merupakan bukti nyata komitmen bersama seluruh komponen bangsa ini untuk meletakan landasan  pembangunan ekonomi Indonesia pada kekuatan koperasi dan UMKM dalam rangka mewujudkan sistem ekonomi kerakyatan dan untuk mengembangkan kewirausahaan dalam upaya mendorong peningkatan daya saing, pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran.
  7. Kendala dan permasalahan yaitu, 1) rendahnya kualitas sumber daya manusia dimana sebagian besar masih berpendidikan rendah dengan keahlian teknis, kompetensi, ‘kewirausahaan’ dan manajemen yang seadanya, 2) terbatasnya akses kepada sumber daya produktif terutama bahan baku, permodalan, teknologi, pemasaran,  sarana dan informasi pasar, 3) belum tersedianya iklim usaha yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan Koperasi dan UKM.
  8. Berbagai program-program yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah antara lain : a.    Program wirausaha 1.000 sarjana, b) Program pelatihan kewirausahaan;Bantuan sosial dan perkuatan. c).    Bantuan atau kredit dana bergulir.  d).    Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan target 20 triliun per tahun, maksimal Rp. 20 juta. e).    Program kemitraan dan bina lingkungan. f).    Program Pembiayaan melalui CSR (Corporate Social Responsibility) g). PNPM Mandiri. h).    Program pelatihan TKI.
  9. Kesemuanya itu adalah suatu bentuk kebijakan/komitmen dalam mendorong agar mahasiswa sebagai penerus bangsa menjadi wirausaha serta menciptakan dan memberikan pekerjaan (Job Givers) bukan sebagai pencari pekerjaan               (Job Seekers).
  10. Berbagai kesepahaman kerja sama dengan instansi lain juga telah kami wujudkan dengan ditandatanganinya nota kesepahaman 5 menteri yaitu, 1). Kementerian Koperasi dan UKM, 2). Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, 3). Kementerian Perindustrian, 4). Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan 5). Kementerian Pemuda dan Olahraga tentang ‘Perluasan Kerja dan Peningkatan Kesejahteraan Tenaga Kerja melalui Penciptaan dan Pengembangan Wirausaha’.
  11. Dengan kesepahaman tersebut maka pengembangan kewirausahaan menjadi lebih luas mencakup berbagai sektor yang terkait sehingga diharapkan bahwa kewirausahaan dapat berkembang lebih cepat dan luas
  12. Kebijakan pemerintah diarahkan untuk mendorong Koperasi dan UMKM agar mampu menangkap peluang-peluang usaha dan menciptakan kader-kader wirausaha yang kreatif, inovatif dan mandiri. Kebijakan ini tentu saja melibatkan peran lembaga pendidikan baik formal maupun informal dalam mengembangkan kreativitas, inovasi dan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan pelajar sehingga dapat menciptakan wirausaha-wirausaha baru.
  13. Sinergi program kebersamaan ini nantinya akan melahirkan wirausaha-wirausaha yang handal, mandiri dan memiliki daya saing tinggi yang merupakan solusi dalam mengatasi atau menyelesaikan masalah pengangguran dan kemiskinan dan pada akhirnya dapat lebih mensejahterakan rakyat.
  14. Selain itu  keterelibatan seluruh para pemangku kepentingan dan seluruh unsur generasi muda akan membawa rakyat dan bangsa Indonesia menjadi negara The Best of The New Emerging Economic melalui kewirausahaan.
  15. Seminar nasional ini diharapkan perlu terus dikembangkan sehingga dapat memberikan kontribusi untuk membangun sinergi yang lebih produktif dan dapat memberikan sumbangan yang sangat berarti bagi pemberdayaan Koperasi dan UMKM dimasa mendatang.


Makassar, 19 Februari 2011
Menteri Negara


DR. Syarief Hasan, MM,MBA

 

Add comment


Security code
Refresh

Online Support

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini173
mod_vvisit_counterMinggu ini173
mod_vvisit_counterBulan ini173
mod_vvisit_counterSemua hari373841

We have: 86 guests online
IP Anda: 54.162.47.106
 , 
Today: Jun 29, 2017