• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player
Joomla! Slideshow
home
Makassarpreneur Sebar Virus Entrepreneurship PDF Cetak E-mail
Berita Sekilas
Jumat, 24 Januari 2014 03:52

Wirausahawan (entrepreneurs) memiliki peran sangat strategis dalam pembangunan ekonomi , bahkan jiwa kewirausahaan sangat dibutuhkan di berbagai bidang saat ini untuk melakukan pembaharuan di negeri ini. Peran strategis kewirausahaan ini mengemuka dalam gelaran “Forum Wirausaha Makassar” tahun 2014 di Hotel La Macca Makassar, 18 Januari 2014.

Kegiatan Forum Wirausaha Makassar (FWM) merupakan agenda tahunan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Makassarpreneur yang telah dilaksanakan sejak tahun 2011.

Direktur Makassarpreneur, Bahrul ulum mengatakan, FWM merupakan ajang untuk menyebarkan virus wirausaha dan mengubah mindset generasi muda agar tidak lagi menjadi job seeker atau pencari kerja, namun berani menjadijob creator atau pencipta lapangan kerja.

 
Makassarpreneur Rapat Akhir Tahun PDF Cetak E-mail
Berita Sekilas
Selasa, 10 Desember 2013 00:00

Lembaga pengembangan bisnis (LPB) Makassarpreneur menggelar rapat akhir  tahun sebagai ajang evaluasi kerja tahun 2013 sekaligus menyusun program kerja lembaga di tahun 2014. Rapat akhir tahun yang diikuti 30 orang pengurus dan staf ahli ini digelar di Hotel Al Badar Makassar, Sabtu, 7 Desember 2013, dipandu langsung Direktur Makassarpreneur.

Bagi LPB Makassarpreneur, rapat akhir tahun ini memiliki makna penting sebagai forum untuk rancang bangun, penataan mekanisme serta penetapan target-target lembaga yang visioner, sinergis, berkinerja dan bertanggung jawab.
Dengan demikian, Makassarpreneur diharapkan dapat berkiprah baik secara lokal maupun nasional sebagai lembaga terdepan dan disegani dalam isu pemberdayaan potensi pemuda, pengembangan spirit entrepreneurship dan pembinaan umkm.
 

Mari kita renungkan sepenggal kisah salah seorang entrepreneur dari Sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam

Adalah Abdurrahman bin Auf radhiallahu ‘anhu, salah seorang yang berangkat hijrah ke negeri Madinah dari Mekah tanpa berbekal apapun, beliau melangkah menuju Allah dan Rasul-Nya. Sesampainya para sahabat di Madinah, masing-masing mendapatkan seorang rekan dari penduduk Madinah yang dijalinkan persahabatan mereka oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Abdurrahman bin Auf mendapatkan rekan Sa’ad Bin Rabi Al Anshari radhiallahu ‘anhuma. Saking kuat persahabatan yang dijalinkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam antara mereka, Sa’ad bin Rabi’ serta merta berkata pada Abdurrahman. “Silahkan ambil separuh hartaku untukmu.” Namun, apa jawaban Abdurrahman? Beliau menolak dengan halus seraya berkata, “Terima Kasih, Semoga Allah memberkahi hartamu, tunjukkan saja padaku di mana letak pasar!”

Detail..

Senin, 18 Maret 2013 sebanyak 80 ribu pemuda dan masyarakat menghadiri puncak peringatan Gerakan kewirausahaan Nasional (GKN) tahun 2013 di Gelora Bung Karno, Jakarta. Dalam acara ini hadir Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan, Menko Polkam Djoko Suyanto, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu (II) lainnya. Dengan mengangkat tema “Spirit Global Entrepreneurship”, acara ini menjadi ajang sosialisasi semangat berwirausaha masyarakat Indonesia, utamanya pemuda.

Penciptaan lapangan kerja saat ini menjadi sangat relevan  di tengah fenomena sekitar 200 juta orang di seluruh dunia tidak memiliki pekerjaan.  Bank Dunia memperkirakan 600 juta pekerjaan harus diciptakan pada tahun 2020, terutama di beberapa negara berkembang, guna mengimbangi pertumbuhan populasi penduduk.

