• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Profil : DIREKTUR EKSEKUTIF
DIREKTUR EKSEKUTIF PDF Cetak E-mail
Senin, 24 Januari 2011 03:35

Bahrul ulum Ilham (Direktur Eks.), adalah kandidat Master Trainer “Start and Improve Your Business” SIYB yang dikembangkan oleh lembaga perburuhan internasional (ILO). Terlibat sebagai pelatih kewirausahaan dengan modul SIYB ILO sejak tahun 2008 dan pendamping pada LP UMKM Sulawesi Selatan. Saat ini juga sebagai ketua divisi publikasi  ISA atau “Indonesian SIYB Association”. Sejak mahasiswa, mantan ketua Lembaga Riset Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar ini telah terlibat pada berbagai kegiatan kewirausahaan antara lain finalis PIMNAS XVI pada Program Karya Inovatif Mahasiswa (KIM) dan Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) Dikti.

Pelatihan yang pernah diikuti antara lain Training of Master Trainer SIYB ILO-Jakarta, ToT Start and Improve Your Business-ILO Jakarta, Pelatihan Wirausaha program Retooling Training ADB-ITB Bandung, pelatihan Pendamping UMKM Bank Indonesia-LP UMKM Sulsel, Seven Awareness Training, Pelatihan Pengembangan Potensi dan Kepribadian SMART-TC Bandung, Diklat Metodologi Penelitian Tingkat Nasional-LPM Penalaran UNM, Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Lanjut (LKMM) DIKTI di Unair Surabaya, dan lain-lain.

Selain kewirausahaan, pria kelahiran Makassar ini pernah meraih berbagai penghargaan dalam bidang tulis menulis, di antaranya Finalis Lomba Karya Tulis Mahasiswa Tingkat Nasional di UNS Surakarta, Juara I LKTI Balitbangda Sulsel, Juara I LKTI Penyiaran, Juara I Lomba Penulisan Mamminasata, Juara II Lomba Penulisan 100 tahun Pegadaian dan lain-lain.

Mantan wartawan Tabloid Bisnis dan Manajemen tahun 2005-2006 ini selain menjadi editor beberapa buku juga telah menulis buku antara lain: “Jaga Mata, Jaga Telinga” (2004; Tim-KPID Sulsel), “Diary ICMI Muda Meretas Jalan Sejarah (2005; Tim), “Biduk Belum Berlabuh-400 Tahun Nafas Kota Makassar” (2007), “Saatnya Wirausahawan Muda” (2010).

Pengurus komunitas pengusaha rindu syariah Sulsel ini berkesempatan ke luar negeri pada bulan Januari-Maret 2009 mendampingi istri tercinta mengikuti program sandwich doctoral di kota Bremen, Jerman. Kesempatan ini dimanfaatkan pula melihat pengembangan duia usaha di Eropa antara lain kota Bremen dan Berlin (Jerman), kota Groningen (Belanda) dan Paris (Perancis). Saat di Bremen, mengunjungi langsung Bremer Innovations Und Technologiezentrums (BITZ) yang merupakan  “scinece park” atau pusat penelitian dan pengembagan bisnis terpadu antara pemerintah, akdemisi dan pengusaha. Selain aktif mengsi berbagai tarining manajerial dan remaja, saat ini menjadi konsultan UKM di kota Makassar dan beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan.

Email : Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya
Hp : 081342647080
Alamat : Jl. Monginsidi Baru AB/4 No. 7 Makassar

 

Add comment


Security code
Refresh

Online Support

Bappeda Sosialisasi Pengembangan UMKM Lorong

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Makassar menggelar sosialisasi pengembangan usaha mikro dan industri rumah tangga lorong melalui klinik bisnis terpadu (KBT).

Acara yang diikuti sekitar seratus orang peserta ini dilaksanakan di Hotel Mercure Makassar, Senin (23/5). Acara dibuka secara resmi oleh Ismunandar, Staf Ahli walikota bidang peningkatan kualitas manusia. Hadir pula Sekretaris Bappeda Nur Kamarul Zaman dan kepala bidang ekonomi Muhammad Asfat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bahrul ulum dari Makassarpreneur, Muh. Nurfitrani dari PLUT KUMKM Sulsel, Dr. Andi Nur Bau Massepe (akademisi Unhas) dan Dr. Mukhlis Sufri (UMI Makassar), dengan dipandu Dr. Johansyah dari Bappeda Makassar.

 

Dalam sambutannya Ismunandar mengatakan, pemberdayaan ekonomi  lorong merupakan program unggulan Pemkot Makassar dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Ibarat sel dalam tubuh, lorong menjadi basis kekuatan perekonomian dengan memperkuat industri atau usaha mikro dan kecil berbasis lorong, tambahnya.

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini152
mod_vvisit_counterMinggu ini152
mod_vvisit_counterBulan ini152
mod_vvisit_counterSemua hari373820

We have: 78 guests online
IP Anda: 54.167.253.186
 , 
Today: Nov 19, 2017