Detail..

Tahun 2012 yang segera berlalu memberikan sejumlah catatan, baik itu berupa prestasi, kegagalan maupun stagnasi. Di bidang ekonomi, pertumbuhan ekonomi cukup positif di tengah ketidakpastian ekonomi global. Demikian halnya gerakan pengembangan kewirausahaan di tahun 2012 yang perlu mendapat apresiasi positif.

Sepanjang tahun 212, gerakan pembudaayaan kewirausahaan begitu massif dilakukan. Pemerintah melalui berbagai kementerian, pihak swasta, NGO dan lembaga internasional mengembangkan berbagai program terkait kewirausahaan. Hal ini tidak terlepas dengan makin terbagunnya kesadaran, sebagaimana diungkap Wapres Budiono bahwa para wirausahawan (enterpreneurs) adalah para pemimpin bangsa yang membawa perubahan dan pembaharuan. Peran mereka sangat strategis dalam pembangunan ekonomi. Bahkan sesungguhnya, peran kewirausahaan sangat dibutuhkan di berbagai bidang untuk melakukan pembaharuan di negeri ini.

Detail..

Rekomendasi Akhir Tahun Makassarpreneur

Bidang Ekonomi

—Akselerasi Pengentasan Kemiskinan Berbasis Entrepreneurship—

 

Tak terasa tahun 2013 telah berakhir dan fajar tahun 2014 sudah menyingsing. Berbagai peristiwa telah terjadi di Indonesia selama tahun 2013 ini. Beberapa  peristiwa penting untuk ditelaah kembali menyangkut bidang politik, ekonomi, berbagai aktivitas dan kebijakan DPR/MPR, Presiden, Wakil Presiden, dan Kabinet Indonesia Bersatu maupun aneka persoalan langsung yang menimpa rakyat. Pengkajian dan analisis terhadap persoalan-persoalan tersebut menjadi sangat urgen bagi bagi bangsa ini untuk menyusun agenda kedepan. Yaitu sebuah agenda yang ditujukan untuk mengangkat kejayaan bangsa, utamanya mensejahterahkan rakyat Indonesia.

Kita berharap, berbagai peristiwa, gonjang ganjing maupun kebijakan pemerintah, politisi serta para elite di negeri ini dapat dijadikan pembelajaran untuk kebaikan di bangsa ini di masa mendatang. Tujuannya agar masalah yang dihadapi bangsa akan berputar di situ-situ juga. Diantara retorika sosial pemerintah, libido kepentingan partai, syahwat kekuasaan para elit, dan realitas kumuh kehidupan rakyat. Detail..

Perkembangan dunia global saat ini memberikan pelajaran adanya gambaran pasar dimana terdapat banyak sekali peluang yang terciptakan. Saat ini tidak ada lagi sekat antara seseorang dengan orang lain meski terpisahkan oleh jarak ribuan bahkan jutaan kilometer. Komunikasi antar negara tidak lagi menjadi sulit, setiap transaksi dapat saja terjadi dimanapun dan kapanpun.

Semua menjadi bisa dan mudah karena teknologi. Teknologi yang memudahkan manusia dalam membangun jaringan, sehingga kegiatan ekonomi seseorang tumbuh dan bergerak dalam sebuahi interlinked Strategy melalui komunikasi online. Bahkan semua produk akan terjual secara online.
Seorang seller (penjual) dapat menawarkan produknya secara online kepada calon buyer (pembeli) yang berada dimanapun, dengan jarak berapapun, di negara bahkan dibenua manapun, hingga kemudian mereka bertransaksi juga secara online.

Detail..

Online Support

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini18
mod_vvisit_counterMinggu ini18
mod_vvisit_counterBulan ini18
mod_vvisit_counterSemua hari373686

We have: 8 guests online
IP Anda: 54.242.249.240
 , 
Today: Apr 19, 2014